Menyusul setelah debut global pada November lalu, PT Astra Honda Motor (AHM) bergerak cepat menghadirkan Honda PCX 160 2025 dengan 3 tipe berbeda.
Motor matic premium tersebut hadir dengan desain yang berubah total, persis dengan unit PCX 125 yang debut di Eropa.
Tidak hanya itu, motor ini juga menawarkan kecanggihan teknologi pada panel meternya.
Apalagi kalau bukan dengan adanya fitur konektivitas gawai dengan nama RoadSync.
Meski bukan jadi yang pertama disegmennya, namun teknologi yang ditawarkan lebih advance dari milik kompetitor.
Sebagai model year 2025, Honda PCX kini tampil lebih agresif dengan penggunaan lampu depan yang menyipit dan dibuat lebih tipis.
Terdapat pula LED DRL berbentuk V yang menempel dengan lampu utamanya, dan kini memakai 4 titik LED sebagai penerangannya.
Uniknya pada bagian bawah lampu, dibuat semacam sirip tipis seperti winglet.
Dan karena hal ini pula, sosoknya sepintas malah mirip motor listrik Polytron Fox Series.
Baca juga : Tanpa Turbo, Honda PCX 160 2025 Justru Dilengkapi Fitur Ini
Di atas lampu terdapat windscreen yang tidak terlalu tinggi, dan kini di baliknya ada setang yang tertutup cover!
Yup, Honda PCX kini tak lagi menggunakan setang model telanjang yang selama ini menjadi ciri khas motor tersebut.
Lanjut sisi samping motor dipenuhi lekuk garis yang tegas, dari depan, tengah hingga buritan.
Kesan ramping masih terdapat pada motor ini dengan penggunaan panel bodi belakang yang dibuat tipis.
Tampilan buritan semakin manis dengan LED Bar sebagai lampu belakang yang melebar. Dan di atasnya sebagai lampu rem.
Lampu sein kini dibuat menjulur ke bawah dan melebar keluar, yang seperti membentuk taring.
Motor ini tetap mempertahankan beberapa fitur dan mesin dari generasi sebelumnya.
Mesin berkapasitas 160cc 4 katup enhanced Smart Power plus (eSP+), berpendingin cairan, menjadi andalan untuk PCX generasi ke-5 ini.
Dengan mesin tersebut, keluaran tenaga yang mampu dihasilkan hingga 16 PS @8.500 dengan torsi puncak 14,7 Nm @6.500 rpm.
Ditawarkan dengan 3 tipe berbeda, lantas apa saja yang membedakan antar tipe Honda PCX 160 terbaru ini?
Menjadi tipe terendah adalah CBS (Combi Brake System) dengan banderol harga Rp 33,750 juta on the road Jakarta.
Motor ini masih relatif sama dengan tipe CBS pada model sebelumnya, namun dengan tampilan baru.
Sesuai namanya, pembeda utama yakni penggunaan teknologi pada pengeremannya.
Yang mana menggunakan CBS, yang memadukan kinerja rem depan dan belakang bersamaan dengan menarik tuas rem belakang saja.
Ciri khas lainnya yakni kaliper depan memiliki 3 buah piston, sehingga terlihat lebih besar.
Motor ini juga masih mewariskan kelengkapan dari versi sebelumnya, seperti panel meter full digital.
Kemudian ada Smart Key System, seluruh lampu sudah full LED dan update power outlet USB Type-C.
Baca juga : Generasi Baru Honda PCX Rilis di Eropa, Tampang Berubah dan Fitur Makin Canggih!
Opsi warna yang ditawarkan ada Exceptional Black, Exceptional Matte Silver, Exceptional Red dan Exceptional White.
Secara kelengkapan masih relatif sama dengan tipe CBS, hanya saja ada beda pada teknologi pengeremannya.
Tipe ini sudah pakai teknologi Anti-lock Braking System (ABS) yang lebih canggih dan aman.
Dan jodohnya adalah fitur HSTC (Honda Selectable Torque Control) yang mampu mencegah roda belakang selip.
Kalau dari tampilannya, tipe ini mengusung warna pelek yang berbeda, dengan sebutan Burt Titanium.
Tipe ABS ini dilepas Rp 37,350 juta on the road Jakarta, dengan total 4 opsi warna yang sama dengan tipe CBS.
Yakni Phenomenal Matte Black, Phenomenal Matte Silver, Phenomenal White dan Phenomenal Matte Red.
Kasta tertinggi sekaligus menjadi tipe baru untuk Honda PCX 160 yakni tipe RoadSync.
Dengan banderol Rp 40,350 juta on the road Jakarta, hanya tersedia 2 opsi warna yaitu RoadSync Red dan RoadSync Black.
Sesuai namanya, motor ini punya fitur konektivitas RoadSync yang bisa melakukan banyak hal.
Mulai dari navigasi dengan suara, pesan masuk juga membalas pesan, mendengar musik dan menerima panggilan telepon.
Semuanya bisa dilakukan setelah mengunduh aplikasi RoadSync pada smartphone, dan menghubungkan juga dengan interkom helm.
Hal ini lebih canggih dari kompetitor, yakni Yamaha NMax Turbo Tech Max yang tak ada navigasi dengan suara.
Nah, fitur RoadSync ini bisa dipakai dan diatur lewat setingan pada panel meter TFT 5 inci terbaru.
Perbedaan lainnya adalah suspensi belakang sudah menggunakan tipe tabung, sehingga punya karakter redaman yang lebih baik.
Kelengkapan lainnya sama dengan tipe ABS, termasuk tampilan warna pelek yang tidak full hitam.
New Honda PCX 160 yang merupakan model year 2025 ini desainnya berubah total, serta ditambah fitur kekinian.
Rentang harganya pun kini semakin jauh, yakni mulai dari Rp 33 jutaan hingga Rp 40 jutaan.
Tentunya hal ini akan memberikan opsi yang menarik bagi konsumen, untuk menyesuaikan dengan kebutuhannya.
Sayangnya tidak ada update pada mesin dan desain pelek pun masih relatif sama dengan generasi sebelumnya.
Spesifikasi Honda PCX 160 2025 | |
---|---|
Dimensi | |
PxLxT | 1.936 x 742 x 1.123 mm |
Sumbu Roda | 1.313 mm |
Jarak Terendah | 135 mm |
Tinggi Jok | 764 mm |
Tangki | 8,1 liter |
Berat Kosong | 132 kg (CBS-ABS) 133 kg (RoadSync) |
Mesin | |
Tipe | 4-tak, SOHC 4 katup, eSP+ |
Pendingin | Cairan |
Rasio Kompresi | 12 : 1 |
Diameter x Langkah | 60 x 55,5 mm |
Kapasitas Mesin | 156,9 cc |
Tenaga Maksimal | 16 PS / 8.500 rpm |
Torsi Maksimal | 14,7 Nm / 6.500 rpm |
Transmisi | CVT |
Rangka & Kaki-Kaki | |
Tipe Rangka | Double Cradle |
Suspensi Depan | Teleskopik |
Suspensi Belakang | Ganda |
Rem Depan | Cakram |
Rem Belakang | Cakram |
Ban Depan | 110/70-14 |
Ban Belakang | 130/70-13 |
Harga | |
CBS | Rp 33,750 juta |
ABS | Rp 37,350 juta |
ABS-RoadSync | Rp 40,350 juta |