Salah satu motor matic bergaya adventure adalah Aprilia SR GT 200 2023, yang merupakan merek Italia namun dirakit dan didatangkan secara utuh dari Vietnam.
Motor yang diboyong oleh PT Piaggio Indonesia (PID) ini pun dilepas dengan harga Rp 60 juta untuk varian Standar dan Rp 63,7 juta untuk varian Sport.
Terlalu mahal? Tenang, karena sedang mengadakan sales program, yang membuat harga motor ini jadi lebih bersahabat.
Tak tanggung-tanggung, potongan harganya mencapai Rp 10 juta lho! Itu pun belum termasuk potongan untuk merchandise resmi yang didapat kala memboyong motor ini.
Baca juga : Kesan Pertama Mencoba Aprilia SR GT 200 2022, Lebih Memuaskan Dibanding Honda ADV 160 2022?
Maka setelah mendapatkan diskon, harga motor ini menjadi Rp 50 juta dan Rp 53,7 juta saja, on the road Jakarta. Lantas seperti apa spesifikasi motor ini?
Sebagai motor yang bisa diajak blusukan melepas penat ke luar kota, motor ini menawarkan posisi duduk yang tinggi.
Ketinggian jok 799 mm dengan jarak terendah ke tanah 175 mm, jadi tak takut kolong motor mentok benda padat.
Untuk rider postur 172 cm duduk di atasnya memang jinjit, tapi untungnya bagian ujung jok tirus dan tinggal pindah posisi duduk agak maju saat berhenti. Alhasil kaki bisa lebih menapak.
Posisi setang pun terasa rendah, meski setang punya lekukan yang lumayan tinggi.
Perkara pijakan kaki masih lega dan nyaman untuk pengguna sepatu ukuran 44, belum lagi ada area pijakan kaki yang bisa dipakai untuk selonjoran.
Dari posisi duduk, memandangi panel meter digital dengan tampilan negatif display terlihat sangat leluasa.
Informasi di dalamnya bisa dibaca dengan jelas, dan untuk mengubah-ubah informasi cukup menekan tombol mode di setang kiri, atau di bawah layar panel meter.
Karakter suspensi pun lebih cocok untuk melibas jalan rusak, ini karena karakternya yang empuk di depan dan belakang. Ada preload untuk suspensi belakang juga.
Tentu banyak yang penasaran dengan mesin yang digunakan, yakni i-Get generasi baru, berkapasitas 174 cc.
Volume mesin itu dicapai berkat penggunaan piston 61,5 mm dan langkah piston 58,7 mm. Spesifikasi mesinnya 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan dan sudah injeksi.
Baca juga : Aprilia SR GT 200 Jadi 50 jutaan, Mending Ini dari Honda ADV 160?
Output yang mampu dihasilkan mencapai 17,6 PS di 8.500 rpm dengan torsi maksimal 16,5 Nm di 7.000 rpm.
Selain itu ada juga penggunaan aluminium silinder dengan nikasil coating pada dinding silinder, piston baru dengan desain sudut geometri kepala piston baru, dan desain kubah ruang bakar baru yang membuat pembakaran lebih efisien.
Untuk mengakomodir kurva mesin barunya yang lebih besar, sisi kopling turut ditingkatkan. Pada mesin ini kampas kopling direvisi dengan menggunakan kampas yang lebih besar.
Dengan spesifikasi mesin tersebut dan standar emisi Euro 5, Aprilia SR GT 200 ini memiliki rasio kompresi yang terhitung tinggi, yakni mencapai 12,5 : 1. Dan disarankan untuk menggunakan bahan bakar oktan 95.
Interval perawatan untuk motor matic bergaya petualang ini pun terhitung panjang, karena penggantian oli setiap 10.000 km.
Belum lagi jika membeli unit ini, mendapatkan program bebas biaya servis selaam tiga tahun pemakaian, dengan part yang dicover ada oli mesin, filter oli, filter udara.
Mantap!