Pada awal bulan November 2024 ini, Honda PCX generasi terbaru meluncur di Eropa, pada gelaran EICMA 2024 di Milan, Italia.
Motor yang juga dijual di Indonesia itu mengandalkan mesin 125 cc, dan diset untuk motor harian.
Tampilannya berubah total, dengan tetap mempertahankan aura mewah dan premium yang jadi ciri khasnya.
Lantas apakah motor ini kelak akan segera masuk Indonesia? Duh, ternyata PT Astra Honda Motor (AHM) belum ada rencana nih.
"Terkait PCX yang baru kita belum ada rencana untuk menjualnya juga di Indonesia," ujar Ahmad Muhibbudin, GM Corporate Communication AHM di Bali (22/11/2024).
"Market Eropa dan Indonesia itu beda ya, sejauh ini kita belum ada rencana mendatangkan PCX 125 yang ada di Eropa," sambungnya.
Baca juga : Generasi Baru Honda PCX Rilis di Eropa, Tampang Berubah dan Fitur Makin Canggih!
Pun saat ditanya kemungkinan Honda PCX terbaru itu dipasangkan mesin 160 cc seperti saat ini, Muhib tak bisa mengungkapkannya.
"Ya kita belum ada rencanalah ya," tegasnya. Jadi yang mengincar Honda PCX 160 dengan desain bodi dan fitur baru harus bersabar nih.
Di Eropa, Honda PCX model year 2025 sudah mengaspal dengan perubahan desain yang menyeluruh.
Dengan pertahankan desain mewah, motor ini tampil lebih agresif dengan penggunaan lampu depan yang menyipit dan dibuat lebih tipis.
Terdapat pula LED DRL berbentuk V yang menempel dengan lampu utamanya, dan kini memakai 4 titik LED sebagai penerangannya.
Uniknya pada bagian bawah lampu, dibuat semacam sirip tipis seperti winglet.
Di atas lampu terdapat windscreen yang tidak terlalu tinggi, dan kini di baliknya ada setang yang tertutup cover!
Yup, Honda PCX kini tak lagi menggunakan setang model telanjang yang selama ini menjadi ciri khas motor tersebut.
Lanjut sisi samping motor dipenuhi lekuk garis yang tegas, dari depan, tengah hingga buritan.
Kesan ramping masih terdapat pada motor ini dengan penggunaan panel bodi belakang yang dibuat tipis.
Dimensi motor ini sendiri 1.935 x 740 x 1.125 mm (PxLxT) dengan sumbu roda 1.315 mm dan berat kering 133-134 kg.
Baca juga : Meski Sempat Berevolusi, Bagian Ini Tak Pernah Hilang dari Honda PCX
Untuk Honda PCX 125 MY 2025, terdapat tipe basic dan DX. Tipe DX hadir dengan suspensi belakang tabung.
Tak cuma itu, diameter suspensi belakang pun juga lebih besar sehingga memberi kesan padat juga kokoh.
Jarak mainnya panjang, mencapai 95 mm. Sementara suspensi depan diameter 31 mm, punya jarak main 89 mm.
Nah pada tipe DX juga menggunakan panel meter baru, TFT 5 inci yang bisa terkoneksi dengan smartphone.
Adalah fitur Honda RoadSync yang bisa menghubungkan smartphone Android dan IOS, yang bisa menyajikan navigasi turn by turn.
Tak hanya itu, mendengarkan music hingga menjawab panggilan telepon juga bisa dilakukan, selama pengendara menggunakan interkom pada helmnya.
Sedangkan untuk tipe Basic, masih menggunakan panel meter full digigal LCD yang persis seperti generasi sebelumnya.
Untuk pasar Eropa motor ini dibekali mesin 125 cc yang tak banyak berubah secara spesifikasi.
Masih tetap 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dengan tenaga 12,5 PS di 8.750 rpm dan torsi 11,7 Nm di 6.500 rpm.
Baca juga : Cek Lagi 5 Daya Tarik Honda PCX 160, Matic Premium Nan Nyaman
Kecepatan maksimalnya bisa mencapai 98 km/jam dan efisiensi bahan bakar hingga 47,6 km/liter.
Terdapat perubahan setingan pada ECU dan desain knalpot, untuk memenuhi standar emisi Euro5+ di Eropa.
Saat ini AHM melepas Honda PCX 160 dengan harga jual mulai dari Rp 33,400 juta hingga Rp 36,905 juta on the road Jakarta.