Dijual Rp 60 Jutaan, Apa Menariknya Motor Listrik Zeeho AE8?

Desain futuristik dari Zeeho AE8
  • Menyalakan dan mematikan motor mengguakan NFC.
  • Mesin listrik performa tinggi dengan pendingin cairan.

Zeeho AE8 jadi salah satu motor listrik yang meramaikan jalanan di Indonesia, dan statusnya adalah sub brand dari CFMoto.

Banyaknya pilihan tentu memberi keuntungan untuk konsumen agar dapat motor listrik sesuai keinginannya.

Motor listrik premium asal Tiongkok ini memang menyangsa pasar menengah ke atas, ini bisa langsung dilihat dari harga jualnya yang dipatok Rp 63,8 juta on the road Jakarta.

Lantas apa saja daya tarik dari motor listrik satu ini? Mari kita ulas.

Desain Futuristis Zeeho AE8

Salah satu ciri dari produk Zeeho adalah desainnya yang selalu futuristik, termasuk pada Zeeho AE8 ini.

Baca juga: Masuk Indonesia, Motor Listrik Sunra Bangun Pabrik di Kendal

Punya desain unik tapi dengan dimensi kompak

Dimulai dari bodi depannya yang memiliki desain melandai ke arah belakang namun memiliki garis potongan bodi cukup besar di tengah.

Seolah ingin memberi kesan terpisah antara bodi sisi atas dan bawah, yang membuatnya nampak unik.

Reflektor lampu utamanya berada di tengah yang ditemani oleh DRL dan juga sein cukup besar sehingga membuatnya cukup ikonik terutama saat dikendarai di malam hari.

Uniknya reflektor lampu dekat dan jauh berada di tempat terpisah, lampu dekat berada di bodi atas yang menyatu dengan DRL.

Sedangkan reflektor lampu jauh justru terlihat ngumpet di bodi bawah, unik!

Masih di depan, bentuk sepatbornya turut memberi kesan futuristik dengan tampilan seperti kendaraan masa depan di film-film.

Ini karena sisi sampingnya cukup panjang hingga menutupi cakram juga bottom shock, namun tetap ada coakan untuk menampilkan kaliper Brembo 2 pistonnya.

Baca juga: Laris, Meski Dijual Tinggi Stok Motor Listrik Kawasaki Sudah Menipis

Desain lampu belakang unik

Desain belakang motor ini lagi-lagi agak nyeleneh, karena memiliki bentuk unik seperti lampu sein yang seperti sabit, lebih lebar dari bodi utama dengan sisi tengah berlubang.

Untuk lampu rem model strip justru agak mengumpat di bawah jok pembonceng, tapi tetap terang dan mudah terlihat kok.

Karena bodinya pendek maka untuk menahan kotoran dari roda Zeeho AE8 menggunakan mud guard yang terpasang di swing arm aluminiumnya.

Build Quality

Harga yang cukup tinggi dibarengi juga dengan build quality yang cukup bagus, ini terlihat dari kualitas bodi yang terasa tebal ketika diketuk.

Potongan serta sambungan tiap bodi juga rapat sehingga tiap detailnya cukup diperhatikan, bagian bodi plastiknya juga cukup tebal sehingga terkesan kokoh dan solid.

Baca juga: Perihal Maraknya Dugaan Motor Tiongkok Jiplak Desain, Begini Tanggapan Yamaha

Lampu LED berkualitas dengan sorot cahaya tebal

Kualitas pengereman ditunjukan dengan penggunaan bahan pada master rem juga kaliper yang ciamik.

Selain finishing rapi feeling pengereman juga terbilang empuk dan ampuh menghentikan laju Zeeho AE8.

Kualitasnya juga bisa dilihat dari sektor perlampuan, sudah menggunakan LED dengan desain menarik.

Selain desain, pancaran cahaya juga dipikirkan terutama pada lampu utama yang punya sorot cukup lebar juga fokus.

Fitur & Teknologi Zeeho AE8

Menyalakan maupun menjalankan motor listrik ini bukan lagi pakai kunci, bukan juga keyless melainkan pakai sistem NFC dengan menempelkan kartu pada sisi belakang cover setangnya.

Setelah itu akan terdengar suara sambutan yang menandakan kunci setang telah terbuka dan kelistrikan hidup, namun demi faktor keamanan justru motor ini jadi cukup posesif.

Baca juga: Cara Bayar Pajak STNK Motor Tapi KTP Pemilik Tak Ada

Cukup tempel kartu untuk menyalakan dan mematikan Zeeho AE8

Seperti akan menghitung mundur selama 3 detik jika pengendara tidak terdeteksi duduk di jok, jika dibiarkan maka kelistrikan akan mati dan kunci setang aktif setelah 3 detik.

Spidometernya sudah full digital dengan negative display sehingga tampilan informasi lebih mudah dipantau saat kondisi gelap maupun cerah.

Brightness atau kecerahan layarnya sendiri bisa diatur selama beberapa tingkat.

Isi informasi pada layarnya ada odometer, tripmeter speed meter, Wh/km, jam, suhu udara sekitar, power modes, cruise control, dan kapasitas baterai dalam tampilan bar serta persen.

Saat mematikan Zeeho AE8, terdapat fitur follow me home seperti pada mobil mewah.

Jadi lampu utama akan menyala selama beberapa detik sesaat setelah kontak dimatikan, sehingga pengendara bisa masuk ke rumah dalam kondisi terang.

Performa Zeeho AE8

Yang cukup menjual dari motor ini juga dari sektor mesin listriknya, menggunakan model mid drive dengan nama Central Permanent Magnet Synchronous Motor.

Baca juga: Mekanisme Battery Swap System Kymco Berhasil, Lanjut Puluhan Titik Lagi

Klaim torsi maksimalnya mencapai 218 Nm!

Klaim tenaga maksimalnya mencapai 12,5 kW atau 17 ps dan rata-rata tenaganya ada di 5 kW atau 6,8 ps, sedangkan torsi maksimal di angka 218 Nm dan rata-rata torsinya 11,1 Nm.

Karena mesin listriknya ini memiliki performa cukup tinggi, maka Zeeho menyematkan radiator untuk mendinginkan control unit dan juga dinamonya.

Radiator ini terletak tepat di belakang roda depan sama seperti Yamaha XMax.

Untuk mengontrol tenaganya, motor listrik ini dibekali dengan power modes dimulai dari ECO, Street, dan juga Sport.

Sensasi performa yang lebih responsif dan bertenaga disuguhkan dari mode Sport, tiap bukaan gas dijamin bikin badan terasa ditarik!

Baca juga: Terapkan Sistem Sewa, Begini Jadinya Jika Baterai Motor Listrik Polytron Rusak

Kaliper depan Brembo cukup ampuh hentikan laju

Pastikan pengendara sigap ketika menggunakan mode Sport, karena jambakannya cukup mengejutkan di tiap bukaan gasnya, kecepatan tertinggi yang bisa diraih berada di angka 98 km/jam.

Masih kurang? Tenang karena Zeeho AE8 dilengkapi dengan electric boost yang bisa menambah top speed menjadi 112 km/jam.

Caranya dengan menekan sekali tombol mode naik setelah melewati kecepatan 80 km/jam maka dapat aktif selama beberapa detik.

Hasil uji akselerasinya juga cukup cepat karena kecepatan 0-60 km/jam ditempuh dalam waktu 3,67 detik, untuk jarak 0-201 meter dicapai dalam waktu 10,64 detik pada kecepatan 100,1 km/jam.

Baterai & Jarak Tempuh Zeeho AE8

Performa mesin yang tinggi, tenaga utamanya disuplai dari 2 buah baterai Farasis lithium NCM yang masing-masing memiliki kapasitas 69V 32Ah.

Baca juga: Motor Listrik Rakata Upgrade Jarak Tempuh Produknya, Harga Mulai Rp 17 Jutaan

Top speed dengan e-boost tembus 112 km/jam

Baterainya sendiri punya case yang cukup solid berbahan aluminium, saat ditimbang bobotnya cukup berat karena 1 baterai punya berat kurang lebih 12,5 kg.

Zeeho memberikan garansi baterai juga dinamo hingga 2 tahun, siklus pengecasan baterainya bisa mencapai 12 ribu hingga akhirnya terjadi penurunan performa.

Klaimnya sekali penuh baterai AE8 ini bisa menempuh jarak maksimal 120-190 km, namun tentu saja kurang lengkap kalau kita tidak mencoba langsung.

Pengujian dilakukan dengan melewati jalur cukup beragam dan menggunakan kombinasi power modes sehingga hasilnya akan lebih variatif.

Baca juga: Ragam Produk Keeway EV di PEVS 2024, Ada yang Tembus Rp 133 Juta!

Lubang charger dan tabung reservoir berada di bawah jok

Setelah beberapa kali pengujian hasilnya Zeeho AE8 ini memiliki jarak tempuh di kisaran angka 95-110 km.

Angka tersebut mungkin akan lebih irit jika pakai power modes ECO dengan kecepatan konstan dan dominasi jalanan datar.

Untuk mengisi dayanya memakan waktu 5-6 jam kalau dari kondisi 0% dan itu sudah kami uji, memang berada di jangka waktu 5 jam-an untuk mengisi kedua baterai dari kondisi habis total.

Diukur menggunakan alat watt meter, daya tertinggi yang dibutuhkan chargernya mencapai 954,6 watt dengan total daya yang dikeluarkan sebanyak 4,666 kWh.

Untuk 1 kWh kita ambil tarif Rp 1.450/kWh, dengan total daya 4,666 kWH itu berarti biaya yang digunakan selama 5-6 jam adalah Rp 6.765 yang mana bisa membawa pengendaranya melaju 95-110 km.

Kesimpulan

Zeeho AE8 jadi salah satu opsi motor listrik yang proper untuk dipakai sehari-hari dengan jarak tempuh yang cukup tinggi.

Kualitas pembuatan hingga detail juga teknologi yang ditawarkan pun berada di atas rata-rata motor listrik yang ada saat ini.

Tak heran motor ini layak jadi pilihan untuk motor listrik dengan kualitas bagus, meski harganya terhitung tinggi.

 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Video Pendek Terkait

Motor dengan rasio kompresi di atas 11:1 wajib pakai RON di atas 92. Efek jangka panjang bisa merusak komponen mesin. Tiap bulan harga bahan bakar minyak alias BBM non subsidi sering kali berubah, bisa menjadi naik dan juga bisa menjadi turun. Padahal BBM ini jadi salah satu syarat motor ICE (Internal Combustion Engine) bisa hidup dan cukup berpengaruh terhadap performa. Salah satu cara yang kerap dilakukan untuk mengantisipasi kenaikan harga adalah mengganti dari BBM non subsidi dengan RON di a
Warna baru Honda Super Cub C125 Warna yang sudah eksis mendapatkan penyesuaian Harga Honda Super Cub C125 Rp70 jutaan PT Astra Honda Motor (AHM) menghadirkan pilihan anyar pada Honda Super Cub C125. Nuansa retro dari salah satu motor bebek termahal Honda ini pun semakin kental berkat kombinasi warna yang ditawarkan. Adalah Pearl Cadet Grey yang kali ini digagas menjadi koleksi terbaru Honda Super Cub C125 2024. Kelir tersebut lantas mendominasi bodi, berpadu dengan panel depan dan samping berwar
Cukup banyak desain motor-motor buatan China yang mirip dengan produk eksis Salah satu produk jenama Teyin memiliki tampilan seperti Yamaha XMax Kapasitas mesin jauh lebih kecil Kemiripan desain motor asal China dengan produk tertentu juga terlihat pada line up milik Teyin. Satu diantaranya bahkan identik dengan Yamaha XMax buatan Indonesia. Sorotan tersebut tampak jelas pada produk berlabel Teyin TX 150 ini. Area fasad terutama lampu depan begitu mirip dengan XMax generasi pertama, pun bentuk l
Tahun pertama cuma Rp 400 ribuan. Total biaya sekitar Rp 2 jutaan. Harga belum termasuk penggantian part. Yamaha Lexi LX 155 jadi produk paling baru dari PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM). Motor ini mendapat perubahan yang sangat besar, dari desain hingga kapasitas mesin yang membesar. Sejak dikenalkan awal tahun 2024 lalu, motor ini mendapatkan respon positif dari masyarakat. Namun ada juga yang penasaran dengan biaya perawatan yang harus dikeluarkan. Dan ternyata nominalnya pun ti
Tempati lahan 12,7 hektar. Serap 1.500 tenaga kerja lokal. Investasi 120 juta US dollar. Sepertinya Sunra jadi salah satu merek motor listrik yang serius menggarap pasar Indonesia. Hal ini ditandai dengan dimulainya pembangunan pabrik mereka di Kendal, Jawa Tengah pada Jumat (3/5/2024) lalu. Tidak seperti merek motor listrik Cina lain yang diganti mereknya di Indonesia, yang mayoritas CKD. Pabrik PT Sunra Asia Pasific Hi-Tech (Sunra Indonesia) sendiri berada di Kawasan Industri Kendal. Menempati

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda Stylo 160

Rp 27,55 - 30,43 Juta

Lihat Motor
ION Mobility

ION Mobility M1-S

Rp 49,00 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda EM1 e

Rp 400,00 Juta

Lihat Motor
Vespa

Vespa Elettrica

Rp 198,00 Juta

Lihat Motor
BSA

BSA Gold Star 650

Rp 380,00 Juta

Lihat Motor
Alva

Alva Cervo

Rp 37,75 Juta

Lihat Motor
Piaggio

Piaggio MP3 300

Rp 330,00 Juta

Lihat Motor
Mendatang
Kawasaki

Kawasaki Ninja ZX-4R

Rp 239,90 Juta

Lihat Motor