Merasakan Perbekalan Honda CBR250RR SP QS di Sirkuit Mandalika, Berasa Pembalap!

Honda CBR250RR SP QS
  • CBR Track Day 2023 di Mandalika jadi kesempatan menjajal performa varian tertinggi CBR250RR.
  • Performa mesin dan fitur ideal untuk kebutuhan balap.

CBR Track Day 2023 jadi momen paling pas bagi Autofun.co.id buat ngebut di Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat. Menariknya lagi, sensasi ini kami lakoni bersama Honda CBR250RR yang notabene berstatus sebagai andalan PT Astra Honda Motor (AHM). 

Sedikit napak tilas, Honda CBR250RR dirilis oleh pihak pemegang merek pada 2016 silam. Model ini merupakan generasi ketiga, penerus CBR250R bermesin satu silinder. 

Tentu saja CBR250RR mengandalkan mesin 250 cc dengan konfigurasi dua silinder. Soal performa pun jelas berbeda, di mana generasi paling anyar menawarkan keluaran tenaga 38,7 PS di 12.500 rpm dan torsi maksimal 23,3 Nm di 11.000 rpm

Fitur Honda CBR250RR

Bukan cuma itu. Pasalnya, CBR250RR juga menyuguhkan modernitas via fitur riding mode. Tersedia pula tiga tingkat penyetelan yaitu Comfort, Sport dan Sport+ yang dapat disesuaikan dengan preferensi pengendara. 

Masing-masing riding mode memiliki respons berbeda. Dan, sudah barang tentu paling maksimal tersaji pada mode Sport+. 

Singkat cerita, produk ini jadi motor sport 250 cc paling lengkap. Namun seiring waktu, kompetitor terutama 'geng hijau' memunculkan Kawasaki Ninja ZX-25R. Tak sekadar menawarkan fitur serupa, Ninja 250 ini bahkan menggoda lewat mesin empat silindernya. 

Hal tersebut lantas menimbulkan rumor, jika Honda CBR250RR mesin 4 silinder bakal hadir buat menggebuk Ninja ZX-25R. Alih-alih memberikan produk selevel, PT AHM justru merilis Honda CBR250RR SP QS. 

Barisan Honda CBR250RR di CBR Track Day 2023.

Baca juga: First Ride Honda CBR250RR 2023, Tarikan Lebih Ngejambak dan Handling Nurut

Unit inilah yang dipilihkan buat kami ketika menjajal Sirkuit Mandalika, pekan lalu (3/9/2023). Untuk diketahui, beberapa pengembangan dapat ditemui pada varian tertinggi Honda CBR250RR ini. 

Kombinasi Apik Performa dan Quick Shifter

Sebagai contoh pada sektor jantung mekanis. Ubahan mekanikal membuat tenaga dan torsinya terdongkrak masing-masing 42 PS di 13.000 rpm dan 25 Nm di 11.000 rpm. 

Terdapat selisih dengan varian standar. Pun ihwal penyematan fitur Quick Shifter yang memberikan diferensiasi paling signifikan ketimbang CBR250RR lain. 

Berkaca kepada kedua faktor tadi pula, pengujian terhadap CBR250RR SP QS di Sirkuit Mandalika kali ini terasa ideal. 

Setelah melengkapi diri dengan perlengkapan berkendara di sirkuit yang layak, tak ada kecanggungan sama sekali saat menaikinya. Dengan tinggi jok 790 mm dan ground clearance 148 mm, motor ini ramah untuk postur 170 cm seperti kami. 

Rheza Danica Ahrens dan Veda Ega Pratama memimpin rombongan.

Baca juga: CBR Track Day 2023 Digelar, Pacu Adrenalin Bareng Honda CBR250RR di Sirkuit Mandalika

Tim Autofun.co.id bersama rombongan pertama kemudian dikawal pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT), Rheza Danica Ahrens dan Veda Ega Pratama beserta mantan pembalap Honda yaitu Wawan Hermawan. Mereka menuntun kami untuk mengenal trek lebih dalam termasuk racing line. 

Maklum lay out Mandalika memang sangat tricky, terlebih untuk yang awam seperti kami. Baru setelah memasuki lap 2, eksplorasi performa CBR250RR SP QS mulai terbuka dibarengi dengan mengaktifkan mode berkendara Sport+. 

Saat selongsong gas dipuntir ke dalam, output mesin benar-benar responsif. Namun, hal ini jua yang membuat kami khawatir mengingat keawaman tadi. 

Bukan tidak mungkin terjadi over speed di salah satu tikungan dan beresiko membuat kami mengalami insiden. Tapi perlu diketahui bahwa motor ini sudah mengaplikasi sistem Throttle by Wire, yang membuat keluaran torsi CBR250RR begitu presisi dengan bukaan gas. 

Lepas 2 lap, adaptasi terhadap trek dan motor kian padu. Terlebih lagi ketersediaan Quick Shifter yang membuat perpindahan gigi tak perlu lagi bantuan tuas kopling. 

Fitur ini punya empat setelan yaitu up shift dan down shift ON, up shift ON, down shift ON dan up shift - down shift OFF. Tentu saja opsi pertama jadi pilihan kami. 

Proses perpindahan transmisi mudah dengan fitur quick shifter.

Baca juga: Performa Honda CBR250RR 2023 Varian SP QS Semakin Melesat, Ternyata Ini Rahasia

Fitur selayaknya tunggangan MotoGP ini memberikan dampak positif. Proses mendapatkan top speed seperti keluar tikungan terakhir menuju tikungan pertama berlangsung mulus tanpa jeda. 

Pun demikian saat turun gigi, prosesnya halus namun tanpa mengurangi efek engine brake. Perlu ketahui juga, CBR250RR SP QS dilengkapi Assist & Slipper Clutch. Berfungsi mencegah terjadinya roda belakang selip saat penurunan transmisi berlangsung. Sebagai pelengkap, ada perangkat rem ABS pada roda depan dan belakang. 

Lay Out Menantang Mandalika

Lantas terkait handling, Honda CBR250RR SP SQ benar-benar memberikan paket lengkap. Saat melahap tikungan demi tikungan sirkuit Mandalika yang dominan flowing, motor tetap terasa ajeg. 

Tak ada pergeseran berarti pada bagian roda depan. Yang perlu diwaspadai adalah hembusan angin dari pantai tepatnya mulai dari T6 sampai T9. Saat tiupannya kencang, motor bisa saja bergoyang dan dapat mengganggu stabilitas. 

Suspensi bawaan Honda CBR250RR memadai untuk melahap tikungan Mandalika.

Baca juga: Isi Full Tank Honda CBR250RR SP QS 2023, Tembus 400 Km Lebih!

Kembali mengenai motor, padu padan suspensi depan upside down SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston) dan pro-link dan 5 setelan preload di belakang lansiran Showa punya stabilitas yang baik. Lebih dari cukup pula diajak bermanuver. 

Kesimpulan kami, Honda CBR250RR SP QS dengan sederet modal yang ditawarkan sangat ideal untuk dipacu di sirkuit level MotoGP ini.

Singkat cerita, 6 lap bersama motor ini membuat kami serasa jadi pembalap lantaran perbekalan yang diberikan motor seharga Rp 80.106.000 ini. Kali ini, kami sepakat dengan slogan 'Total Control' yang disematkan terhadap motor ini.   

Wajar jika PT AHM kemudian menjadikan Sirkuit sepanjang 4,3 km dengan 17 tikungan ini menjadi tempat untuk penyelenggaraan CBR Track Day. 

Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Hal Inikah Penyebab Awal Rangka eSAF Honda Bermasalah?

Lapisan cat kurang maksimal melindungi. Lubang pembuangan air salah posisi. Ketebalan bahan pengaruhi daya tahan. Kekhawatiran rangka eSAF Honda yang karat, keropos bahkan sampai patah sudah semakin meluas, malah sudah berimbas pada harga jual unit bekasnya. Nah, beberapa waktu lalu kami sudah membongkar Honda BeAT 2020 yang sudah pakai rangka tersebut. Hasilnya secara fisik relatif mulus, namun kala kami melihatnya lebih detail sudah ada beberapa bagian yang berkarat. Ada banyak silikat yang te

Tiket MotoGP Mandalika Khusus Warga Lombok Cuma Rp 200 Ribuan, Ini Syaratnya

Ada diskon 10 persen untuk warga Lombok dan sekitarnya. Bisa dibeli secara offline di tiket booth. Balap MotoGP akan dihelat di Sirkuit Mandalika, Lombok pada 13-15 Oktober nanti dengan tajuk Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023. Menariknya, PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA) dan Dyandra&Co sebagai promotor dan co-promotor MotoGP Mandalika juga menghadirkan penawaran spesial yang digelar untuk warga Lombok sekitarnya. “Dengan ticket box di Lombok Epicentrum Mall serta adanya Mobile Ticket Box, kami

Vespa GTV 300 2023 Ada Cicilan 0 Persen, Angsurannya Tembus Segini!

Harga on the road Jakarta Rp 176 juta Tenor berlaku untuk 12 bulan. Skuter gambot Vespa GTV 300 2023 baru saja diperkenalkan pekan ini di Indonesia. Harga jual dari motor matic bermesin 300 cc itu mencapai Rp 176 juta on the road Jakarta. Selain pembelian secara tunai, Vespa GTV 300 2023 juga bisa ditebus dengan skema kredit lho. Salah satunya ditawarkan oleh Adira Finance dengan menawarkan kredit di pameran yang berlangsung pada 4-10 September 2023 di Pondok Indah Mall. Baca Juga: Dijual Rp 500

Gak Pakai Ribet, Suzuki Recall GSX 150, Satria F150 dan Address 110

Ada tiga produk yang terdampak. Konsumen dibebaskan dari biaya apa pun. Tak pakai banyak persyaratan. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) melakukan recall untuk sejumlah produknya, yakni Satria FU150MF, GSX 150 Series dan Address 110. Ketiga produk tersebut akan mendapatkan perbaikan dalam program Suzuki Quality Update, seperti disampaikan pada laman resminya. "Suzuki kembali menghadirkan program Suzuki Quality Update sebagai bentuk kepedulian terhadap konsumen setia kami." "Teknisi Suzuki akan mela

Update Yamaha MX-King 150 2023, Warna Baru Harga Rp 31 Juta!

Kelir bodinya tampil menyolok. Detail spesifikasinya masih lawas. Melihat motor di atas mungkin Anda akan mengira sosok tersebut adalah versi modifikasi dari Yamaha MX-King 150. Tapi jangan salah, motor bebek dengan warna mencolok itu dijual umum lho. Sayangnya motor itu bukan dijual untuk pasar Indonesia. Tapi hadir sebagai warna baru Yamaha Y15ZR SE yang jadi kembaran MX-King 150 di Malaysia. Hong Leong Yamaha Motor selaku APM pabrikan berlogo garputala di Malaysia membanderol Yamaha Y15ZR SE

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat