KLX230 hadir dengan diameter roda 21-18 dan ban IRC Trails GP yang bekerja dengan baik di trotoar, tetapi pengendara yang lebih maju kemungkinan ingin meningkatkan ke sesuatu yang lebih ramah tanah. Rem cakram (depan dan belakang) sangat kuat yang seharusnya membangkitkan kepercayaan diri pengendara baru baik di jalan setapak maupun di lalu lintas tersibuk.
Remnya mirip dengan yang ada pada XT250 dan CRF250 tetapi meninggalkan DR200 dengan rem tromolnya. Di jalan setapak, sepeda ini luar biasa. Dengan ground clearance 10,4, travel suspensi 8,7 ″ (depan) dan suspensi belakang 8,8 Uni-Trak, 230.
Selain itu dapat mengatur shock belakang untuk preload, suspensi sebaliknya tidak dapat diatur yang akan menjadi pengurang bagi beberapa pengendara yang lebih besar. Dengan berat sekitar 291 pound, motor ini tidak terlalu ringan, tetapi tepat dalam kisaran motor serupa, hampir sama dengan XT250 dan lebih ringan 30 pound dari CRF250L. Dengan pusat gravitasi yang rendah dan ergonomis yang ramping, 230 memiliki rasa yang ringan baik di jalan maupun di tanah. Tangki stok dua galon membatasi kisaran tetapi harus cukup untuk sebagian besar perjalanan.
Soal harga, Kawasaki membanderol KLX 230 dengan harga yang cukup terjangkau. Motor ini juga tersedia dalam dua tipe, yaitu: tipe standar dan tipe spesial edition. Perbedaan antara keduanya adalah hanya terletak pada warna body, warna velg, dan penambahan beberapa aksesoris yang menjadikan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition satu tingkat lebih mahal. Untuk harga tipe standar mencapai sekitar Rp. 42.5 Juta dan harga Kawasaki KLX 230 Spesial Edition (SE) mencapai sekitar Rp. 44.9 Juta.
Kawasaki KLX230 2020 berfokus pada pengendara perkotaan yang menyukai gaya dual-sport, atau benar-benar ingin memperluas cakrawala mereka dengan menyertakan sepeda motor di luar jalan aspal. Dengan berat di bawah 300 pound dengan tangki bahan bakar dua galon terisi, KLX230 adalah sepeda motor keliling kota yang sangat baik. Dengan start elektrik dan EFI, motor ini siap dikendarai dalam hitungan detik, dan hanya ketinggian jok 34,8 inci yang akan memberikan jeda sama sekali bagi pengendara baru. Kawasaki juga memasukkan desain KX yang terlihat pada jok dengan flat style design. Ini digunakan untuk memberikan kebebasan bergerak saat berkendara serta jok lebar untuk kenyamanan dalam berkendara.
Selain itu, Kawasaki juga menyediakan aksesori untuk motor ini seperti skid plate, cover frame, cover hand, fat type handlebar, handlebar pad, pelek berwarna gelap, pengunci helm, dan rear carrier. Lampunya belum menggunakan LED dan masih memakai bohlam helogen standar. Lampu sein dan lampu belakang juga masih menggunakan bohlam standar. Namun, untuk Desain Kawasaki KLX 230 Spesial Edition agak terlihat berbeda karena dilengkapi Engine Cover, Hand Guard dan velg berwarna Hitam. Selain itu, Kawasaki membalutnya dengan pilihan grafis yang tampak lebih sporty dengan pilihan warna Oriental Blue dan Firecracker Red, tapi untuk tipe standar memiliki velg berwarna silver dengan balutan body berwarna Lime Green serta Ebony Black.
Suspensi empuk menjadikan KLX230 sebagai motor komuter dan perkotaan yang ramah. Kedua ujungnya lembut dan tidak bisa disetel (simpan preload pegas wajib untuk kejutan bantuan linkage). Bahkan dengan redaman cahaya dan pegas, Anda akan kesulitan menemukan lubang yang akan mengganggu suspensi KLX230. Saat Anda menemukan ketidakberesan di jalan kota yang terlantar, Anda akan tahu bahwa mereka ada di sana, tetapi mereka tidak akan mengganggu perjalanan.
Dengan jarak tempuh hampir sembilan inci di kedua ujungnya, KLX230 memiliki suspensi lebih dari yang dibutuhkan untuk berkendara di jalan raya. Anda dapat berkendara dengan bebas, dan melewati trotoar jika perlu untuk melewati lalu lintas dan handlingnya pun cukup lincah. Aspek lain dari motor ini, elektronik membuatnya tetap sederhana. Layar LCD serba digital yang mudah dibaca hanya menampilkan apa yang diperlukan: speedometer, odometer, pengukur bahan bakar, jam dan lampu indikator. Meskipun penampilannya bersifat siklopik, Kawasaki jelas mengutamakan keselamatan dengan lampu depan besar 230.
Kawasaki KLX230 mengusung mesin 233 cc satu silinder SOHC berpendingin udara yang dipasangkan dengan transmisi enam percepatan. Mesin ini menghasilkan tenaga 19 ps pada 7.600 rpm dan torsi 19,8 Nm pada 6.100 rpm. Transisi dari jalan tanah ke jalan raya dicapai dengan mulus dengan mesin enam kecepatan, injeksi bahan bakar, yang memiliki torsi rendah hingga menengah, menawarkan penyaluran tenaga yang mulus kepada pengendara. Mesin ini memberikan torsi dengan rentang low-mid yang kuat dan sistem injeksi bahan bakarnya menghasilkan respons yang mudah diatur. Motor ini menangani 65 + mph di trotoar dengan mudah.
Mesinnya berpendingin udara, tidak seperti saudaranya yang lebih besar, KLX250, yang tentu saja membutuhkan perawatan yang lebih sedikit. Pergeseran sangat mudah, dan sepeda tidak pernah berhenti di tanjakan bukit atau di bagian jalan setapak yang lebih teknis. Motor dua katup berpendingin udara memiliki cukup suara untuk melakukan pertempuran di dalam kota. Meskipun 233cc tidak banyak, terutama dengan mesin putaran rendah dasar, tenaga terkonsentrasi pada bagian bawah dan tengah powerband. Kawasaki KLX230 bahkan dapat digunakan untuk beberapa jalan bebas hambatan, meskipun Anda ingin membuatnya tetap pendek dan mencari batas kecepatan 55 mph, bahkan dengan transmisi enam kecepatan yang sempurna. Ya, KLX230 akan melebihi batas kecepatan sederhana itu.
Sektor pengereman motor ini telah terpasang rem cakram bergelombang pada roda depan memiliki diameter 240 mm dengan dua piston kaliper serta dilengkapi ban berukuran 2.75-21 45P. Sedangkan untuk bagian belakang memakai rem cakram 220 mm dengan single piston kaliper serta ban 4.10-18 59P. Motor ini suspensi depan teleskopiknya memiliki panjang hingga 220 mm yang dipadukan dengan rem cakram berdiameter 240 mm dengan desain bergelombang (Wave Disk) dan untuk bagian belakangnya memakai suspensi Uni Trak Swingarm yang dipadukan dengan satu buah shockbreaker (monoshock) yang memiliki panjang 223 mm. Sistem pengereman KLX 230 yang di Indonesia belum dilengkapi teknologi ABS (Anti-Lock Breaking System).
1. Sasis berbobot ringan membuatnya nyaman untuk dikendarai
2. Titik harga yang bagus untuk dual sport kapasitas rendah yang dimodernisasi
3. Desain mesin dengan torsi low-mid range sangat halus
4. Low maintenance
5. Mesinnya sudah mendukung teknologi Injeks
6. Memakai suspensi belakang Uni Track dan Monoshock yang dijamin empuk dan nyaman
7. Dibekai diameter ban lebih besar dan ground clerance yang pas, sehingga semakin optimal dalam melibas medan off-road
1. Tidak dapat disesuaikan untuk kustomisasi pengendara
2. Belum dilengkapi sistem pengereman ABS
3. Belum dilengkapi suspensi depan Upside Down
4. Semua lampunya belum menggunakan teknologi LED, karena masih memakai bohlam standar
KLX230 memiliki performa handling dan mesinnya yang cukup untuk membuat pengendara baru melaju tanpa ada hambatan. Dengan spesifikasi yang diusungnya, dan bagi kalian yang pecinta off-road, motor ini memang cocok untuk dimiliki, terlebih harga Kawasaki KLX 230 cukup terjangkau dan menawarkan kenyamanan berkendara saat melibas berbagai medan jalan.