PT. AHM juga merilis secara resmi mengenai penyegaran dari Honda Beat Street yang telah memulai debutnya pada tahun 2016 lalu. Honda Beat Street yang sekarang ini terlihat tampil lebih sporty dengan adanya beberapa ubahan yang dimodifikasi sama persis dengan Honda All New Beat yakni memakai rangka eSAF, mesin eSP generasi terbaru, dan ubahan lainnya seperti lampu depan LED dan ubahan pada bodi yang lebih sporty dan tampak cukup agresif.
Sejauh ini Honda Beat Street masih populer di pasar skuter matik di Indonesia. Sebagai sepeda mtor pabrikan asal Jepang ini masih unggul dari dalam segi jumlah unit yang telah terjual dan masih paling mendominasi dalam angka penjualan sepeda motor tanah aii di segmen skutik entry level.
Untuk meningkatkan kompetisinya dengan varian model motor yang lainnya, Honda juga meluncurkan tipe Beat Street yang menonjolkan desain gaya street scooter dengan setang terbuka. Honda Beat Street adalah gaya street scooter yang lebih dulu populer di benua Eropa dan melekat dengan ciri kendaraan skuter khas anak muda. Harganya yang cukup terjangkau menjadikan motor ini sangat diminati di pasaran Indonesia.
Selain itu, Dari segi mesin, skutik Honda ini masih menggunakan dapur pacu yang sama dengan varian Beat lainnya, yaitu Beat eSP. Mesinnya berkapasitas 110 cc, lengkap dengan pendingin udara. Namun, mesin ini memang tidak menjanjikan performa yang terlalu impresif, karena memang dirancang untuk mobilitas perkotaan yang mengedepankan kelincahan dan efisiensi BBM.
Tenaga yang dihasilkanpun cukup responsif di putaran bawah hingga rpm menengah. sebagai motor skutik perkotaan cukup sesuai untuk diajak berakselerasi di tengah kepadatan lalu lintas yang mengharuskan pengendara sering membuka gas dengan jarak yang pendek.
Sebenarnya ada bagian membedakan antara Beat Street dengan skutik Honda lainnya yaitu pada tampilan setangnya. Bagian kemudi skutik ini menggunakan model exposed handlebar. Bentuk pipa setangnya menyerupai batang kemudi motor naked yang lebih lebar dari skutik pada umumnya dan batang setang yang dicat berwarna gelap, jadi kesannya terlihat cukup agresif dan trendy pada motor ini.
Perubahan desain cukup simpel dan sporty, AHM cenderung main aman dengan tidak mau merubah bentuk terlalu frontal, jadi hanya sekedar supaya ada kesan segar saja. Walaupun gitu, memang ternyata cukup banyak detail baru pada Beat 2020 ini, misalnya desain sayap dengan satu lekukan tapi dengan efek 3D, serta ubahan minor pada dek bawah dan spakbor depan.
Ketika berbicara soal kelebihan dan keunggulan, tidak akan terlepas dari harga yang ditawarkan. Untuk harga Beat Street 2020 terbaru hanya tersedia dalam varian CBS, dan harganya sama dengan tipe CBS-ISS diatas yakni Rp. 17.150.000, beda Rp 300ribu dibanding Honda Beat dengan fitur tertinggi yakni Beat dengan CBS-ISS dan Power Socket Charger. Selain itu, tersedia dalam tiga pilihan warna, yakni full hitam, full putih dan hitam putih.
Berikut ini merupakan informasi spesifikasi lengkap tentang motor Honda Beat Street 2020.
Dimensi Honda Beat Street 2020 | ||
---|---|---|
Kapasitas tempat duduk | 2 | |
Panjangnya | 1856 mm | |
Tinggi | 1068 mm | |
Berat | 89 Kg (tipe CBS), 90 Kg (Tipe CBS-ISS) | |
Sumbu Roda | 1256 mm | |
Jarak Bebas ke Tanah | 146 mm | |
Kategori | 90 kg | |
Tinggi Kursi | Scooter | |
Lebar | 740 mm |
Performa mesin Honda Beat Street 2020 | ||
---|---|---|
Jumlah Stroke | 4-Stroke | |
Jumlah Silinder | 1 | |
Konfigurasi Katup | SOHC | |
Jenis Drive | Belt Drive | |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar (liter) | 4.0 L | |
Bore X Stroke | 50 mm x 55.1 mm | |
Sistem pendingin | Air Cooled | |
Pipa Knalpot | Single Exhaust | |
Daya Maksimum | 8.6 hp | |
Torsi Maksimum | 9.21 Nm | |
Pemindahan | 110 cc | |
Jenis mesin | Single Cylinder, 4-Stroke, Air-Cooled, SOHC | |
RPM pada Daya Maksimum | 7500 rpm | |
RPM pada Torsi Maksimum | 6000 rpm |
Rangka & kaki-kaki Honda Beat Street 2020 | ||
---|---|---|
Tipe rangka | Backbone – eSAF (enhance Smart Architecture Frame) | |
Tipe suspensi depan | Teleskopik | |
Tipe suspensi belakang | Lengan Ayun dengan Peredam Kejut Tunggal | |
Ukuran ban depan | 80/90 – 14 M/C – Tubeless | |
Ukuran ban belakang | 90/90 – 14 M/C – Tubeless | |
Rem depan | Cakram Hidrolik dengan Piston Tunggal | |
Rem belakang | Tromol | |
Sistem pengereman | Combi Brake System (CBS) pada semua tipe |
Roda & Ban Honda Beat Street 2020 | ||
---|---|---|
Ban Depan | 80/90 R14 | |
Ban Belakang | 90/90 R14 | |
Ukuran Roda Depan | R14 | |
Ukuran Roda Belakang | R14 | |
Jenis Ban | Radial, Tubeless |
BBM & Ignition Honda Beat Street 2020 | ||
---|---|---|
Ignition System | Transistorized | |
Fuel Supply System | PGM-FI | |
Start Option | Kick & Electric | |
Fuel Type | Gasoline | |
Kapasitas tangki BBM | 4.2 Liter | |
Kapasitas oli | 0.65 Liter pada pergantian periodik |
Sasis & Suspensi Honda Beat Street 2020 | ||
---|---|---|
Jenis Kursi | Dual Straight | |
Suspensi Depan | Telescopic Fork | |
Sayap Samping | - | |
Chrome Garnish | - | |
Suspensi Belakang | Unit Swing |
Kelistrikan Honda Beat Street 2020 | ||
---|---|---|
Lampu depan | LED | |
Lampu belakang | Bohlam | |
Lampu sein | Bohlam | |
Tipe baterai atau aki | BeAT MF 12V-3Ah (Tipe CBS) MF 12V-5Ah (Tipe CBS-ISS) | |
Sistem pengapian | Full Transisterized, Baterai | |
Tipe busi | NGK MR9C-9N/DENSO U27EPR9-N9 |
Agar semakin nyaman, AHM membekalinya dengan suspensi depan teleskopik dan suspensi belakang lengan ayun yang dipadukan dengan satu buah shockbreaker. Sedangkan untuk bagian pengereman, Honda Beat Street memiliki rem depan cakram dan rem belakang tromol. Seperti yang kami sampaikan diatas, motor ini juga memiliki fitur Combi Brake System yang akan menyatukan rem depan dan belakang menjadi satu kesatuan yang nantinya akan mengoptimalkan pengereman motor ini.
Honda Beat Street juga dilengkapi dengan fitur CBS (Combi Brake System). Yang mana fitur tersebut paling tidak akan menggantikan teknologi ABS dalam mengoptimalkan sistem pengereman motor ini. Sayangnya Honda tak melengkapinya dengan fitur ISS (Idling Stop System). Namun, masih ada fitur AGC Starter yang nantinya akan memperhalus suara mesin ketika motor matic ini pertama kali di hidupkan.
Speedometer yang dimilikinya juga terlihat lebih modern dengan hadirnya speedometer digital dengan latar belakang berwarna orange. Untuk di bagian bawah speedometer tersebut terlihat beberapa instrumen sebagai indikator lampu, sein, dan lainnya. Motor ini juga memiliki fitur penguncian bermagnet yang menjamin keamanan motor ini dari tindak pencurian.
Selain itu, AHM juga membekali New Honda BeAT series dengan lampu depan menggunakan teknologi LED menambah kesan mewah yang memberikan pencahayaan yang optimal berguna memberikan kenyamanan berkendara di malam hari. Digital Panel Meter dengan background layar berwarna biru menambah tampilan desain yang lebih sporty dengan ukuran yang lebih besar, sehingga memudahkan bagi para pengguna untuk membaca informasi yang ditampilkan.
Panel meter motor ini menggunakan Digital Panel Meter dengan background layar berwarna biru menambah tampilan desain yang lebih sporti dan ukuran yang lebih besar, sehingga memudahkan bagi para pengguna untuk membaca informasi yang ditampilkan. Untuk kenyamanan berkendara, Honda Beat Street ini memiliki jarak jok dengan tanah 740 mm yang mendukung fleksibilitas pengendara, ditunjang dengan Step Floor yang luas dengan jarak ground clearance sebesar 147 mm.
Di bawah meter cluster atau tepatnya di bawah kunci kontak pada varian CBS-ISS juga telah dibekali dengan power charger pada Inner Rack kanan depan, untuk mengisi ulang baterai gadget dalam mendukung mobilitas tinggi pengendaranya.
1. Konsumsi BBMnya cukup irit
2. Memiliki desain yang lebih agresif dan sporty
3. Performa mesinnya cukup bagus dan irit
4. Handling yang cukup lincah
5. Sudah memiliki sistem pengereman ABS dan CBS
6. Harganya yang cukup terjangkau
7. Memiliki fitur ECO Indicator sebagai panduan untuk berkendara secara irit.
8. Menggunakan ban tubeless utnuk membuat berkendara semakin nyaman dan aman
1. Untuk pilihan varian warna sendiri pada motor Honda Beat Street tidak menawarkan banyak pilihan warna untuk saat ini.
2. Honda Beat Street tidak memiliki fitur ISS yang bisa membuat mesin mati secara otomatis saat mesin motor mati lebih dari 3 detik.
3. Panel Instrumen digitalnya sendiri tidak terlihat terlihat mewah dan keren, karena panel instrumen digital yang terpasang di Honda BeAT Street terlihat sangat standart, tidak ada tambahan lain yang bisa membuatnya terkesan lebih eksklusif dan menarik.
4. Untuk ukuran jok motor ini masih tidak ada perubahan, masih tetap dengan joknya yang terlihat kecil.
Motor Honda Beat yang satu ini memiliki beberapa item baru. Seperti rangka eSAF atau encahnced smart architecture frame. Honda Beat street telah didesain dan dimodifikasi sedemikian rupa untuk memunculkan warna flash dan mempunyai daya tarik tersendiri bagi para pengendara. Selain itu, fitur-fitur yang telah disematkan di Honda Beat ini menambah kesan yang cukup memuasakan dengan beberapa kelebihan yang di berikan AHM untuk motor ini. Dengan harga yang cukup terjangkau dan gaya street scooter dengan ciri kendaraan skuter khas anak muda, pastinya cocok dimiliki untuk kalangan para remaja.