Mendekati masa Ramadhan, sudah waktunya persiapan untuk mudik, termasuk mencari motor yang proper untuk digunakan.
Tentunya mengingat akan menempuh perjalanan jarak jauh, butuh motor yang mumpuni dari beragam sisi.
Misalnya dimensi, posisi berkendara yang nyaman, bagasi yang lega dan tangki bahan bakar yang cukup besar.
Salah satu yang direkomendasikan adalah Honda ADV 160, salah satu matic bergaya adventure.
Baca juga : Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022 Berubah, Makin Nyaman Buat Touring?
Harga barunya saat ini dilepas Rp 36,2 juta untuk tipe CBS dan Rp 39,4 juta untuk tipe ABS.
Tapi jika ingin lebih hemat, bisa tebus unit bekas dari Honda ADV 160 yang rilis awal tahun 2022 lalu.
Pasalnya selisih harga untuk unit keluaran 2022 sudah lumayan jika dibandingkan unit barunya.
Untuk tahun 2022 tipe CBS, kalian sudah bisa mencari unit bekas dengan harga di bawah Rp 30 juta.
Tepatnya diharga Rp 29 jutaan saja dan termahal seperti dipantau pada situs jual beli online dikisaran Rp 31 jutaan.
Sedangkan untuk tipe ABS masih bermain diangka Rp 32 jutaan hingga Rp 34 jutaan.
Beda kedua tipe tak terlalu banyak, selain kosmetik warna dan emblem, beda lainnya adalah rem ABS dan ESS (Emergency Stop Signal).
Kemudian penerapan fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) juga warna pelek saja.
Baca juga : Sedikit Banget, Mesin Honda ADV 160 2022 Cuma butuh Oli 0,75 Liter Saja, Kok Bisa?
Dimensi dari motor ini adalah 1.950 x 763 x 1.196 mm (PxLxT), motor ini jelas terasa agak besar.
Salah satu kelebihannya yaitu punya ruang bagasi yang luas di balik joknya.
Kemudian jarak sumbu rodanya 1.324 mm dan jarak terendah ke tanah yakni 165 mm.
Peralihan mesin dari 150 cc eSP menjadi 160 cc eSP+ faktanya memiliki konstruksi yang berbeda.
Pada mesin generasi terbaru itu, dudukan mesin alias engine mounting berada di atas.
Alhasil bagian bawah mesin yang disebut rawan mentok, tak terlindungi oleh engine mounting tadi.
Harus diakui, hal ini pula yang jadi kekhawatiran orang terhadap mesin yang digunakan oleh Honda ADV 160.
Baca juga : Kesan Pertama Honda ADV 160 2024, Aura Adventure Lebih Terasa!
Tapi sebagai antisipasi, bisa kok kalian menambahkan pelindung kolong mesin supaya merasa lebih aman.
Pelindung berbahan pelat ini sudah banyak dijual di toko online. Tapi jika jalur yang dilewati relatif mulus, tak perlu khawatir.
Motor ini didukung mesin 160cc 4 katup, berpendingin cairan, eSP+ dengan sistem pembakaran injeksi PGM-FI.
Mesin baru tersebut bertenaga 16 PS di 8.500 rpm dengan torsi hingga 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Hentakan tenaga mesin dari kondisi berhenti sangatlah terasa, seperti saat merayap di kemacetan atau melaju setelah lampu lalu lintas.
Hanya saja ketika menyentuh kecepatan sedang di rentang 60-90 km/jam tenaga mesin terasa agak flat dan putaran mesin dikunci di 6.500 rpm.
Ini merupakan titik transisi dari sektor CVT, racikan CVT ADV 160 mengunci di 6.500 rpm untuk mendapatkan torsi maksimal saat proses transisi ini.
Namun lepas dari itu, tenaga mesin baru terasa lagi hingga menyentuh kecepatan tertinggi 121 km/jam.
Suara yang dihasilkan oleh mesin dan knalpot cukup senyap dengan vibrasi yang minim khas mesin Honda.
Namun entah mengapa vibrasi saat idle justru cukup terasa baik di setang maupun di jok pengendara.
Baca juga : Uji Performa Dan Akselerasi Honda ADV 160, Mesin Responsif Hingga Top Speed 121 Km/jam!
Data Akselerasi Honda ADV 160 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 5,4 detik | |
0-80 km/jam | 10,1 detik | |
0-100 km/jam | 18,8 detik | |
0-100 meter | 7,7 detik @70,4 km/jam | |
0-201 meter | 12,2 detik @86,2 km/jam | |
0-402 meter | 19,8 detik @101,1 km/jam | |
Top speed Racebox | 112,9 km/jam | |
Top speed spidometer | 121 km/jam | |
Konsumsi BBM | 39,1 km/liter |
Bagian kaki-kaki juga kena sentuhan ulang jika dibanding versi 150 cc untuk menyesuaikan perubahan yang ada, dibandingkan generasi sebelumnya.
"Yang depan lubang suling diperbesar dan volume oli dikurangi 2 ml supaya lebih empuk," jelas Endro Sutarno, Technical Service Division AHM beberapa waktu lalu.
"Kalau yang belakang dibuat sedikit lebih keras untuk menyesuaikan bobot motor yang naik 2 kg," tambahnya.
Bicara fitur, lampu-lampu motor ini seluruhnya sudah LED, memiliki windshield adjustable yang bisa disetel ketinggiannya.
Kemudian kunci kontak sudah model keyless, punya konsol penyimpanan depan yang juga berisikan power outlet.
Honda ADV 160 meski dalam kondisi bekas, namun usianya masih relatif muda dan segar.
Punya fitur penunjang perjalanan yang lengkap, termasuk bagasi untuk membawa barang bawaan.
Performa mesin pun bisa diandalkan, termasuk dengan konsumsi bahan bakar yang terhitung hemat, dengan tangki mencapai 8,1 liter.
Baca juga : Touring Pakai Honda ADV 160 2023 Rawan Mentok? Ini Faktanya
Spesifikasi Honda ADV 160 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+ | |
Tipe pendinginan | Pendingin cairan | |
Sistem suplai bahan bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas mesin | 156,9 cc | |
Diameter x langkah | 60 x 55,5 mm | |
Perbandingan kompresi | 12:1 | |
Tenaga maksimal | 16 ps @8.500 rpm | |
Torsi maksimal | 14,7 Nm @6.500 rpm | |
Tipe transmisi | Otomatis, V-belt | |
Tipe starter | Elektrik | |
Tipe rangka | Double cradle | |
Ban depan | 110/80-14 tubeless | |
Ban belakang | 130/70-13 tubeless | |
Rem depan | Wavy disc brake, kaliper 2 piston | |
Rem belakang | Wavy disc brake, kaliper 1 piston | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Ganda dengan tabung | |
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.324 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 165 mm | |
Tinggi tempat duduk | 780 mm | |
Berat kosong | 133 kg | |
Kapasitas tangki bahan bakar | 8,1 liter | |
Sistem pengapian | Full transisterized | |
Tipe baterai/aki | MF 12V-5Ah | |
Tipe busi | NGK LMAR8L-9 |