Meski performa tim Repsol Honda diajang balap MotoGP sejauh ini kurang gacor, namun tak menyurutkan PT Astra Honda Motor (AHM) untuk merilis Honda CBR150R MotoGP Edition.
Kehadiran motor dengan grafis spesial itu juga dipersiapkan untuk menyambut kehadiran gelaran MotoGP Mandalika yang akan berlangsung pada 13-15 Oktober 2023 mendatang.
Serupa dengan livery dari sepeda motor yang digunakan oleh Marc Marquez dan Joan Mir dari Repsol Honda di MotoGP, CBR150R edisi kejuaraan balap tertinggi di dunia ini hadir pada varian ABS.
Memiliki tampilan yang disukai pecinta kecepatan, motor sport berkonsep Total Control ini pun menyuguhkan kendali penuh yang menyenangkan sesuai keinginan pengendara untuk penggunaan sehari-hari di perkotaan.
Baca juga : Hanya Tersedia 800 Unit, Banderol Honda CBR150R Grafis Repsol Tembus Rp 45 Jutaan!
Marketing Director AHM, Octavianus Dwi mengatakan, kehadiran CBR150R MotoGP edition merupakan jawaban untuk pecinta sepeda motor sport Honda yang juga menyukai kompetisi balap MotoGP.
"Melalui momen ini kami hadirkan CBR150R MotoGP edition untuk pecinta sepeda motor sport Honda yang juga memiliki kecintaan terhadap kompetisi balap tertinggi dunia, MotoGP," ujar Octa dalam keterangan resminya.
Seperti yang telah dijelaskan di awal, Honda CBR150R MotoGP Edition ini hanya tersedia pada tipe ABS, yang mana dilepas Rp 42,110 juta on the road Jakarta, harga yang sama dengan warna Honda Tricolor.
Selain MotoGP Edition dan Honda Tricolor, pada tipe ABS juga tersedia opsi warna Dominator Matte Black dan Victory Red Black yang dibanderol Rp 41,4 juta.
Untuk tipe Non-ABS Honda CBR150R hadir dengan warna Dominator Matte Black dan Victory Red Black seharga Rp 37,283 juta. Sedangkan pilihan warna Honda Racing Red dan Honda Tricolor dijual dengan harga Rp 37,990 juta.
Pada generasi terakhir ini, Honda CBR150R mengadopsi desain Honda CBR250RR. Siluet bodi agresif dengan banyak sudut tajam, sedikit berotot namun terlihat ringan.
Bentuk lampu depan dan belakang pun dibuat mirip dengan sang kakak. Hanya saja ada dimensi bodi Honda CBR150R ini dibuat sedikit lebih kecil.
Motor ini juga menawarkan posisi berkendara yang nyaman dengan setang upperyoke, yang membuat badan pengendara lebih tegap.
Honda sendiri menyebutkan jika motor ini nyaman dipakai harian, salah satunya karena hadirnya fitur Assist & Slipper Clutch, yang akan meringankan pengoperasian tuas kopling.
Fungsi slipper pada rumah kopling, mampu menjaga roda belakang tak mengunci karena efek engine brake yang terlalu kuat.
Baca juga : Honda CBR150R 2022 Masih Andalkan Mesin Lama, Begini Catatan Akselerasinya
Sayangnya spesifikasi mesin tak banyak berubah, masih tetap 4-tak, DOHC 4 katup pendingin udara. Output tenaganya 17,1 PS @ 9.000 rpm dengan torsi 14,4 Nm @ 7.000 rpm.
Selain lampu-lampu full LED dan Assist & Slipper Clutch, masih banyak fitur yang terdapat pada motor ini. Panel meter sudah full digital dengan tampilan baru meski desainnya masih mirip yang lama.
Kemudian suspensi depan upside down dari Showa dengan tipe SFF-BP (Separate Function Fork-Big Piston). Sayangnya tak ada lagi setelan preload seperti pada generasi sebelumnya.
Kemudian ada opsi rem ABS (Anti-lock Braking System) dual channel, yang terhubung juga dengan fitur ESS (Emergency Stop Signal).
Menarik?
Spesifikasi Honda CBR150R 2023 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.983 x 700 x 1.077 mm | |
Sumbu Roda | 1.310 mm | |
Tinggi Jok | 782 mm | |
Jarak Terendah | 160 mm | |
Kapasitas Tangki | 12 liter | |
Berat | 137 kg dan 139 kg (ABS) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup | |
Rasio Kompresi | 11,3 : 1 | |
Pendingin | Cairan | |
Kapasitas | 149,16 cc | |
Diameter x Langkah | 57,3 x 57,8 mm | |
Transmisi | Manunal, 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 17,1 PS @ 9.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 14,4 Nm @ 7.000 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Diamond frame | |
Suspensi Depan | Upside down | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram | |
Ban Depan | 100/80-17 | |
Ban Belakang | 130/70-17 |