Kawasaki KLX 230 2021, Dual Purpose Paling Bijak Diantara Versi 150 cc dan 250 cc

Indonesia menjadi negara pertama yang meluncurkan Kawasaki KLX 230, tepatnya Mei 2019. Maklum lantaran sang produk memanglah buatan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI). Sama seperti kedua saudaranya di KLX Series, Kawasaki KLX 230 2021 dirancang sebagai tunggangan dua alam.

Itu kenapa ban yang dipilih adalah dual purpose. Artinya, tetap akomodatif untuk penggunaan di jalan aspal maupun tanah (offroad). Sementara untuk mendukung penggunaan di medan lebih berat, diterjemahkan lewat rancangan kaki-kaki jenjang.

Kehadiran Kawasaki KLX 230 pun tak semata melengkapi jajaran motor tualang jenama geng hijau. Motor buatan Tanah Air pun nyatanya menjadi konsumsi pasar global.

Teruntuk Indonesia sendiri, keberadaannya menjembatani untuk pecinta garuk tanah yang ingin naik kelas dari KLX 150. Namun, tak mau kepalang terbebani dengan memilih KLX 250. Pasalnya, tak sedikit anggapan mengenai liarnya output unit seperempat liter itu. 

Kawasaki KLX 230 2021 pilihan menarik pecinta garuk tanah

Dengan mesin injeksi 233 cc, keluaran daya serta momen puntir Kawasaki KLX 230 2021 tak terlampau buas. Bukan berarti tak memadai. Wajar karena ada gap antara kubikasi jantung mekanik empat tak miliknya dengan Kawasaki KLX 250 2021. Menariknya, model ini ditawarkan dengan banderol lebih bersahabat.

Pada katalog terbaru pabrikan, harga Kawasaki KLX 230 2021 adalah Rp 43,3 juta berstatus on the road Jakarta. Bukan cuma model standar, KMI pun menyediakan versi Kawasaki KLX 230 SE 2021 yang dilepas Rp 45,8 juta. Perbedaan keduanya tidak banyak, di mana tipe basic menyediakan kelir hitam dan hijau. Sementara varian special edition ditawarkan dalam pilihan biru dan merah. Namun, tipe ini telah dilengkapi dengan setang fatbar, hand guard hingga engine cover. 

Detail Kawasaki KLX 230 2021

Secara dimensi KLX 230 cukup moderat untuk postur orang Indonesia. Ukuran totalnya adalah 2.105 x 835 x 1.165 mm (P x L x T). Selain feedback soal output, ukuran tubuhnya masih lebih bersahabat daripada Kawasaki KLX 250 yang punya kombinasi panjang, lebar dan tinggi 2.200 x 820 x 1.190 mm. Jarak terendah ke tanah hanya 265 mm dan untuk bobot total cuma 132 kg. 

Mesin SOHC satu silinder dengan sistem pengabutan bahan bakar injeksi menjadi bekal utama KLX 230 2021. Kubikasi 233 cc dengan padu padan bore x stroke: 67 x 66 mm, berpendingin udara serta rasio kompresi 9,4:1, membuatnya sanggup melontarkan tenaga maksimal 18,7 Hp di 7.500 rpm. Sedang untuk torsi tercatat adalah 19,8 Nm pada putaran 6.100 rpm. Pencapaian hasil translasi transmisi enam percapatan ini tak ada bedanya, baik pada tipe KLX 230 Standar maupun SE. 

Jenis Mesin

SOHC, 4-tak satu silinder

Kubikasi

233 cc

Sistem pengabutan bensin

Injeksi

Bore x stroke

67 x 66 mm

Rasio Kompresi

9,4:1

Tenaga Maksimal

18,7 Hp @7.500 rpm

Torsi Maksimal

19,8 Nm @6.100 rpm

Transmisi

Enam percepatan

Begitu pula soal konstruksi. KLX 230 dibangun atas dasar sasis model tubular semi double cradle. Untuk catat, sematan demikian serupa kepunyaan KLX 250. Boleh dikatakan punya ketangguhan selevel saat dikendalikan. Sayangnya, struktur kaki-kaki KLX 230 utamanya depan masih berupa teleskopik (diameter 37 mm).

Untung peredam kejut tunggal tipe swing-arm unitrack-nya sudah punya fitur penyetelan preload. Lantas mengenai sistem pengereman, cukup bermodalkan lingkar cakram 240 mm dan 220 mm (depan-belakang). Keduanya mengawal laju kedua roda berukuran 2.75-21 dan 4.10-18 inci. 

Dua varian utama Kawasaki KLX 230 2021

Fitur lain yang dapat diunggulkan darinya ialah penggunaan panel meter full digital. Meski ada sedikit hal minor dari sektor pencahayaan. Seluruh penerangan baik lampu utama, sein hingga rem masih memakai jenis bohlam konvensional. Tapi, bukankah hal itu sudah memadai? Kalau pun ingin membuatnya lebih kekinian, tinggal ganti saja dengan lampu LED. 

Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki KLX 230 2021

Memang, secara dimensi KLX 230 sedikit lebih kecil dari KLX 250. Tapi ketinggian jok 885 mm dengan ground clearance 265 mm yang diciptakan, jelas butuh adaptasi lebih untuk Anda yang berencana naik kelas dari Kawasaki KLX 150 2021. Termasuk pula soal postur lebih besar ketimbang KLX terkecil.

Tapi intimidasi yang ditunjukkan KLX 230 hanyalah di awal. Pasalnya, pengendalian terhadapnya jauh dari ekspektasi. Kombinasi bobot tak terlalu berat serta performa tergolong lembut, membuat pengendara punya waktu cukup untuk merasakan setiap keluaran momen puntir maupun daya. 

Kawasaki KLX 230 2021 moderat untuk penggunaan onroad dan offroad

Alasan Kawasaki KLX 2021 Layak Beli: 

1. Dengan dimensi serta kombinasi pengendaraan tersebut, KLX 230 ideal untuk penggunaan di rute on/offroad. Penunggangnya tak perlu khawatir melibas jalan aspal yang tidak rata. Pun dengan medan tanah bahkan berbatu lantaran punya peredam kejut 37 mm bertravel 220 mm dan unitrack dengan jarak main 223 mm (depan-belakang). 

Dimensi

2,105 x 835 x 1,165 mm

Tinggi jok

885 mm

Jarak terendah ke tanah

265 mm

Jarak poros roda

1,380 mm

Berat

132 kg

Suspensi depan

Teleskopik

Suspensi belakang

Monoshock unitrak

Kapasitas bensin

7,5 liter

Roda depan

2.75-21 inci

Roda belakang

4.10-18 inci

Rem depan

240 mm petal disc

Rem belakang

220 mm petal disc

2. Seperti pula sang adik (KLX 150), KLX 230 menyediakan varian untuk dipilih. Tak cuma versi standar dan SE (special edition), PT KMI juga meniagakan pula Kawasaki KLX 230R 2021. Ihwal performa lebih besar yaitu 19,5 Hp @8.000 rpm serta torsi puncak 20,6 Nm @6.000 rpm. Bobotnya juga tereduksi banyak dari model KLX 230 - Bobot keringnya cuma 115 kg.

Hanya saja, tipe ini merupakan peruntukkan kompetisi. Jangan harap menemukan perangkat penerangan. Lalu, ada sedikit revisi pada struktur. Ground clarance dibuat untuknya 300 mm. Kemudian pengurangan tangki bahan bakar dari 7,5 liter menjadi 6,6 liter. Meliputi juga spesifikasi suspensi hingga lingkar disc brake. Harga KLX 230R 2021 saat ini ditetapkan Rp 49,3 juta, berselisih Rp 6 juta dari tipe paling bawah KLX 230. 

3. KLX 230 dipatok bersahabat daripada KLX 250. Selisih performa di atas harusnya bukan jadi permasalahan krusial. Terlebih saat menilik perbandingan harga keduanya.  Bayangkan, KLX 250 2021 saat ini dilego Rp 65,1 juta (on the road Jakarta). Sementara KLX 230 masih direntang Rp 40 jutaan saja. Termasuk jika Anda memilih KLX 230 spek kompetisi. 

Kawasaki KLX 230 2021 Belum Tentu Layak Beli:

1. Tentang pembahasan ini tentulah berkaitan dengan budget. Untuk Anda yang sebelumnya menggunakan motor 150 cc, perlu merogoh kantong lebih dalam. Jika dilihat dari harga jual KLX 150 L 2021 yang dijual mulai Rp 32,6 juta misalnya, terpaut cukup jauh jika ingin membeli KLX 230. 

Struktur rancang bangun Kawasaki KLX 230 2021

2. Kapasitas mesin yang digendongnya, 230 cc memang unik. Beberapa konsumen beranggapan keberadaanya sebagai solusi untuk mencari pilihan hemat ketimbang membeli trail 250 cc. Namun untuk yang lain justru kesulitan karena tak ada obyek pembanding sebagai rival KLX 230. 

3. Kita pun tahu motor dual purpose jua kerap kali mengalami perombakan konsep. Sebagai contoh mengubahnya dengan modifikasi bergaya supermoto. Umumnya pula fork depan sudah dilengkapi peredam tipe up-side down USD). Jika melihat bekalan KLX 230, maka perlu pengeluaran lebih besar untuk mewujudkan tema tersebut. 

Kesimpulan 

Pada dasarnya Kawasaki KLX 230 2021 layak menjadi saran lanjutan jika sudah tak mendapatkan tantangan dengan KLX 150. Namun perlu ditimbang kembali soal selisih yang mencapai Rp 11 jutaan untuk membeli KLX 230. Walau begitu, dengan nominal tersebut Anda sudah mendapatkan performa lebih impresif dari bekalan mesin SOHC satu silinder dua katupnya. 

Kawasaki KLX 230 2021 tak punya lawan selevel

Keberagaman yang disajikan KMI juga ada di KLX 230. Tinggal pilih, ingin varian standar berbanderol Rp 43,3 juta dengan opsi warna hijau dan hitam, atau KLX 230 SE 2021 yang diniagakan Rp 45,8 juta. Tipe ini lebih atraktif karena kelir bodi biru dan merah sudah berhias decal nan sporty. Atau bisa pula membidik KLX 230R seharga Rp 49,3 juta. Khusus untuknya hanya ada satu warna saja. Selamat menimbang!

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki KLX 230
Lihat