Ditandai dengan posisi kaki pengendara yang bisa diluruskan dan dikombinasi dengan setang tinggi, dengan begitu posisi lengan terasa santai begitu pun dengan kaki.
NMax juga memiliki desain jok yang lebar sehingga bisa mengakomodir bokong pengendara maupun pembonceng dengan baik selama perjalanan.
Sehingga bisa dikatakan kalau NMax old ini bisa menjadi langkah awal bagi mereka yang punya dana kurang dari Rp 20 juta tapi ingin mendapatkan sensasi berkendara nyaman.
Fungsional
Karena dimensinya yang cukup panjang, maka membuat NMax old ini tentu saja cukup fungsional karena memiliki ruang penyimpanan lebih banyak.
Misal di bagian depan terdapat laci di sisi kiri yang cukup dalam sehingga bisa digunakan untuk menyimpan botol air minum berkapasitas sedang juga barang lainnya.
Namun sayangnya memang kantung di sisi kanan justru sangat dangkal, hanya bisa menaruh koin itu pun rawan terpental kalau melewati jalur tidak rata.
Ruang penyimpanan lebih luas tentu berada di bawah joknya, ruang bagasi dengan kapasitas 23 liter ini mampu menyimpan sebuah helm fullface dengan posisi terbalik.
Perjalanan semakin menyenangkan karena di tengah terdapat tangki bensin dengan kapasitas 6,6 liter.
Dengan begitu tidak perlu sering mengisi bensin, sangat berguna terutama ketika sedang melakukan perjalanan jauh.
Mesin Yamaha NMax Old
Yang tidak ketinggalan dari NMax ini sehingga cukup menggoda untuk dipinang tentu saja mesinnya.
Karena sudah dibekali dengan mesin 155 cc, SOHC 4 katup dengan VVA, fuel injection, pendingin cairan, Blue Core.
Ini jadi mesin VVA pertama (Variable Valve Actuation) yang dijual Yamaha, fitur ini membuat tenaga mesin lebih linear.
Bisa diajak berkendara dengan efisien sebelum VVA aktif, bisa juga diajak responsif dengan menjaga rpm di putaran tinggi agar VVA tetap aktif.
Kesimpulan
Meski sudah berusia hampir 10 tahun, nyatanya peminat motor ini memang masih tinggi, meski sudah masuk generasi ketiga.
Banyak yang lebih menyukai desain generasi pertama ini ketimbang generasi kedua, yang punya bentuk cenderung membulat.
Dengan desain yang lebih mengotak, aura sporty dari motor ini juga tetap terlihat. Terbukti masih banyak dipakai anak-anak muda dan pria dewasa untuk beraktifitas.
Tapi tentu ada beberapa hal yang patut diperhatikan untuk membeli unit bekasnya, misal surat-surat, kondisi mesin dan rangka juga bodi-bodinya.
Ramainya pengguna motor ini juga berdampak pada ketersediaan suku cadang serta komponen penambah stamina mesin.
Mulai menjadi jurnalis otomotif & test rider sejak tahun 2015, ketertarikan terhadap dunia otomotif terutama sepeda motor jadi pemicunya. Berkendara, touring, hingga balap sepeda motor menjadi hal yang melekat dan dilakukan sampai saat ini.
Facebook: Fariz Ibrahim
Instagram: @farizibrahim17