Honda CBR150R 2024 Dipoles Lebih Agresif, Harga Tembus Rp 43 Juta!

Warna baru Honda CBR150R.
  • Warna Tricolor kini tersedia tipe non ABS.
  • Ubahan stripe bodi kuatkan kesan agresif.
  • Harga tertinggi tembus Rp 43 jutaan.

PT Astra Honda Motor (AHM) memoles tampilan motor sport andalannya, yakni Honda CBR150R.

Motor ini terakhir mendapat update warna pada November 2022 lalu, untuk mode lyear 2023.

Sosoknya tampil lebih agresif dengan perubahan stripe bodi bergaya speedy yang identik dengan motor tersebut.

Motor sport Honda dengan konsep Total Control ini pun memberikan perubahan spesial pada varian warna Dominator Matte Black (tipe ABS dan non ABS).

Perubahan tersebut disajikan melalui balutan stripe warna gold di atas warna hitam pada setiap lekukan bodi. 

Selain penyematan stripe baru, AHM juga menghadirkan warna baru Honda Tricolor pada tipe non ABS.

Sehingga memberikan pilihan yang lebih beragam bagi pencinta motor sport fairing 150cc di Indonesia.

Ini merupakan langkah positif, karena biasanya warna khas tersebut tersedia untuk varian teratas saja.

Baca juga : Timang-Timang Honda CBR150R 2022 atau Yamaha R15 Connected 2022, Mau Pilih Mana?

Thomas Wijaya yang kala itu menjabat sebagai Direktur Marketing AHM mengatakan, penyegaran pilihan warna menjadi salah satu upaya menjawab keinginan konsumen.

Honda Tricolor ABS jadi yang paling mahal.

Tentunya untuk menghadirkan motor sport fairing bergaya Big Bike, dengan fitur canggih dan mudah dikendalikan untuk berkendara sehari-hari.

Perubahan pada Honda CBR150R juga disebut akan membuat pengendaranya tampil semakin percaya diri.

"Handling yang lincah dengan performa mesin yang mumpuni di kelasnya memberikan kenyaman bagi para pencinta kecepatan," ujar Thomas pada keterangannya.

Kini pada pertengahan tahun 2024 ini, AHM memasarkan Honda CBR150R tipe Non-ABS warna Dominator Matte Black dan Victory Red Black seharga Rp 38,570 juta.

Sedangkan pilihan warna Honda Racing Red dan Honda Tricolor dijual dengan harga Rp 39,280 juta.

MotoGP Edition tersedia tipe ABS saja.

Sementara itu, tipe ABS warna Dominator Matte Black dan Victory Red Black dibanderol Rp 42,590 juta.

Serta corak Honda Tricolor dan MotoGP Edition tembus Rp 43, 300 juta. Harga On The Road wilayah DKI Jakarta. 

Baca juga : Seberapa Nyaman Honda CBR150R 2022 Dipakai Harian? Ini Jawabannya

Sekilas Spesifikasi Honda CBR150R 2024

Untuk sebuah motor sport, dimensi motor ini terhitung ramping, sehingga masih nyaman untuk bermanuver di perkotaan.

Panjang 1.983 mm, lebar 700 mm dan tinggi 1.077 mm. Sumbu rodanya 1.310 mm dengan jarak terendah 160 mm.

Setang upper yoke nyaman.

Tinggi joknya pun terhitung masih acceptable dengan 782 mm, untuk rider postur 172 cm masih bisa menapak nyaman, dengan jinjit sedikit.

Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 12 liter dan full kaleng, tanpa cover plastik.

Beratnya berada diangka 137 kg sampai 139 kg, jika kalian membeli yang tipe ABS (Anti-lock Braking System).

Motor ini menawarkan kenyamanan untuk digunakan harian. Ya sosoknya memang menawarkan kenyamanan lebih baik, salah satunya karena peletakan setang upper yoke, bukan under yoke.

Berkat posisi setang yang seperti ini, badan pengendara menjadi lebih tegap dan hanya sedikit merunduk.

Namun hal ini masih dirasa wajar dan tetap nyaman, punggung tak mudah cepat lelah kala berkendara cukup lama.

Nyaman untuk harian.

Suspensi depan upside down Showa SFF-BP (Separated Function Fork-Big Piston) jadi andalan.

Karakter redamannya cenderung empuk, nyaman untuk melibas garis kejut, sayangnya tanpa ada setelan.

Baca juga : Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya

Kemudian suspensi belakang monosok juga memiliki karakter redaman yang sama, tak ayal sering kali terasa mengayun.

Beda cerita jika memang diset untuk balap, tentu karakter suspensinya akan dibuat sedikit lebih kaku.

Spesifikasi mesin tentunya tak berubah, masih tetap 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan dengan injeksi bahan bakar PGM-FI.

Output tenaganya 17,1 PS @ 9.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm @ 7.000 rpm yang punya akselerasi cukup cepat.

Mesinnya asyik untuk stop & go.

Dari hasil pengetesan kami, untuk akselerasi dari diam sampai 60 km/jam, dibutuhkan waktu 4,49 detik.

Lalu untuk 0-80 km/jam mencatatkan waktu terbaik 7,71 detik. dan 0-100 km/jam motor sport ini mencatatkan waktu 12,91 detik.

Data Akselerasi Honda CBR150R 2024
0-60 km/jam 4,49 detik
0-80 km/jam 7,71 detik
0-100 km/jam 12,91 detik
60-100 km/jam 8,42 detik
0-100 m 7,37 detik
0-201 m 11,49 detik
0-402 m 18,41 detik
Topspeed Spidometer 136 km/jam
Topspeed Racebox 120,9 km/jam

Dan melihat top speed yang bisa dicapai, berdasarkan spidometer motor yang sudah digital, angka terbaik yang bisa ditorehkan yakni 136 km/jam.

Namun top speed terbaik berdasarkan Racebox, kecepatan tertinggi yang bisa dicapai yakni 120.9 km/jam.

Yup, ada deviasi antara kecepatan pada spidometer dan alat berbasis satelit, karena ini terkait dengan safety.

Desainnya persis Honda CBR250RR.

Seperti yang sudah disebutkan di atas, karakter mesinnya kuat pada putaran bawah sampai tengah.

Yang mana karakter mesin seperti ini cocok untuk berkendara harian, stop & go di kepadatan lalu lintas.

Tak perlu membuka gas besar untuk bisa membuat motor berakselerasi, dan berimbas pada efisiensi bahan bakar yang terhitung irit.

Dari hasil pengetesan kami, bisa menyentuh 43 km/liter berdasarkan angka pada panel meter digitalnya.

Tapi jika menggunakan metode pengukuran full to full, hasilnya adalah 41,7 km/liter dengan mengunakan BBM oktan 92.

Kesimpulan

Akselerasi kuat pada putaran bawah-tengah.

Tidak seperti kompetitornya yang fokus pada desain sporty dan posisi berkendara yang juga sporty, membuat motornya dipakai harian akan terasa melelahkan.

Honda memiliki cara yang berbeda dengan menawarkan posisi berkendara lebih nyaman, untuk harian, sehingga motor ini banyak juga dipakai pria dewasa.

Perkara performa mesin pun masuk kategori memuaskan untuk penggunaan harian, akselerasinya cepat dan konsumsi BBM terhitung irit.

Baca juga : Masih Ingat Honda CBR150R Generasi Pertama ini? Harganya mulai Rp9 Juta

Spesifikasi Honda CBR150R 2024
Dimensi
P x L x T 1.983 x 700 x 1.077 mm
Sumbu Roda 1.310 mm
Jarak Terendah 160 mm
Tinggi Jok 782 mm
Kapasitas Tangki 12 liter
Berat Isi 137 kg & 139 kg (ABS)
Mesin
Tipe 4-tak, DOHC 4 katup, Pendingin cairan
Kapasitas 149,16 cc
Diameter x Langkah 57,3 x 57,8 mm
Rasio Kompresi 11,3 : 1
Suplai Bahan Bakar Injeksi, PGM-FI
Transmisi Manual, 6 speed
Tenaga Maksimal 17,1 PS @ 9.000 rpm
Torsi Maksimal 14,4 Nm @ 7.000 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Diamond Frame
Suspensi Depan Upside down, Showa SFF-BP
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 100/80-17
Ban Belakang 130/70-17
Rem Depan Cakram
Rem Belakang Cakram
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Video Pendek Terkait

Perbandingan Motor Terkait

Mesin K0J irit bensin tapi tenaganya kurang mumpuni. Putaran tengah cenderung lemot. Honda BeAT sudah hadir di Indonesia sejak tahun 2008 dengan ciri yang khas, seperti motor yang ringan, desain sporty, ramping, akselerasi responsif, serta mudah dikendarai. Namun ketika masuk di tahun 2020 tepatnya pada generasi 5, BeAT mulai menggunakan kode mesin K0J sama seperti Genio juga Scoopy. Yang mana mesin ini punya karakter tenaga berbeda jika dibandingkan dengan generasi-generasi sebelumnya. Pengguna
Dimensi NMax lebih mudah digunakan di jalur perkotaan padat. Tenaga XMax 250 baru terasa nikmat ketika dipakai turing. Yamaha NMax “Turbo” terus menjadi perbincangan karena konsep marketingnnya yang unik. Menamai fitur barunya yaitu YECVT (Yamaha Electrical Continuously Variable Transmission) dengan “Turbo” Walaupun memang pada kata “Turbo” cukup jelas menggunakan tanda petik (“”) sehingga bukan berarti turbo yang sebenarnya. Mereka ingin memberitahukan kalau YECVT ini bisa memberikan rasa atau
Kerap tak peduli dengan ketinggian sorot lampu. Indikator high beam harus mati saat lalu lintas ramai. Setel ulang ketinggian sorot lampu depan. Motor-motor keluaran baru saat ini sudah dilengkapi dengan lampu berteknologi LED, terutama pada lampu depannya. Dengan teknologi tersebut, pancaran cahaya yang dihasilkan lebih stabil dan terang. Secara fungsi, untuk penggunaan dalam kota sudah jauh lebih dari cukup. Belum lagi secara estetika juga turut menunjang tampilan dari si motor. Tak cuma motor
Menggunakan lampu full LED, spidometer digital, hingga keyless. Mesin 150 cc dengan klaim tenaga dan torsi yang tidak terlalu besar. Momen pembukaan Pekan Raya Jakarta atau Jakarta Fair 2023 tahun lalu dimanfaatkan betul oleh PT Benelli Motor Indonesia (BMI), dengan merilis beragam produk, salah satunya Keeway Versilia 150i. Sebuah skuter matic yang punya desain klasik namun kental nuansa eropa yang menjadi ciri khas merek ini. Keeway sendiri sejatinya merupakan merek asal Hongaria yang juga dim
Viral Yamaha RX-King Rp 200 juta. Banyak menggunakan sparepart mahal. Harga kaum hobi. Viral Yamaha RX-King bekas terjual hingga Rp 200 juta, atau setara harga sebuah motor bermesin besar! Yup, motor satu itu kini menjadi sepeda motor legendaris yang banyak diburu para pecinta roda dua. Bahkan sudah beberapa kali viral informasi harga bekas motor ini yang setinggi langit, tapi ada yang mau menebus dengan harga tinggi. Dan foto yang viral terkini yakni dari pemilik akun @totalkings sekaligus beng

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 32,17 - 36,30 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR150R
Lihat