Lewat tayangan virtual, PT Astra Honda Motor (AHM) merilis All New Honda CBR150R 2021 hari Selasa (12/01/2021) ini. Motor tersebut merupakan sport 150 cc fairing yang menjadi salah satu andalan pabrikan sayap kepak tersebut dipasaran otomotif nasional.
Mengusung konsep Total Control seperti halnya keluarga CBR Series lainnya, motor ini pun berbenah menjadi lebih baik. Pabrikan menyebut, jika motor ini akan lebih lincah dan lebih mudah digunakan saat diperkotaan.
'Kami secara konsisten mengembangkan Total Control, yang berarti kemampuan untuk menikmati kenikmatan kendali sepenuhnya,' ujar Kikuo Yamazaki, Sub Large Project Leader Honda Motor Co.,Ltd Monozukuri Center.
Untuk mencapai tujuan tersebut, Honda membenamkan setidaknya dua buah fitur baru dan modern yang mempengaruhi pengendalian All New Honda CBR150R 2021 menjadi lebih baik. Padahal jika boleh mengakui, model sebelumnya pun sudah punya pengendalian yang lincah dan ringan.
All New Honda CBR150R 2021 ditawarkan dengan harga jual mulai dari Rp 35,9 juta dan termahal kini tembus nominal Rp 40 juta, tepatnya Rp 40,8 juta untuk varian ABS. Lantas seperti apa spesifikasi dari motor ini?
Paling mencolok saat melihatnya pertama kali, seperti melihat sosok Honda CBR250RR. Tidak salah karena motor ini menggunakan garis desain yang sama, mulai dari tampilan depannya, lekuk bodinya sampai buritan pun sama persis.
Desain ini memang terlihat agresif dan banyak disukai konsumen Indonesia. Menurut tim desainer, bentuk seperti ini memberikan kesan motor yang cepat dan kuat. Jika dilihat dari samping, posisi motor seperti membungkuk dan siap membelah udara.
Semuanya diperkuat dengan penggunaan lampu-lampu yang seluruhnya sudah LED, seperti lampu utama dengan kawalan lampu sein LED yang tepat di atasnya. Ya, lampu sein depan bukan model batang lagi, seperti halnya Honda CBR250RR 2021.
Garis bodi samping yang agresif dan berotot, semakin menegaskan kekuatan dari Honda CBR150R 2021. Pada bagian fairing ini, juga terdapat kisi-kisi untuk pendinginan mesin lebih maksimal, juga sebagai jalur keluar hawa panas mesin.
Bodi belakang sporty dan meruncing, punya tata letak yang tak terlalu meninggi. Sehingga dipercaya akan tetap nyaman dipakai berboncengan. Pada bagian ini pula terdapat lampu belakang model bertumpuk dan lampu sein LED seperti halnya Honda CBR250RR.
Terkait dimensi, All New CBR150R 2021 ini tak jauh berbeda dari model sebelumnya, karena selain bodi, bagian sasis dan kaki-kaki tak banyak berubah. Motor ini memiliki panjang 1.983 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.080 mm. Bandingkan dengan model lawas yang punya postur 1.983 x 694 x 1.077 mm (PxLxT).
Spesifikasi All New Honda CBR150R 2021 | |
P x L x T | 1.983 x 700 x 1.080 mm |
Sumbu Roda | 1.310 mm |
Jarak Terendah | 160 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 782 mm |
Berat Kosong | 137 kg dan 139 kg (ABS) |
Kapasitas Tangki | 12 liter |
Tipe Rangka | Diamond Frame |
Suspensi Depan | Upside Down Showa SFF-BP |
Supensi Belakang | Monosok |
Ban Depan | 100/80-17 |
Ban Belakang | 130/70-17 |
Rem Depan | Cakram, Kaliper 2 Piston |
Rem Belakang | Cakram, Kaliper 1 Piston |
Setidaknya ada dua komponen yang bisa mempengaruhi pengendalian dari All New Honda CBR150R 2021 ini. Pertama adalah suspensi depan kini berganti model menjadi upside down lansiran Showa tipe SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston), yang lagi-lagi tampilannya mirip kepunyaan Honda CBR250RR.
Suspensi depan model terbalik ini memiliki diameter as 37 mm dengan ukuran piston yang besar. Sementara model terdahulu, menggunakan peredam kejut tipe teleskopik, yang diberikan setelan kekerasan.
Meski suspensi baru ini tak memiliki setelan, karakter tipe upside down memang akan lebih kaku. Pihak pabrikan mengklaim pengendalian motor akan lebih stabil namun tetap lincah.
Kedua adalah Assist & Slipper Clutch, yang membuat handel kopling lebih ringan dioperasikan. Fitur ini juga mereduksi efek engine brake berlebih saat melakukan shifting gigi transmisi terlalu cepat, sehingga roda belakang tak sampai mengunci. Motor pun jadi lebih mudah dikendalikan.
Lainnya adalah pada varian teratas sudah dijejali rem berteknologi ABS (Anti-lock Braking System) pada kedua roda yang mencegah roda terkunci saat pengereman mendadak. Fitur ini terintegrasi dengan Emergency Stop Signal (ESS).
ESS sebelumnya lebih banyak digunakan pada motor bermesin besar, yang akan otomatis mengaktifkan lampu hazard ketika melakukan pengereman mendadak, sebagai peringatan untuk pengendara lain, untuk mencegah tabrak belakang.
Selain dilengkapi dengan Assist & Slipper Clutch, praktis tak ada perubahan signifikan pada sektor jantung mekanis dari All New Honda CBR150R 2021. Mesinnya 150 cc, DOHC 4 katup, pendingin cairan dan injeksi bahan bakar.
Membandingkan dapur pacu dengan generasi sebelumnya tak ada perbedaan, baik dari ukuran piston, langkah piston, rasio kompresi masih identik. Mesin ini mampu mengeluarkan tenaga maksimal hingga 16,9 Hp pada 9.000 rpm, dan torsi puncak mencapai 14,4 Nm di 7.000 rpm.
Maka tak ada perubahan dari klaim performa yang ditawarkan. AHM mengklaim, jantung pacu ini sanggup membawa All New Honda CBR150R 2021 melaju dari 0-200 meter hanya dengan 10,6 detik, dan kecepatan maksimal mencapai 127 km/jam.
'Perubahan performa pada bagian intake (jalur masuk udara) dan juga desain knalpot yang baru untuk memberikan suara, juga meningkatkan efisiensi bahan bakar,' ujar Yamazaki dalam presentasinya.
Untuk sektor mesin Honda hanya memberikan sentuhan minor. Mesin ini sendiri dikenal responsif dan hemat bahan bakar. Barangkali itu alasannya mesin yang sama masih digunakan.
Spesifikasi Mesin All New Honda CBR150R 2021 | |
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan |
Kapasitas Mesin | 149,16 cc |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,8 mm |
Rasio Kompresi | 11,3 : 1 |
Tenaga Maksimum | 16,9 Hp @ 9.000 rpm |
Torsi Maksimum | 14,4 Nm @ 7.000 rpm |
Transmisi | Manual 6 speed |
Tipe Starter | Electric starter |
Kapasitas Oli Mesin | 1,1 liter |
AHM menawarkan All New Honda CBR150R 2021 dalam dua pilihan varian, yakni Standard dan ABS. Pilihan warna yang ditawarkan beragam dan menarik, termasuk kehadiran Honda Racing Red dan MotoGP Edition dengan livery Repsol Honda.
Dengan penambahan fitur baru yakni Assist & Slipper Clutch juga suspensi upside down, Honda CBR150R semakin setara dengan kompetitor segmen sport 150 cc fairing yakni Yamaha YZF-R15 dan Suzuki GSX-R150.
Harga All New Honda CBR150R 2021 | |
Honda CBR150R-Non ABS | Rp 35,9 juta |
Honda CBR150R-Non ABS Honda Racing Red | Rp 36,6 juta |
Honda CBR150R-ABS | Rp 39,9 juta |
Honda CBR150R-ABS Honda Racing Red | Rp 40,6 juta |
Honda CBR150R-ABS MotoGP Edition | Rp 40,8 juta |