Ini Beda Tiga Varian Ducati Scrambler 800 2023 yang Baru Meluncur

Ducati Scrambler 800 2023
  • Tiga model dengan tiga gaya berbeda.
  • Full Throttle sudah pakai Termignoni dan quick shifter.
  • Nightshift jadi Scrambler paling elegan.

Ducati Scrambler 800 di Indonesia sempat vakum beberapa saat, tepatnya pada tahun 2022 karena Ducati Indonesia bertujuan memperkenalkan Next-Gen Scrambler 800 2023.

Setelah diperkenalkan pertengahan pekan ini, Ducati Indonesia memboyong varian Icon yang dibanderol Rp 377 juta off the road dan varian Nightshift juga Full Throttle yang dibanderol Rp 410 juta off the road.

“Scrambler jadi model Ducati paling murah, paling enteng, dan paling enak. Ini jadi generasi kedua, generasi pertama 2015."

"Awalnya ada di tahun 1962 tapi berhenti di tahun 70-an. Untuk varian Scrambler 1100 kami tetap jual, tapi masih mengikuti model 2022,” ujar Dito Mulyawadi, Direktur After Sales Ducati Indonesia.

Lantas apa saja perbedaan antar tipe dari tiga varian yang hadir pada Ducati Scrambler 800 mondel year 2023? Mari kita ulas.

Beda Gaya Ducati Scrambler 800 2023

Icon jadi primadona dengan bentuk ikonik

Ketiga varian Scrambler ini punya perbedaan utama pada gaya atau tampilan, meskipun ketiganya tetap mengusung basic konsep Scrambler yang khas.

Baca juga: Ducati Scrambler 800 Kembali Sapa Indonesia, Harga Rp 300 Jutaan Aja!

Punya 9 pilihan warna aksesoris yang bisa dipilih pada Icon

Untuk Icon rasanya memberikan kesan modern, cheerful, dan seakan-akan pemiliknya memiliki jiwa yang lebih bebas dengan suguhan 9 pilihan warna (Storm Green, Rio Celeste, Tangerine Orange, Jade Green, Sparking Blue, Velvet Red) aksesoris yang bisa dipilih.

Motor yang punya 3 pilihan warna ‘62 Yellow, Thrilling Black, dan Ducati Red ini memang jadi varian basic yang paling iconic, sehingga wajar kalau Scrambler Icon 800 bisa menjadi primadona.

Full Throttle jadi varian Scrambler paling racy

Berikutnya ada Scrambler Full Throttle 800 tampil dengan aura sporty yang lebih kental, ini langsung terasa dari penggunaan warna Red GP19 / Dark Stealth yang cukup kontras.

Kesan racy semakin terasa berkat adanya side panels yang bertuliskan angka 62 ala tunggangan balap, namun arti dari 62 tersebut merupakan tahun pertama kali adanya Ducati Scrambler pada tahun 1962.

Desain jok khusus untuk Full Throttle 

Baca juga: Canggihnya Fitur Ducati Streetfighter V2 2023, Bisa Baca Semua Pergerakan Motor!

Terakhir ada tipe Scrambler Nightshift 800, menjadi varian dari Scrambler yang paling terlihat elegan dan premium dengan balutan warna Nebula Blue cukup memberi kesan mewah.

Tampil elegan dan mewah pada Nightshift

Kesan klasik dan mewah kembali ditampilkan dengan penggunaan kulit jok berwarna cokelat dan penggunaan sepasang pelek spoke wheels yang hanya ada pada varian Nightshift.

Beda Kelengkapan

Desain dan warna cokelat pada jok Nightshift memberikan kesan klasik

Tampilan serta gaya berbeda yang dihadirkan pada tiga varian Scrambler tersebut juga disandingkan dengan beberapa kelengkapan yang berbeda, terutama untuk Full Throttle dan Nightshift.

Penggunaan desain jok, warna bodi, serta livery yang lebih racy pada Full Throttle disandingkan juga dengan sein LED Ducati Performance, desainnya lebih kecil dibandingkan milik Icon tapi tetap punya pancaran sinar yang jelas.

Sein LED Ducati Performance ada pada Nightshift dan Full Throttle

Baca juga: Ragam Harga Ducati Streetfighter, Paling Mahal Tembus Rp 1 Miliar!

Full Throttle juga sudah dilengkapi dengan knalpot slip on Termignoni alias hanya silencer, artinya untuk header dan catalytic converter original tetap terpasang sehingga kadar gas buang tetap terjaga tapi dengan suara yang lebih ngebass!

Termignoni slip on pada Full Throttle

Kelengkapan lainnya ada pada setang pipa yang dimensinya sedikit lebih rendah dari Icon untuk memberi berkendara racy, lalu ada sporty tail yang mana sepatbor belakang tidak terpasang.

Quick shifter jadi fitur standar pada Full Throttle

Sepatbor depan juga punya desain yang lebih pendek yang bertujuan menguatkan kesan racy dari Full Throttle, lalu di bawah ada sump guard untuk menjaga mesin dari benturan, dan paling keren adanya quick shifter sebagai aksesori standar pada Full Throttle.

Kemudian pada Nightshift selain tampak menggunakan pelek jari-jari dan kulit jok cokelat model klasik juga ada penggunaan flat handlebar lengkap dengan spion bar-end.

Pelek jari-jari bikin kesan klasik pada Nightshift lebih terasa

Baca juga: Ducati Multistrada V4 Pikes Peak, Ketika Motor Touring Tampil Racing

Ini membuat aura elegannya dikombinasi dengan gaya Cafe Racer yang memang sedang marak digandrungi.

Sepatbor depan pendek, sein LED Ducati Performance, dan tanggalnya sepatbor belakang turut diterapkan pada Nightshift.

Flat handlebar dan spion bar-end ala Cafe Racer pada Nightshift

Selebihnya ketiga varian ini punya spesifikasi yang sama pada mesin yang menggunakan L-Twin Desmodromic 803 cc bertenaga 74 ps, suspensi depan upside down KYB, ban Pirelli MT 60 RS, dan pengereman Brembo.

Sikattt…

Ketiganya menggunakan mesin L-Twin Desmo 803 cc yang serupa.

Spesifikasi Ducati Scrambler 800 2023

Tipe mesin L-Twin, Desmodromic, 2 katup per silinder, pendingin udara
Kapasitas mesin 803 cc
Bore x stroke 88 x 66 mm
Rasio kompresi 11:1
Tenaga maksimal 11:1
Tenaga maksimal 74 ps @8.250 rpm
Torsi maksimal 65,2 Nm @7.000 rpm
Sistem bahan bakar Electronic fuel injection, 50 mm throttle body dengan ride-by-wire system
Transmisi 6 percepatan
Rangka Tubular steel trellis frame
Suspensi depan Upside down Kayaba 41 mm
Suspensi belakang Monoshock Kayaba, pre-load adnjustable
Ban depan Pirelli MT 60 RS 110/80-18
Ban belakang Pirelli MT 60 RS 180/55-17
Rem depan Cakram Ø330 mm, kaliper Brembo radial 4 piston, Bosch Cornering ABS
Rem belakang Cakram Ø245 mm, kaliper Brembo 1 piston, Bosch Cornering ABS
Berat kering 170 kg (Icon & Full Throttle), 176 kg (Nightshift)
Berat isi 185 kg (Icon & Full Throttle), 191 kg (Nightshift)
Tinggi jok 795 mm
Panjang sumbu roda 1.499 mm
Kapasitas tangki bensin 13,5 liter
    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Sepi Pembeli, Pasar Motkas Terdampak Kasus Rangka eSAF Honda

Harga bekas motor eSAF anjlok. Pedagang takut stok menumpuk. Viralnya kasus rangka eSAF yang berkarat pada motor-motor matic Honda belakangan ini berbuntut panjang. Salah satunya berdampak di motor bekas (motkas) yang sulit dijual dengan harga tinggi. Pedagang motor bekas mengaku masih menolak untuk menerima motor Honda dengan rangka eSAF. Meski pun kondisinya masih bagus, mereka tak berani membelinya dari penjual perorangan dengan harga tinggi. Seperti komentar di Youtube Motofun dengan akun @i

Daftar Harga Motor Listrik Bersubsidi, Mulai Rp 5 Jutaan!

Pembelian motor listrik bersubsidi dipermudah. Opsi model dan harga yang ada beragam. Pemerintah terus mendorong percepatan konversi energi dari kendaraan bermotor bensin menjadi listrik. Salah satunya lewat skema subsidi hingga Rp 7 juta untuk setiap pembelian motor listrik. Bahkan dalam peraturan terbaru yang tertuang di Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No. 6 Tahun 2023, pembeli motor listrik bisa mendapat subsidi hanya dengan bermodal NIK

Dapat Subsidi Motor Listrik Rp 7 Juta Makin Gampang, Cuma Ini Syaratnya

Kemenperin memberlakukan satu NIK untuk 1 unit. Merangsang program subsidi yang sebelumnya kurang diminati. Kabar gembira bagi Anda yang berminat untuk menebus motor listrik bersubsidi. Mulai Agustus 2023 ini penerima subsidi motor listrik sebesar Rp 7 juta kian dipermudah. Keputusan tersebut diumumkan secara resmi oleh Kementerian Perindustrian pekan ini. Yakni dengan terbitnya Peraturan Menteri Perindustrian Nomor 21 Tahun 2023 tentang Perubahan atas Permenperin No. 6 Tahun 2023. Sehingga pene

KNKT : Honda Belum Perlu Recall Rangka eSAF

AHM masih bisa memproduksi motor dengan rangka eSAF. Tim investigasi masih mencari penyebab. Keputusan recall tak bisa sembarangan. Tim investigasi dibentuk oleh Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menyelidiki viralnya rangka eSAF. Rangka motor Honda tersebut didapati karat, keropos hingga akhirnya patah, sehingga berita dan juga videonya viral disosial media. Baca juga : Kemenhub, KNKT dan AHM Bentuk Tim Selidiki Rangka e

Fairing Balap Yamaha R25 ala Moto2 Ampuh Mengatasi Keganasan Mandalika

Carbon fiber membuat fairing lebih rigid dan ringan. Desain fairing perlu dibuat ramping untuk membelah angin. Untuk dapat digunakan balap di sirkuit tertutup, salah satu komponen motor yang perlu diganti adalah bodi atau fairing. Yang jelas bagian lampu harus tertutup. Selain keamanan, hal ini juga bertujuan agar aerodinamika motor lebih baik ketika dipacu kencang. Jika sisi aerodinamika baik, maka motor dapat melaju lebih cepat. Pasalnya, fairing memiliki kemampuan membelah angin cukup optimal

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Ducati Scrambler Icon
Lihat