MV Agusta F4 adalah motor sport empat silinder yang dibuat oleh MV Agusta dari tahun 1999 hingga 2018. Motor ini diciptakan oleh desainer sepeda motor Massimo Tamburini di CRC (Cagiva Research Center), F4 memiliki swingarm satu sisi, garpu depan berdiameter besar (49 atau 50 mm (1.9 atau 2.0 in)) dan corak merah dan perak tradisional MV Agusta.
Sebagai sorotan motor sport kelas berat dari MV Agusta, MV Agusta F4 menciptakan energi dan torsi besar sebagai pesaing dalam kategori motor sport super dan didesain sedemikian rupa sehingga bisa memberikan konfrontasi pada motor-motor sport high-end lainnya. MV Agusta model F4 merupakan salah satu produk pabrikan sepeda motor asal Italia ini cukup digemari masyarakat.
Selain itu, Mesin MV Agusta F4 berasal dari mesin Formula Satu Ferrari 1990-1992 dengan liquid cooled inline, empat silinder empat langkah yang dipasang di rangka dengan dua overhead camshafts (DOHC), 16 katup 'radial', injeksi bahan bakarnya pun sebagai multipoint elektronik, dan pengapian elektronik pelepasan induksinya untuk perpindahan mesin 749,5 cc, 998 cc , dan 1.078 cc. Untuk harganya sendiri, motor ini dipatok sekitar Rp 589,73 - Rp 998 Jutaan.
Dimensi | ||
---|---|---|
Kategori | Super Sport | |
Kapasitas tempat duduk | 1 | |
Lebar | 750 mm | |
Tinggi Kursi | 830 mm | |
Jarak Bebas ke Tanah | 115 mm | |
Panjangnya | 2115 mm | |
Sumbu Roda | 1430 mm | |
Dry Weight | 190 kg |
Mesin | ||
---|---|---|
Displacement | 998 cc | |
Daya Maksimum | 201 hp | |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar (liter) | 17 L | |
Sistem pendingin | Berpendingin Cairan | |
Jenis Kopling | Basah, Banyak Pelat | |
Jenis Drive | Drive Rantai | |
Torsi Maksimum | 111 Nm | |
Jumlah Stroke | 4 stroke | |
Bore X Stroke | 79 mm x 50,9 mm | |
Katup Per Silinder | 4 | |
Konfigurasi Katup | DOHC | |
Jumlah Silinder | 4 | |
Jenis mesin | 4-Silinder, 4-Langkah, 16-Katup, Berpendingin Cairan, DOHC | |
Rasio kompresi | 13.4: 1 | |
Pipa Knalpot | 4 dalam 4 Knalpot | |
RPM pada Daya Maksimum | 13400 rpm | |
RPM pada Torsi Maksimum | 9600 rpm |
Roda & Ban | ||
---|---|---|
Ukuran Roda Depan | R17 | |
Ukuran Roda Belakang | R17 | |
Ban Belakang | 200/55 R17 | |
Jenis Ban | Runflat | |
Ban Depan | 120/70 R17 |
Sebagai motor sport kelas berat yang berukuran 2115 mm x 750 mm x 830 mm ( P x L x T) dan memiliki ground clearance sebesar 115 mm, Dari tampilan depannya, motor MV Agusta F4 ini juga sudah memiliki lampu yang berbentuk seperti berlian yang dipatenkan oleh perusahaan ini, dan terpasang dengan indah dan tampak cantik di atas fairing depan untuk lebih memberikan kesan sentuhan sporty.
Selain itu, tangki bahan bakar dan fairing samping yang dimiliki motor ini juga meningkatkan ketangguhannya dan membuatnya kian nampak aerodinamis. Komponen belakangnya pun juga adalah bagian yang terbaik karena empat buah knalpot yang terpasang dengan cukup bagus.
Frame F4 RR sendiri terdiri dari dua elemen yang berbeda untuk menawarkan keunggulan produknya. Bagian utama framenya terbuat dari paduan baja tabung CrMo dan cor aluminium yang membentuk struktur yang nampak kokoh dan gagah.
Sebenarnya fungsi dari frame ini untuk lebih mengoptimalkan dalam mengurangi berat badan tanpa menghilangkan kekokohan pada motor ini. Selain itu, Identitas F4 dengan desain baru dan fitur khas yang ada pada model ini telah memenangkan banyak penghargaan akan keindahan desainnya.
MV Agusta F4 sudah dilengkapi dengan kontrol sasis dan kontrol mesin dengan sistem Ride-By-Wire, suspensi elektroniknya juga bermerek Ohlins serta frame titanium dengan spesifikasi GP.
Kemudian teknologi unik dan komprehensif F4 RR ini diperluas ke versi F4 R dan F4 untuk berbagi inovasi estetika dan fungsionalnya tersebut. Selain itu, akselerasi, dan drifting motor MV Agusta F4 juga sangat baik, dan handlingnya pun terasa lebih ringan, terutama pada saat cornering.
Berbicara mengenai fitur sistem pengeremannya, motor MV Agusta F4 ini sudah dilengkapi dengan adanya rem cakram dengan floating disc ganda yang memiliki ukuran 320 mm dengan cakram baja dan pinggiran roda almunium pada bagian depannya, dan juga adanya cakram baja tunggal 210 mm untuk rem belakang.
Untuk bagian rem depannya sendiri dipercayakan pada kaliper Brembo dengan empat piston, dan untuk bagian rem belakangnya menggunakan merk Nissin dengan empat piston untuk lebih meningkatkan performa kualitas pengereman yang lebih baik.
Selain itu, MV Agusta F4 sudah dilengkapi dengan adanya garpu hidrolik terbalik Marzocchi pada sisi bagian depan dan peredam kejut tunggal Progressive Sachs pada bagian belakangnya, dan motor ini juga dilengkapi dengan ban yang memiliki ukuran 120/70 – ZR 17 M/C pada roda depannya dan 200/55 – ZR 17 M/C untuk di bagian roda belakang, yang mana itu berfungsi untuk memberikan rasa merekat, dan gesit bagi pengendaranya saat berkendara dijalanan.
Untuk bagian mesinnya, perakitan F4 sepenuhnya ditangani oleh teknisi ahli, dengan pemilihan dan pengukuran dari segala komponen yang ada untuk memastikan keseragaman dan kinerja maksimum sebagai standar produk MV Agusta. Sebenarnya mesin F4 menggunakan mesin empat tak yang memiliki kapasitas 998 cc dengan empat silinder dengan 6 katup bersistem timing DOHC dan dipadukan dengan transmisi enam percepatan.
Selain itu juga diperkuat piston berdiameter 79 mm dengan kombinasi stroke 50,9 mm, sehingga menghasilkan 14.000 RPM. Mesin ini mampu menghasilkan torsi maksimum 110,8 Nm, dan F4 juga bisa menempuh kecepatan optimal 291 kpj.
Dalam Mesin ini sudah dilengkapi dengan injeksi MVICS, throttle body full drive by wire, pengendali detonation dan misfire, kontrol traksi dan TSS (Torque Shift System). Sebagai penyalur bahan bakar yang menggunakan throttle body Mikuni yang berukuran 50mm sudah dilengkapi dengan adanya fitur variable-length intake tract Torque Shift System (TSS) yang sudah terpasang pada bawah tangki BBM
MV Agusta F4 dilengkapi fitur keselamatan yang mencakup Pass Switch, Traction Control, ABS, Engine Check Warning and Normal, dan Rain Riding Modes. Selain itu, Headlamp motor ini diapit dua paduan cahaya khas yang berada pada spoiler paling depan untuk menjadikannya sebegai elemen khas pada siang maupun malam hari, dan juga membantu untuk meningkatkan keselamatan saat berkendara di malam hari.
Motor ini juga sudah dilengkapi dengan adanya perangkat ABS 9-Plus buatan Bosch dengan fitur rear-wheel lift-up mitigation (RLM) dan “Race mode” yang berfungsi menghindari terjadinya spin roda belakang ketika penurunan gigi transmisi, dan fitur variable-length intake tract Torque Shift System (TSS) yang terpasang di bawah tangki BBM tersebut memegang peranan paling penting pada mesin untuk mengatur throttle response, throttle sensitivity, engine braking, dan juga pengaturan torque dan speed limiter melalui ride-by-wire control system.
1. Memiliki desain yang menawan dan sporty
2. Performa mesin yang sangat bagus
3. Fitur cukup lengkap dan canggih
4. Sistem pengerman yang sangat bagus
1. Harganya sangat mahal
Teknologi yang diusung F4 RR memang semakin canggih dengan menigkatkan berbagai keunggulan teknis dengan menawarkan performa motor secara maksimal, baik itu dalam segi desain yang nampak terlihat kokoh dan menawan ataupun performa mesin yang mumpuni dengan disematkan berbagai fitur unggulannya dalam meningkatkan kualitas performa motor untuk mencapai kepuasan konsumennya.
Meskipun harganya cukup mahal lantaran terkena pajak barang mewah sangat tinggi di Indonesia, tapi jika kita lihat dari segala sisi yang ditawarkan motor ini, itu tampak sebanding dengan harganya.