Kalau sebelumnya sudah membahas cicilan Honda BeAT Sporty, kali ini giliran BeAT Street 2025.
Yup, motor ini bisa dikatakan Honda BeAT yang punya segmentasi berbeda, dengan harga Rp 19,3 juta on the road Jakarta.
Meski demikian, motor ini tetap masuk dalam kategori motor matic entry level.
Segmen pasarnya terhitung gemuk, namun selama ini nampak kurang diminati ketimbang BeAT Sporty.
Dan masuk generasi ketiga, PT Astra Honda Motor (AHM) merombak signifikan tampilannya.
Yang paling mencolok tentu saja penggunaan pelek lingkar 12 inci dengan profil ban tebal.
Ciri khas setang telanjang tanpa cover penutup dikawal panel meter digital masih dipertahankan.
Menurut beberapa kabar yang kami terima, minat untuk Honda BeAT Street generasi baru ini cukup tinggi.
Bahkan beberapa wilayah harus sampai inden alias menunggu untuk bisa mendapatkan unitnya.
Baca juga : Honda BeAT Street Baru Lebih Keren, Siapa Saja Lawannya?
Dan jika ada yang berencana membeli motor ini dengan cara kredit, berapa uang muka dan cicilan tiap bulannya ya?
Yang patut diketahui, harga jual Rp 19,3 juta adalah banderol yang tercantum pada website AHM.
Sedangkan harga resmi untuk dealer area Jakarta yakni Rp 19,902 juta, ada selisih Rp 600 ribuan lebih mahal dari Harga website AHM.
Jangan kesal dulu, umumnya beda harga itu karena sudah sepaket dengan aksesoris missal dudukan pelat nomor.
Nah, jika berpatokan pada harga jual Rp 19,902 juta maka angsuran termurah untuk motor ini yakni Rp 833 ribu saja.
Baca juga : Sering Dianggap Lemot, Berapa Sih Tenaga Honda BeAT Sebenarnya?
Itu pun untuk tenor 35 bulan dengan besaran uang muka mencapai Rp 4,3 juta.
Kalau bertanya berapa uang muka termurah yang bisa dipilih, besarannya adalah Rp 2,3 juta.
Tapi cicilan per bulannya juga lebih tinggi, yakni Rp 956 ribu untuk masa kredit 35 bulan.
Tentunya ada sisi plus-minus, jika mengambil cicilan ringan maka uang muka yang harus disiapkan akan lebih besar.
Sebaliknya, jika mengambil uang muka kecil maka cicilannya akan menjadi lebih besar.
Konsumen juga berhak meminta perhitungan jika hendak membayar dengan uang muka lebih besar, dari yang ada ditabel simulasi kredit.
Uang Muka (DP) | 11 Bulan | 17 Bulan | 23 Bulan | 27 Bulan | 29 Bulan | 33 Bulan | 35 Bulan |
---|---|---|---|---|---|---|---|
2.300.000 | 2.079 | 1.489 | 1.215 | 1.101 | 1.054 | 987 | 956 |
2.500.000 | 2.014 | 1.429 | 1.164 | 1.053 | 1.016 | 949 | 918 |
2.700.000 | 1.993 | 1.414 | 1.152 | 1.042 | 1.006 | 939 | 908 |
3.000.000 | 1.960 | 1.391 | 1.134 | 1.026 | 990 | 925 | 894 |
3.300.000 | 1.928 | 1.368 | 1.115 | 1.009 | 974 | 910 | 880 |
3.500.000 | 1.907 | 1.353 | 1.103 | 998 | 964 | 900 | 871 |
3.700.000 | 1.885 | 1.338 | 1.091 | 987 | 953 | 890 | 861 |
3.900.000 | 1.863 | 1.323 | 1.079 | 976 | 942 | 881 | 852 |
4.100.000 | 1.842 | 1.308 | 1.066 | 965 | 932 | 871 | 842 |
4.300.000 | 1.820 | 1.293 | 1.054 | 954 | 921 | 861 | 833 |
Generasi ketiga ini tampil lebih atraktif dan berani, dengan warna yang ditawarkan.
Perubahan desain bodinya mirip dengan BeAT Sporty, yang mana bagian depan lebih agresif.
Sematan lampu LED 3 titik masih jadi andalan, namun lebih menjorok ke depan dan lebih tebal mikanya.
Bagian bodi atas lampu dibuat seperti anak panah, dengan sudut tajam pada lampu sein. Jadi mirip Honda CBR250RR.
Ciri khas motor ini dengan penggunaan setang telanjang tetap dipertahankan.
Lengkap dengan paduan panel meter full digital, alih-alih analog-digital seperti versi BeAT Sporty.
Area Bawah setang lebih menjauh dari dengkul jadi tak mudah mentok untuk rider dengan postur tinggi.
Kemudian area dek rata dengan tempat aki di dalamnya tetap masih ada.
Beda lagi yakni lekukan bodi belakang yang lebih dinamis dan agresif, dengan sudut yang tajam.
Buritan berhiaskan behel yang kini terbuat dari plastik keras, dan lampu belakang yang lebih melebar.
Baca juga : Menjajal Honda BeAT Street 2025, Beda Rasa Berkat Pelek Baru!
Nah yang jadi daya Tarik tentu saja penggunaan pelek 12 inci, yang model palangnya mirip Honda Genio.
Honda BeAT Street 2025 ditawarkan dengan 2 opsi warna, yakni Street Brown dan Street Black.
Secara dimensi, motor ini memiliki ukuran 1.868 x 745 x 1.058 mm (PxLxT) dengan sumbu roda 1.251 mm.
Jarak terendahnya 148 mm, sama dengan BeAT Sporty meski pakai pelek yang lebih kecil.
Kemudian bobot keringnya 89 kg dan tinggi jok 742 mm. Tetap ringan karena masih mengusung rangka eSAF (enchanced Smart Architecture Frame).
Mengusung mesin dengan spesifikasi serupa pendahulunya, motor ini punya mesin 109,5 cc.
Spesifikasinya 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin Udara dengan injeksi bahan bakar PGM-FI.
Meski secara spesifikasi masih sama, tapi ada beberapa komponen yang berubah, mengingat bobot mesin menyusut 400 gram.
Misalnya kampas kopling yang sedikit lebih pendek, serta bahan collar spring atau dudukan per CVT kini pakai plastik keras.
Secara performa atas kertas juga keluaran tenaga tetap 9 PS sdi 7.500 rpm, meski torsi sedikit turun 0,1 Nm jadi 9,2 Nm di 6.000 rpm.
Dengan perubahan yang terhitung signifikan, jelas Honda BeAT Street 2025 menjadi opsi yang menarik.
Motor ini menawarkan handling lincah dan ringan, berkat setangnya yang lebar.
Efisiensi bahan bakar diklaim pabrikan bisa mencapai 60,6 km/liter dengan metode pengukuran WMTC.
Sudah irit, lincah pula dipakainya, pertanda motor ini paket sempurna untuk harian nih!
Belum lagi cicilan per bulan Honda BeAT Street masih terjangkau, mulai dari Rp 800 ribuan saja.
Baca juga : Cara Unik Aktifkan Alarm Honda BeAT Series 2025 Tanpa Remote
Spesifikasi Honda BeAT Series 2025 | ||
---|---|---|
BeAT Sporty | BeAT Street | |
Dimensi | ||
PxLxT | 1.876 x 669 x 1.080 mm | 1.868 x 745 x 1.058 mm |
Sumbu Roda | 1.255 mm | 1.251 mm |
Jarak Terendah | 148 mm | |
Berat Kosong | 87 kg & 88 kg (CBS) | 89 kg |
Tinggi Jok | 742 mm | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara, injeksi | |
Diameter x Langkah | 47 x 63,1 mm | |
Kapasitas Mesin | 109,5 cc | |
Rasio Kompresi | 10 : 1 | |
Tenaga Maksimal | 9 PS @ 7.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 9,2 Nm @ 6.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Underbone, eSAF | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal, unit swing | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol | |
Ban Depan | 80/90-14 | 100/90-12 |
Ban Belakang | 90/90-14 | 110/90-12 |
Harga | ||
CBS | Rp 18.430 juta | |
Deluxe | Rp 19,300 juta | |
Deluxe Smart Key | Rp 19,830 juta | |
Street | Rp 19,300 juta |