PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia (YIMM) telah merilis Yamaha NMax terbaru dengan tampilan dan fitur yang dibenamkan lebih lengkap serta modern.
Untuk pasar Indonesia, Yamaha NMax generasi ketiga ini hadir dengan lima varian yaitu Neo Version, Neo S Version, Turbo, Turbo Tech Max dan Turbo Tech Max Ultimate.
Baca juga: Persamaan dan Perbedaan 5 Varian Yamaha NMax Terbaru, Pakai Nama Turbo Lebih Mahal
Secara keseluruhan, NMax terbaru mengalami beberapa penyegaran, seperti penggunaan lampu-lampu LED, termasuk lampu utama menggunakan Dual Projector LED.
Kemudian, semua varian NMax terbaru juga ada menyediakan Electric Power Outlet, Start & Stop System dan bagasi dengan daya tampung mencapai 25 liter.
Sekilas memang terlihat sama, namun sejatinya ada beberapa yang berbeda, khususnya mengenai fitur.
Baca juga: Yamaha NMax "Turbo" Gak Boleh Asal Servis! Ini Penyebabnya
Semua varian Yamaha NMax sudah dilengkapi dengan fitur Y-Connect. Artinya, dengan fitur ini semua NMax terbaru bisa menampilkan notifikasi pesan, telepon, beserta informasi lain pada panel meter digitalnya.
Untuk tipe Neo S Version sendiri lebih lengkap. Selain ada Electric Power Outlet dan Y-Connect, ada juga fitur Smart Key System.
Baca juga: Sejak 2015, Lebih Dari 3 Juta Unit Yamaha NMax Terjual di Indonesia
Yamaha NMax anyar dengan embel-embel nama Turbo, semakin canggih dan keren.
Fitur-fitur yang ada pada Neo Version maupun Neo S Version, sudah pasti ada pada NMax versi Turbo.
Namun pada versi Turbo juga dilengkapi Yamaha Electric Continuous Variable Transmission (YECVT) yang dapat memindahkan rasio pulley dengan mudah saat dibutuhkan.
Semua varian Turbo sudah dilengkapi Riding Mode yang mempunyai dua mode berkendara, yaitu T Mode dan S Mode.
Kemudian ada juga tombol Y-Shift, di mana fitur ini akan memberikan pengalaman akselerasi dengan 3 tingkatan yaitu 1:low, 2: medium, 3:High, yang dapat dioperasikan dengan menekan tombol Y-Shift saat berakselerasi maupun saat ingin merasakan engine brake.
Sedangkan untuk tipe Turbo Tech Max, lebih lengkap lagi. Selain fitur di atas, varian ini dilengkapi Dual Channel ABS, Multi Information Display, TFT Special Navigation System, Spesial Tech Max Seat, serta Traction Control System (TCS).
Adapun untuk NMax Turbo Tech Max Ultimate jadi paling lengkap karena ketambahan aksesoris khusus berupa Performance Damper, sehingga performa handling jadi lebih stabil, terlebih saat bermanuver.
Kemunculan Yamaha NMax paling baru, tentu saja membuat model lama NMax tidak akan diproduksi lagi, dan akan segera dihabiskan.
Namun, jika Anda tertarik dengan model Yamaha NMax terdahulu, berikut ini beberapa hal yang perlu diketahui.
Saat ini ada tiga tipe Yamaha NMax yang masih tersisa, yaitu Standard, S Version dan Connected/ABS.
Ketiga tipe ini tentunya memiliki beberapa perbedaan, khususnya dari sisi fitur.
Sesuai nama tipe Standard, maka standardisasi pada tipe motor matic ini sudah dilengkapi power outlet, kunci kontak berpelengkap pengaman magnet dan terintegrasi untuk membuka jok dan tangki.
Panel meter digital yang menampilkan berbagai informasi, dan untuk pengaturan menggunakan tombol di setang kiri.
Motor matic ini memiliki tangki berkapasitas 7,1 liter, dan fitur Stop & Start System (SSS) untuk menghemat bahan bakar.
Semua yang ada pada tipe Standard sudah pasti ada pada tipe S Version.
Namun untuk tambahan yaitu sudah ada Smart Key System alias keyless untuk keamanan.
Ada tambahan untuk tipe Connected/ ABS yaitu dilengkapi fitur rem Anti-lock Braking System (ABS) sudah double channel pada rem depan dan belakang.
Kemudian ada juga fitur Traction Control System (TCS) yang bisa mencegah roda selip saat di jalan licin.
Selain itu ada juga, fitur Y-Connect yang dapat memantau kondisi motor, waktu servis, lokasi parkir terakhir, hingga notifikasi telepon, pesan masuk, serta kondisi baterai smartphone dan status sinyal.
Selain itu pada suspensi belakang memiliki setelan yakni Soft dan Hard.
Untuk detail perbedaan Yamaha NMax terbaru dan model lama, bisa lihat di bawah ini:
Dimensi
Perbedaan Dimensi | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Keterangan | Yamah Model Baru | Yamaha Model Lama | ||||||
Tipe | Neo Version, | Neo S Version | Turbo | Turbo Tech Max | Turbo Tech Max Ultimate | Standard | S Version | Connected atau ABS |
Panjang | 1.935 mm | |||||||
Tinggi | 1.200 mm | 1.160 mm | ||||||
Lebar | 740 mm | |||||||
Jarak Sumbu Roda | 1340 mm | |||||||
Jarak Terendah Ke Tanah | 135 | 124 mm | ||||||
Tinggi Tempat Duduk | 770 mm | 765 mm | ||||||
Kapasitas Tangki Bensin | 7,1 liter |
Rangka
Rangka | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Keterangan | Yamah Model Baru | Yamaha Model Lama | ||||||
Tipe | Neo Version, | Neo S Version | Turbo | Turbo Tech Max | Turbo Tech Max Ultimate | Standard | S Version | Connected atau ABS |
Tipe Rangka | Underbone | |||||||
Suspensi Depan | Teleskopic | |||||||
Suspensi Belakang | Unit Swing | |||||||
Ban Depan | 110/70 - 13 M/C 48P | |||||||
Ban Belakang | 130/70 - 13 M/C 63P | |||||||
Rem Depan | Hydraulic Single Disc Brake | |||||||
Rem Belakang | Hydraulic Single Disc Brake |
Mesin
Perbedaan Mesin | ||||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|---|
Keterangan | Yamaha NMax Baru | Yamaha NMax Lama | ||||||
Tipe | Neo Version, | Neo S Version | Turbo | Turbo Tech Max | Turbo Tech Max Ultimate | Standard | S Version | Connected atau ABS |
Tipe Mesin | Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC | Blue Core, VVA, 4 Valve SOHC + YECVT | Liquid cooled 4-stroke, SOHC, VVA | |||||
Jumlah/Posisi Silinder | Single Cylinder | |||||||
Volume Silinder | 155,09 cc | |||||||
Diameter x Langkah | 58 mm x 58.7 mm | |||||||
Perbandingan Kompresi | 11.6 : 1 | |||||||
Sistem Bahan Bakar | Fuel Injection | |||||||
Daya Maksimum | 11.3 kW / 8000 rpm | |||||||
Torsi Maksimum | 14.2 Nm / 6500 rpm | 13.9 Nm / 6500 rpm | ||||||
Sistem Starter | Electric Starter | |||||||
Sistem Pelumasan | Wet Sump | |||||||
Kapasitas Oli Mesin | 0,9 L | 1 L | 0,9 L (Periodical Change) | |||||
Tipe Kopling | Single Dry Clucth | |||||||
Tipe Transmisi | Automatic |
Harga
Perbandingan Harga | ||
---|---|---|
Model | Tipe | Harga |
Yamaha NMax Baru | Neo Version | Rp32.700.000 |
Neo S Version | Rp33.700.000 | |
Turbo | Rp37.750.000 | |
Turbo Tech Max | Rp43.250.000 | |
Turbo Tech Max Ultimate | Rp45.250.000 | |
Yamaha NMax Lama | Standard | Rp32.175.000 |
S Version | Rp33.175.000 | |
Connected atau ABS | Rp36.300.000 |