Kalau boleh dibilang, motor matic premium kelas 150-160 yang underrated adalah Honda ADV 160 2024.
Ini jika dibandingkan pemain lain yang sekelas macam Honda PCX 160, Yamaha NMax, Honda Vario 160 atau Yamaha Aerox 155.
Motor ini kerap tak dianggap karena punya harga yang paling tinggi ketimbang temen-temannya itu.
Namun tentunya banderol tinggi tersebut diimbangi dengan kelengkapan, fitur dan juga teknologi yang mumpuni.
Honda ADV 160 2024 punya dua varian yakni Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS).
Lantas apa yang jadi daya tarik motor ini dan berapa harganya pada kuartal kedua 2024 ini?
Baca juga : Honda ADV 160 2023 Terbukti Suguhkan Posisi Berkendara Nyaman, Tapi...
Harus diakui, posisi duduk motor ini terhitung nyaman untuk berkendara harian atau jarak jauh.
Ini karena ada beberapa penyesuaian dibandingkan versi 150 cc sebelumnya, seperti tinggi jok dari 795 mm menjadi 780 mm.
Alhasil kaki jadi bisa menapak dengan mudah untuk rider 170 cm. Apalagi jika duduknya agak maju, makin mudah deh untuk menapak.
Setangnya lebar memberikan kesigapan, namun raiser yang dipakai lebih rendah menyesuaikan tinggi jok yang berubah.
Busa yang tebal dan punya lumbar support sebenarnya sudah cukup untuk berkendara sehari-hari, walau busanya terasa keras.
Kemudian windshield bisa diatur ketinggiannya secara manual. Jarak mainnya kurang lebih 75 mm.
Area pijakan kaki juga lega, memberikan keleluasaan saat berkendara. Mau selonjoran pun bisa!
Meski punya bobot mencapai 133 kg (ABS), namun pengendalian alias handling motor ini masih ringan.
Setang yang lebar punya peran di sini, yang membuatnya mudah dikendarai bahkan saat dikemacetan.
Pengereman yang ditanamkan pun sudah sangat mumpuni, dengan cakram pada kedua roda serta teknologi ABS untuk tipe tertinggi.
Untuk tipe ABS juga sudah dibekali Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan ESS (Emergency Stop Signal).
Baca juga : Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin?
Yang harus diperhatikan, area kolong mesin kerap disebut rawan terbentur bebatuan yang mengakibatkan mesin pecah.
Saat melakukan test ride lewat jalan rusak, kami tak mendapati hal tersebut, tapi sebagai antisipasi bisa pasang pelindung mesin yang sudah banyak dijual ya!
Kaki-kaki Honda ADV 160 turut ada penyesuaian namun komponen yang dipakai masih relatif sama dari Honda ADV 150.
Suspensi depan teleskopik dengan diameter as 31 mm, punya jarak main 130 mm dengan karakter lembut.
"Ada perbedaan pada lubang suling shock depan, diameternya sedikit lebih gede sehingga sirkulasi lebih cepat,” sebut Endro Sutarno, yang kala itu menjabar sebagai Technical Service Division AHM.
Namun untuk suspensi belakang, fisik suspensi ganda dengan tabung masih dipertahankan.
Spesifikasi teknis pun masih sama, panjang 395 mm dengan travel suspensi 120 mm.
Suspensi belakang dibuat lebih keras untuk menyesuaikan kenaikan bobot motor. Buat bawa barang saat touring juga lebih kokoh!
Menjawab keluhan, AHM menyematkan mesin eSP+ 160 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan untuk motor ini.
Keluaran tenaga yang lebih kuat dan torsi lebih galak memang terasa, hanya saja karakternya cenderung linear.
Tarikan mesin tak menghentak-hentak namun ngisi, berkat perubahan setingan pada ECM.
Vibrasi mesin cenderung minim, terlebih saat sudah melaju dengan kecepatan konstan.
Baca juga : Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022 Berubah, Makin Nyaman Buat Touring?
Output tenaganya mencapai 16 PS pada 8.500 rpm, serta torsi sebesar 14,7 Nm di 6.500 rpm.
Hanya saja suara 'kemsrosok' khas mesin eSP+ 160 cc Honda tetap terdengar, seperti halnya pada PCX 160 dan Vario 160.
Urusan bawa-bawa barang bukan masalah, meski tanpa box tambahan, Honda ADV 160 sudah dibekali bagasi berkapasitas
Kapasitasnya mencapai 30 liter, lebih dari cukup untuk membawa helm dan barang-barang lainnya.
Belum lagi juga disediakan konsol penyimpanan di depan sisi kanan dengan penutup.
Dan di dalamnya ada power outlet yang bisa dipakai untuk mengisi daya baterai handphone kalian.
Nah, segmen Honda ADV 160 sendiri memang berada di atas Honda PCX 160 yang juga sama-sama matic premium.
Harga terbaru dilansir dari situs AHM, untuk tipe CBS dilepas Rp 36,565 juta dan tipe ABS Rp 39,610 juta on the road Jakarta.
Harga yang nyaris menyentuh angka Rp 40 juta untuk motor matic 150-160 cc tentu membuat orang berpikir ulang sebelum meminangnya.
Tapi dengan segala keunggulan yang dimiliki serta tampilannya yang gagah, membuatnya tetap menggoda.
Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda ADV 160 2022 Dipakai Touring Lewat Jalur Pegunungan, Irit?
Soal warna, Honda ADV 160 tipe CBS ada opsi Dynamic Black, Dynamic Red, Dynamic White dan Dynamic Grey.
Kemudian untuk tipe ABS tersedia pilihan Tough Matte White, Tough Matte Black, Tought Matte Red dan Tought Matte Brown.
Spesifikasi Honda ADV 160 | ||
---|---|---|
Tipe mesin | 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+ | |
Tipe pendinginan | Pendingin cairan | |
Sistem suplai bahan bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | |
Kapasitas mesin | 156,9 cc | |
Diameter x langkah | 60 x 55,5 mm | |
Perbandingan kompresi | 12:1 | |
Tenaga maksimal | 16 ps @8.500 rpm | |
Torsi maksimal | 14,7 Nm @6.500 rpm | |
Tipe transmisi | Otomatis, V-belt | |
Tipe starter | Elektrik | |
Tipe rangka | Double cradle | |
Ban depan | 110/80-14 tubeless | |
Ban belakang | 130/70-13 tubeless | |
Rem depan | Wavy disc brake, kaliper 2 piston | |
Rem belakang | Wavy disc brake, kaliper 1 piston | |
Suspensi depan | Teleskopik | |
Suspensi belakang | Ganda dengan tabung | |
P x L x T | 1.950 x 763 x 1.196 mm | |
Jarak sumbu roda | 1.324 mm | |
Jarak terendah ke tanah | 165 mm | |
Tinggi tempat duduk | 780 mm | |
Berat kosong | 133 kg | |
Kapasitas tangki bahan bakar | 8,1 liter | |
Sistem pengapian | Full transisterized | |
Tipe baterai/aki | MF 12V-5Ah | |
Tipe busi | NGK LMAR8L-9 |