Update Harga Honda ADV 160 2024, Matic Premium yang Underrated

Motor ini kerap tak dianggap karena punya harga yang paling tinggi ketimbang temen-temannya itu.

Namun tentunya banderol tinggi tersebut diimbangi dengan kelengkapan, fitur dan juga teknologi yang mumpuni.

Honda ADV 160 2024 punya dua varian yakni Combi Brake System (CBS) dan Anti-lock Braking System (ABS).

Lantas apa yang jadi daya tarik motor ini dan berapa harganya pada kuartal kedua 2024 ini?

Baca juga : Honda ADV 160 2023 Terbukti Suguhkan Posisi Berkendara Nyaman, Tapi...

Posisi Berkendara Nyaman

Harus diakui, posisi duduk motor ini terhitung nyaman untuk berkendara harian atau jarak jauh.

Ini karena ada beberapa penyesuaian dibandingkan versi 150 cc sebelumnya, seperti tinggi jok dari 795 mm menjadi 780 mm.

Alhasil kaki jadi bisa menapak dengan mudah untuk rider 170 cm. Apalagi jika duduknya agak maju, makin mudah deh untuk menapak.

Posisi berkendara nyaman.

Setangnya lebar memberikan kesigapan, namun raiser yang dipakai lebih rendah menyesuaikan tinggi jok yang berubah.

Busa yang tebal dan punya lumbar support sebenarnya sudah cukup untuk berkendara sehari-hari, walau busanya terasa keras.

Kemudian windshield bisa diatur ketinggiannya secara manual. Jarak mainnya kurang lebih 75 mm.

Area pijakan kaki juga lega, memberikan keleluasaan saat berkendara. Mau selonjoran pun bisa!

Handling Ringan Honda ADV 160 2024

Meski punya bobot mencapai 133 kg (ABS), namun pengendalian alias handling motor ini masih ringan.

Mudah dikendarai.

Setang yang lebar punya peran di sini, yang membuatnya mudah dikendarai bahkan saat dikemacetan.

Pengereman yang ditanamkan pun sudah sangat mumpuni, dengan cakram pada kedua roda serta teknologi ABS untuk tipe tertinggi.

Untuk tipe ABS juga sudah dibekali Honda Selectable Torque Control (HSTC) dan ESS (Emergency Stop Signal).

Baca juga : Kaki-Kaki Honda ADV 160 2022 Berubah Banyak dari ADV 150, Diset Ulang Sesuaikan Bobot dan Mesin?

Yang harus diperhatikan, area kolong mesin kerap disebut rawan terbentur bebatuan yang mengakibatkan mesin pecah.

Saat melakukan test ride lewat jalan rusak, kami tak mendapati hal tersebut, tapi sebagai antisipasi bisa pasang pelindung mesin yang sudah banyak dijual ya!

Kaki-Kaki Mumpuni

Suspensi depan lebih empuk!

Kaki-kaki Honda ADV 160 turut ada penyesuaian namun komponen yang dipakai masih relatif sama dari Honda ADV 150.

Suspensi depan teleskopik dengan diameter as 31 mm, punya jarak main 130 mm dengan karakter lembut.

"Ada perbedaan pada lubang suling shock depan, diameternya sedikit lebih gede sehingga sirkulasi lebih cepat,” sebut Endro Sutarno, yang kala itu menjabar sebagai Technical Service Division AHM.

Namun untuk suspensi belakang, fisik suspensi ganda dengan tabung masih dipertahankan.

Spesifikasi teknis pun masih sama, panjang 395 mm dengan travel suspensi 120 mm.

Ada ganjalan plastik, membuat suspensi belakang lebih keras.

Suspensi belakang dibuat lebih keras untuk menyesuaikan kenaikan bobot motor. Buat bawa barang saat touring juga lebih kokoh!

Mesin Honda ADV 160 Lebih Bertenaga

Menjawab keluhan, AHM menyematkan mesin eSP+ 160 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan untuk motor ini.

Keluaran tenaga yang lebih kuat dan torsi lebih galak memang terasa, hanya saja karakternya cenderung linear.

Tarikan mesin tak menghentak-hentak namun ngisi, berkat perubahan setingan pada ECM.

Vibrasi mesin cenderung minim, terlebih saat sudah melaju dengan kecepatan konstan.

Baca juga : Karakter Suspensi Honda ADV 160 2022 Berubah, Makin Nyaman Buat Touring?

Mesin lebih bertenaga.

Output tenaganya mencapai 16 PS pada 8.500 rpm, serta torsi sebesar 14,7 Nm di 6.500 rpm.

Hanya saja suara 'kemsrosok' khas mesin eSP+ 160 cc Honda tetap terdengar, seperti halnya pada PCX 160 dan Vario 160.

Bagasi Ekstra Besar

Urusan bawa-bawa barang bukan masalah, meski tanpa box tambahan, Honda ADV 160 sudah dibekali bagasi berkapasitas 

Kapasitasnya mencapai 30 liter, lebih dari cukup untuk membawa helm dan barang-barang lainnya.

Belum lagi juga disediakan konsol penyimpanan di depan sisi kanan dengan penutup.

Bagasi 30 liter di balik joknya.

Dan di dalamnya ada power outlet yang bisa dipakai untuk mengisi daya baterai handphone kalian.

Harga Terlalu Tinggi

Nah, segmen Honda ADV 160 sendiri memang berada di atas Honda PCX 160 yang juga sama-sama matic premium.

Harga terbaru dilansir dari situs AHM, untuk tipe CBS dilepas Rp 36,565 juta dan tipe ABS Rp 39,610 juta on the road Jakarta.

Harga yang nyaris menyentuh angka Rp 40 juta untuk motor matic 150-160 cc tentu membuat orang berpikir ulang sebelum meminangnya.

Tapi dengan segala keunggulan yang dimiliki serta tampilannya yang gagah, membuatnya tetap menggoda.

Baca juga : Segini Konsumsi BBM Honda ADV 160 2022 Dipakai Touring Lewat Jalur Pegunungan, Irit?

Area standar tengah mudah terbentur.

Soal warna, Honda ADV 160 tipe CBS ada opsi Dynamic Black, Dynamic Red, Dynamic White dan Dynamic Grey.

Kemudian untuk tipe ABS tersedia pilihan Tough Matte White, Tough Matte Black, Tought Matte Red dan Tought Matte Brown.

Spesifikasi Honda ADV 160
Tipe mesin 4 langkah, 4 katup, SOHC, eSP+
Tipe pendinginan Pendingin cairan
Sistem suplai bahan bakar PGM-FI (Programmed Fuel Injection)
Kapasitas mesin 156,9 cc
Diameter x langkah 60 x 55,5 mm
Perbandingan kompresi 12:1
Tenaga maksimal 16 ps @8.500 rpm
Torsi maksimal 14,7 Nm @6.500 rpm
Tipe transmisi Otomatis, V-belt
Tipe starter Elektrik
Tipe rangka Double cradle
Ban depan 110/80-14 tubeless
Ban belakang 130/70-13 tubeless
Rem depan Wavy disc brake, kaliper 2 piston
Rem belakang Wavy disc brake, kaliper 1 piston
Suspensi depan Teleskopik
Suspensi belakang Ganda dengan tabung
P x L x T 1.950 x 763 x 1.196 mm
Jarak sumbu roda 1.324 mm
Jarak terendah ke tanah 165 mm
Tinggi tempat duduk 780 mm
Berat kosong 133 kg
Kapasitas tangki bahan bakar 8,1 liter
Sistem pengapian Full transisterized
Tipe baterai/aki MF 12V-5Ah
Tipe busi NGK LMAR8L-9
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Viral Suzuki Hayabusa jadi alat praktek SMK Wiworotomo, Purwokerto Selain Hayabusa ada juga GSX-R600 Kenny Roberts Edition dan GSX-R150 Jagat maya otomotif kerap dihebohkan dengan keberadan Suzuki Hayabusa yang menjadi bahan praktik siswa Sekolah Menengah Kejuruan atau SMK Wiworotomo, Purwokerto, Jawa Tengah. Bagaimana tidak, alat praktek yang biasanya berupa sepeda motor masal seperti jenis bebek atau matik, namun kali ini tidak untuk SMK Wiworotomo. Kehebohan Suzuki Hayabusa untuk alat praktek
Posisi berkendara nyaman dan suspensi empuk. Ada beberapa penyakit yang kerap dialami pemiliknya. Bajaj Pulsar jadi salah satu motor ‘laki’ yang sempat ramai disaat peluncurannya, tidak terkecuali dengan Bajaj Pulsar 220F. Yang mana motor ini tampil gagah dan memberi suasana baru di pasar sepeda motor Indonesia. Yang paling membuatnya tampil berbeda tentu saja penggunaan fairing setengahnya, sehingga segmentasinya ada di antara motor sport full fairing dan sport naked. Ini pun membuat Pulsar 220
Punya kapasitas mesin besar kala itu. Nyaman untuk jalan jauh. Tangki dan rantai rawan. Sebelum ada Honda CB150R Streetfire atau CB150X, Honda Tiger menjadi andalan para penikmat touring. Motor ini termasuk salah satu legenda di Indonesia dengan masa produksi dari tahun 1993 sampai 2013. Mengawali kehadirannya tahun 1993, Honda Tiger 2000 punya kode produksi GL-200, dan disebut Honda Tiger 2000 Super Cruiser. Motor ini kemudian mendapatkan update tahun 2002 dengan nama Honda Tiger 2000 Super Cru
Aura balapnya kental. Pakai ban aspal dan suspensi lebih firm. Jadi varian SR GT 200 paling mahal. Sejak dikenalkan tahun 2022 lalu, SR GT 200 menjadi produk Aprilia yang paling terjangkau. Pasalnya harganya berada diangka Rp 60 juta dan Rp 61,5 juta on the road Jakarta, kala itu. Bandingkan dengan produk Aprilia lainnya yang harganya tembus ratusan juta, karena berkategori motor gede alias moge. Nah, Aprilia SR GT 200 ini menonjolkan kesan sporty, dengan gaya matic adventure. Baca juga : Simak
Mudik naik motor tidak disarankan pemerintah. Kecelakaan mudik Lebaran 2024 sebanyak 3.123 kali. Turun 18 persen. Kecelakaan lalu lintas yang melibatkan sepeda motor pada arus mudik Lebaran 2024 mengalami penurunan. Hal ini diungkapkan langsung Kakorlantas Polri Irjen Pol Aan Suhanan saat memantau pergerakan arus balik Lebaran 2024. “Alhamdulillah ada penurunan jumlah kecelakaan yang melibatkan sepeda motor dari 3.811, pada tahun ini hanya 3.123 atau turun 18 persen," ungkap Aan. Baca juga: Mudi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor
Honda ADV 160
Lihat