KNKT : Honda Belum Perlu Recall Rangka eSAF

Rangka eSAF Honda.
  • AHM masih bisa memproduksi motor dengan rangka eSAF.
  • Tim investigasi masih mencari penyebab.
  • Keputusan recall tak bisa sembarangan.

Tim investigasi dibentuk oleh Kementerian Perhubungan, Komite Nasional Keselamatan Transportasi (KNKT) dan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk menyelidiki viralnya rangka eSAF.

Rangka motor Honda tersebut didapati karat, keropos hingga akhirnya patah, sehingga berita dan juga videonya viral disosial media.

Tim ini sudah bekerja sejak Senin (28/8/2023) lalu dan hasilnya menurut KNKT pihak Honda belum perlu melakukan recall atau penarikan kembali.

Investigator KNKT, Ahmad Wildan mengatakan, saat ini tim gabungan dari Kemenhub, KNKT, dan AHM akan mendalami masalah rangka yang diduga mudah keropos dan patah.

Rangka eSAF Honda lebih ringan.

"Sebagai bentuk perhatian yang tinggi pemerintah terhadap kasus ini, pemerintah membentuk tim penelitian yang terdiri atas Kemenhub, KNKT dan AHM untuk mengidentifikasi permasalahan dan merumuskan mitigasi yang tepat agar hal ini tidak terulang," katanya.

Dirinya juga menyebutkan jika AHM masih bisa memproduksi motor-motor yang menggunakan rangka tersebut, dan pihaknya serta Kemenhub akan meninjau langsung produksi motor di pabrik AHM.

"Saat ini belum (berhenti produksi), karena masih dicari. Saya juga tidak tahu error-nya dari mana kecuali itu error karena desain. Tapi kan sekarang kondisinya belum tahu, kita tidak mau membabi buta," katanya.

Baca juga : Honda : Bukan Karat, Bercak Cokelat Pada Rangka eSAF Adalah Silikat

Rangka eSAF tengah ramai dibicarakan publik.

Terkait recall pun Wildan tak ingin memberikan arahan tanpa adanya data yang valid dan komprehensif.

Keputusan perlu atau tidaknya recall, akan diberikan setelah tim gabungan dari Kemenhub, KNKT dan AHM selesai menginvestigasi rangka tersebut.

Rangka jenis ini tak lagi menggunakan pipa bulat yang ditekuk dan kemudian dilas, seperti rangka motor pada umumnya.

Proses pembuatannya berawal dari lembaran pelat baja, yang kemudian dipotong dan dicetak menggunakan mesin press.

Setelahnya rangka tadi dilas titik menggunakan las laser. Bisa dikatakan proses pembuatannya ini mirip dengan pembuatan rangka monokok pada mobil.

Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Berita Terbaru

Yamaha Indonesia Siap-Siap Rakit Moge Untuk Pasar Global

Dipercaya Yamaha pusat merakit moge. Sudah rakit mesin moge sejak 5 tahun terakhir. Banyak produk rakitan lokal untuk pasar ekspor. Banyak pabrikan otomotif yang telah mempercayakan Indonesia sebagai basis produksinya, salah satunya adalah Yamaha. Di Indonesia, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) telah mengirimkan banyak model sepeda motor untuk pasar global. "Saat ini kita sudah memproduksi motor untuk ekspor seperti MT, XMax dan kita diberi kepercayaan lebih oleh Yamaha Motor Corpor

Fakta Menarik Honda Giorno+, Sudah Wara-wiri di Jepang

Ada versi Jepang yang lebih imut. Harganya setara Yamaha Grand Filano di Indonesia. Kabar heboh kembali hadir dari pabrikan Honda pekan ini. Bukan lagi soal rangka eSAF, tapi soal jagoan baru mereka di segmen skuter matic retro, Honda Giorno+. Memang motor matic tersebut bukan beredar di Indonesia, melainkan di Thailand. Meski begitu euforianya sampai juga ke Indonesia. Pasalnya, ada spekulasi yang menyebut jika Honda Giorno+ bakal hadir juga di Indonesia dengan nama Stylo. Tapi patut diingat, s

Persiapan Uji Emisi Buat Motor, Lakukan Lima Hal Ini

Uji emisi tengah digencarkan pemerintah. Perawatan mesin jadi kunci rendahnya emisi. Belakangan ini polusi udara di Jakarta sangat mengkhawatikan. Salah satu penyumbang polusi tersebut ditengarai adalah gas buang kendaraan, termasuk sepeda motor. Untuk itu, Pemerintah Provinsi DKI Jakarta mulai menerapkan kebijakan ketat untuk menekan emisi. Salah satunya dengan pengawasan lewat uji emisi untuk kendaraan berusia di atas tiga tahun. Bahkan, ada sanksi berupa tilang yang bakal diberlakukan bagi ke

Pemilik Honda Vario 160 di Malaysia Mulai Resah Soal Rangka eSAF

Bercak silikat ada di rangka eSAF Honda Vario 160 Malaysia. Kasus rangka eSAF Indonesia jadi pembahasan di Malaysia. Viralnya kasus rangka eSAF yang patah dan berkarat di motor matic Honda Indonesia ternyata mulai merambat ke negeri jiran, bahkan pemilik Honda Vario 160 di Malaysia ikutan resah. Pasalnya beberapa pengguna motor ini di sana mulai mengeluhkan munculnya bercak silikat yang tampak seperti karat pada rangka motornya. Beberapa kondisi rangka yang terindikasi karat tersebut diunggah di

Ducati Scrambler 800 Kembali Sapa Indonesia, Harga Rp 300 Jutaan Aja!

Hadir dalam 3 pilihan tipe. Lebih ringan dengan elektronik modern. Garansi 2 tahun unlimited kilometer. Ducati Indonesia terus melengkapi line up produknya, setelah sukses dengan jajaran produk high end dari Ducati ‘merah’ kini mereka memperkenalkan varian Ducati paling terjangkau, yaitu Scrambler 800 series. Launching yang bertemakan Next-Gen ini menghadirkan varian Scrambler dalam tipe Icon dengan banderol Rp 377 juta, lalu ada varian Full Throttle dan Nightshift yang dibanderol Rp 410 juta of

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor