Engine mounting pada motor matic punya bentuk serta dimensi berbeda jika dibandingkan dengan motor tipe bebek maupun sport.
Jika bebek juga sport umumnya punya desain engine mounting minimalis dan langsung membuat mesin serta rangka terpasang rigid, motor matic justru fleksibel.
Pasalnya mesin pada matic tidak hanya berfungsi sebagai penggerak, tapi juga sebagai lengan ayun yang artinya juga dapat meredam guncangan selama perjalanan.
Untuk Honda Stylo 160 pakai model engine mounting ‘gantung’ ciri mesin eSP+ yang mana pegangan mesin ini berada di sisi atas.
Baca juga: Impresi Pertama Honda Stylo 160 2024, Bentuk Apik Tenaga Asyik?!
Beda dengan mesin eSP awal yang masih menggunakan engine mounting sisi bawah atau biasa juga disebut ‘jembatan’ mesin.
Selain menjadi penghubung mesin dengan rangka engine mounting ini juga berfungsi sebagai pelindung mesin.
Dengan kata lain jika motor melewati polisi tidur yang cukup besar maka engine mounting yang akan lebih dulu terbentur dengan polisi tidur tersebut.
Sehingga bagian utama mesin tetap aman dari benturan dan tidak mengakibatkan kerusakan pada mesin.
Terbukanya area bawah mesin eSP+ ini pun sudah memakan beberapa korban, jika melihat di media sosial.
Ada beberapa kasus terbenturnya mesin dengan benda tajam, lebih seringnya adalah pentalan batu.
Batu tajam yang mental akibat terlindas ban ini langsung menghajar blok mesin atau crankcase sehingga membuatnya pecah atau bolong.
Karena hal tersebut beberapa produsen komponen aftermarket pun coba membuat pelindung untuk mesin matic Honda generasi 160 eSP+ termasuk Stylo 160 ini.
Baca juga: Honda Stylo 160 Dites Dyno, Tenaga dan Torsinya Cuma Segini!
Salah satu yang sudah menjualnya adalah Ihsan Motoshop yang bengkelnya ada di bilangan Taman Malaka Selatan, Jaktim.
“Harganya Rp 150 ribu pakai bahan pelat tebal 2 mm dan pakai finishing powder coating biar gak gampang baret," jelas Ihsan Mulya Yusuf punggawa Ihsan Motoshop.
"Proses pembuatannya pakai mesin CNC laser cutting, jadi hasilnya presisi dan halus gak tajam,” tambahnya.
Cover ini memanfaatkan keempat baut pada mesin Stylo 160, 2 di sisi kiri pada baut air duct yang bisa dilepas menggunakan kunci T 8 mm.
Untuk kanan memanfaatkan 2 baut pengunci crankcase, tapi cara memasangnya sedikit lebih tricky jika dibanding memasang pengunci yang kiri.
Baca juga: Kepingin Honda Stylo 160 Murah Perawatan, Coba Trik ini!
“Kanan ini model sangkutan bukan model lubang, ini karena mau copot bautnya mesti lepas knalpot karena mentok.," sambungnya.
"Makanya model sangkutan seperti ini gak perlu sampai baut copot, cukup longgar aja trus disangkutin dan dikencengin bautnya,” jelasnya lagi.
Cover crankcase ini juga sudah dilengkapi lubang untuk membuka baut pembuangan oli, jadi tidak perlu lepas cover crankcase untuk penggantian oli berkala.
Mesin Honda Stylo 160 jadi aman dari benturan atau gesekan deh!
Ihsan Motoshop: 0812-1888-9018