Meski sudah lebih dari 2 pekan berlalu, hadirnya Yamaha NMax 'Turbo' dan juga Honda BeAT masih mengundang rasa penasaran.
Yup, keduanya memang merupakan motor yang banyak disukai dan dipakai masyarakat Indonesia.
Honda BeAT mengisi segmen motor matic entry level, yang berharga terjangkau dan irit.
Sedangkan Yamaha NMax merupakan motor matic premium yang disukai akan kenyamanan berkendara dan teknologinya.
Tapi selain itu ada pula kehadiran Keeway Napoleon Bob 500, sebuah motor cruiser terjangkau dan rilis di Jakarta Fair 2024.
Berikut top artikel sepekan selengkapnya.
Honda BeAT terbaru kini lebih ringan dibandingkan model terdahulu, yaitu cuma 87 kg atau lebih ringan 3 kg dari sebelumnya.
Pengurangan bobot ini satu diantaranya karena tidak menggunakan kick starter atau tuas engkol.
Pasalnya rangkaian komponen tuas engkol dipercaya mampu mengurangi beban hingga 1 kg.
Tapi ternyata, pengurangan kick starter merupakan kemauan konsumen di segmen motor matik entry level lho. Kok begitu?
Setelah fitur VVA atau Variable Valve Actuation, kali ini ada fitur baru yang kembali disematkan pada NMax generasi ke-3.
Fitur tersebut diberi nama Yamaha Electric Continuously Variable Transmission atau YECVT.
Fitur ini menggunakan perangkat elektronik untuk menggantikan gaya sentrifugal yang dihasilkan oleh roller.
Fitur ini terdiri dari beberapa perangkat, seperti ada ECVT Motor yang bentuknya seperti dinamo starter.
Lalu diteruskan ke beberapa perangkat gerigi yang tersambung hingga ke primary sheave atau pulley utama.
Tapi ternyata teknologi baru ini tidak boleh asal servis lho, kenapa ya?
Keeway Indonesia Kembali menghadirkan lini produk terbaru yaitu Keeway Benda Napoleon Bob 500 tepat di acara pembukaan pameran Jakarta Fair Kemayoran 2024 di Jakarta, Rabu (12/6/2024).
Motor ini merupakan model big bike cruisers bobber yang menjadi koleksi terbaru Keeway Indonesia selain V250 atau Benda V252C.
Saat peluncurannya, Direktur PT Benelli Indonesia, Steven Kentjana Putra menyatakan ini merupakan jawaban untuk konsumen yang menginginkan motor cruiser yang lebih besar.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) secara resmi meluncurkan Yamaha NMax terbaru, dengan berbagai penyempurnaan.
Perusahaan dengan logo garpu tala tersebut memberikan sentuhan baru mulai dari desain, fitur hingga performa mesin.
Ya, skuter matik yang masih keluarga Maxi ini hadir juga dengan lima varian berbeda, dan tiga diantaranya mendapatkan embel-embel ‘Turbo’.
Lalu apa saja perbedaan dan persamaan dari tiap varian itu ya?
Yamaha NMax generasi ke-3 akhirnya resmi diperkenalkan, ada varian “Turbo” yang menggunakan sistem elektrik pada transmisi dengan mulai Rp 37 jutaan.
Di varian Turbo lebih banyak tambahan perangkat elektronik untuk membaca pergerakan YECVT (Yamaha Electric Continuously Variable Transmission).
Karena sudah dikendalikan secara elektrik, maka akan ada kemungkinan perangkat elektriknya mengalami kerusakan seiring pemakaian.
Namun, apa yang akan terjadi ketika YECVT mengalami kerusakan? Dan apa dampaknya untuk motor?