Mudik menggunakan sepeda motor masih jadi pilihan banyak orang, dan dalam periode mudik, kuda besi jelas disiksa.
Wajar saja, karena harus menempuh jarak yang lebih jauh dari biasanya, kemudian beban yang dibawa pun lebih berat.
Belum lagi cuaca panas yang menambah beban kerja mesin. Maka usai kembali dari kampung halaman, harus bagian ini harus diperiksa kondisinya.
Baca juga : Pilihan Peta Digital yang Bisa Dipakai, Bikin Mudik Makin Lancar!
Tak perlu yang berat-berat, bahkan dilakukan sendiri di rumah pun bisa usai istirahat menempuh perjalanan jauh.
Rata-rata umur pakai oli mesin motor saat ini mencapai 4.000 km, dan bila telah mengganti oli sebelum mudik bisa dicek dulu.
Jika kondisi oli sudah menghitam, siap-siap ganti baru ya. Toh harganya gak mahal kok, demi keawetan mesin juga.
Cara memeriksa kondisi oli bisa dengan melihat dari dipstik. Gak cuma lihat warna olinya tapi juga volume oli ya.
Jalur mudik yang beragam, beban motor yang berat dan cuaca terik selama perjalanan juga menyiksa sistem rem motor.
Cek lagi level minyak rem dan periksa jarak main rem. Untuk rem tromol seperti pada Honda Revo, bisa periksa lagi jarak main bebasnya.
Bila timbul suara-suara aneh, bisa jadi kampas rem sudah menipis atau ada kotoran yang menyelinap.
Jika sebelum mudik minyak rem belum diganti, tak ada salahnya dikuras dan ganti sekalian.
Baca juga : Pakai Busi Racing Buat Motor Harian, Tambah Tenaga atau Mubazir?
Kenapa? Karena minyak rem punya sifat higroskopis, yakni kemampuan untuk menyerap kelembapan.
Sebagai komponen yang jadi tumpuan motor pada permukaan jalan, ban menanggung beban motor dan penumpang, juga terkena panasnya aspal jalanan.
Belum lagi kondisi jalan yang berlubang dan rusak, beban kerja ban jadi bertambah!
Makanya coba diperiksa lagi kondisi permukaan ban, jika memang sudah aus baiknya langsung ganti baru, toh demi keselamatan.
Kemudian lihat dan raba jika ada bagian ban yang benjol, Biasanya hal ini terjadi karena mengantam lubang dengan keras, kalau sudah benjol lebih baik ganti baru.
Juga jika ada kerikil pada sela-sela grove ban, bisa dibersihkan dan langsung selanjutnya cek tekanan angin ban.
Tak jarang saat pulang mudik, motor akan melewati genangan air atau jalanan berdebu.
Hal ini mengundang kotoran di motor yang bahkan berefek pada timbulnya karat.
Karena itu, untuk menghindari terjadinya karat di bagian material logam, pasca mudik segerakan mencuci motor.
Sebaiknya menggunakan air bertekanan atau steam untuk menghilangkan kotoran-kotoran yang menempel.
Baca juga : Begini Cara Rawat Baterai Motor Listrik yang Jarang Dipakai
Setelah dibilas menggunakan air, cuci sepeda motor dengan menggunakan sabun khusus untuk mencuci sepeda motor.
Dan diakhiri dengan mengeringkan sepeda motor menggunakan lap khusus dan melumasi bagian atau komponen yang memerlukan pelumasan.