Tak Hanya Desain, Beda All New Honda CBR150R 2021 dan CBR150R Lama Ternyata Banyak!

Kehadiran All New Honda CBR150R 2021 memberikan daya tarik tersendiri. Bagaimana tidak, penggemar motor sport Tanah Air dirayu dengan impresi tak ubahnya Honda CBR250RR 2021. Sebut saja desain agresif yang sudah melekat terhadap sang kakak sejak lama. Otomatis, tak ada lagi sisa bahasa desain dari generasi pendahulu si CBR Series terkecil. 

Wujud bak motor balap sejati diturunkan PT Astra Honda Motor (AHM) pada generasi kelima ini. Misalnya saja cover muka depan, tidak lagi menjulang melainkan sudah dibuat landai. Meski begitu, keutamaan dari identitas anyar CBR150 2021 kini tentu menyasar kepada penggunaan headlamp. Kombinasi lampu ganda LED tetap dipertahankan, plus desain terbaru ala CBR250RR. 

Perbedaan utama All New Honda CBR150R 2021 dengan versi lama terlihat dari desain.

Tidak sepenuhnya mengopi si pemilik mesin seperempat liter, toh CBR150 punya pembeda yang layak jadi perhatian. Terutama saat memandangi area fairing. Sama-sama menggunakan model bertumpuk disertai dengan sematan kisi pelepas hawa dari mesin. Menurut kami penyajian CBR150R di sisi ini jauh lebih atraktif dibanding si kakaknya tadi. Terlebih lagi dari CBR150R model lama yang tampak cuma berupa satu lapis (layer) saja. Kendati begitu, tak ada perubahan masif di area buritan.

Perbedaan Rancang Bangun All New CBR150R 2021 dan CBR150R Lama

Diferensiasi justru terlihat kala menilik ke rancang bangun keduanya. Mulai dari total ukuran, All New CBR150R 2021 punya dimensi 1.983 x 700 x 1.077 mm. Sementara versi lama adalah 1.983 x 694 x 1.077 mm. Bilamana dibandingkan, terdapat selisih soal lebar bodi secara keseluruhan. Dan, pada kenyataannya pula jarak poros roda versi baru lebih pendek yaitu 1.310 mm. Sedangkan pada CBR150R model lama adalah 1.311 mm. 

 

Perbandingan Rancang Bangun

 

 

All New Honda CBR150R 2021

Honda CBR150R

Tipe Rangka

Diamond (truss) Frame

Diamond (truss) Frame

Suspensi Depan

Inverted Telescopic Front Suspension/upside down

Teleskopik

Suspensi Belakang

Swing Arm with Monoshock (Pro-Link) System

Swing Arm with Monoshock (Pro-Link) System

Ban Depan

100/80-17M/C 52P

100/80-17M/C 52P

Ban Belakang

130/70-17M/C 62P

130/70-17M/C 62P

Rem Depan

Wavy Disc Brake

Wavy Disc Brake

Rem Belakang

Wavy Disc Brake

Wavy Disc Brake

Panjang X Lebar x Tinggi

1.983 x 700 x 1.077 mm

1.983 x 694 x 1.077 mm

Jarak Sumbu Roda

1.310 mm

1.311 mm

Tinggi Tempat Duduk

782 mm

787 mm

Jarak Terendah ke Tanah

160 mm

166 mm

Bobot

137 kg / 139 kg (ABS)

135 kg / 137 kg (ABS)

All New Honda CBR150R 2021 Lebih Bersahabat

Sumbu roda pendek pada All New CBR150R 2021 tadi juga ditambah dengan posisi berkendara yang cukup proporsional. Boleh dikatakan penyajiannya kini lebih bersahabat untuk pengendara baru sekalipun.

Kombinasi ketinggian jok dan jarak terendah ke aspalnya kini 782 mm dan 160 mm. Jadi lebih rendah ketimbang CBR150R generasi empat yang punya kalkulasi tinggi jok 787 mm dan ground clearance 166 mm. 

Ketinggian jok dan ground clearance All New Honda CBR150R 2021 lebih rendah.

Gap inilah yang pada akhirnya memberikan posisi berkendara jadi lebih condong ke depan. Dan, tubuh lebarnya itupun membuat paha ideal memeluk tubuh si motor. Apalagi lewat desain cover tangki bensin barunya tersebut.

Akan tetapi, akomodasi soal pengendaraan CBR150R 2021 perlu diuji. Apalagi terdapat penambahan soal bobot total. Contoh pada Honda CBR150R 2021 non-ABS (137 kg). Terpaut 2 kg dari varian sejenis di tahun produksi lama (135 kg). Begitu pula dengan Honda CBR150R ABS 2021 yang punya timbangan mencapai 139 kg. Sementara tipe teratas keluaran lama adalah Rp 137 kg.    

Stabilitas All New Honda CBR150R 2021 Ditunjang Fitur Baru

Seperti pula disampaikan saat peluncuran kemarin (12/1), kebaruan All New Honda CBR150R 2021 terletak pada struktur kaki-kaki. Fork depan model upside down (USD) 37 mm dari CBR250RR juga digunakannya.

Dan, lagi-lagi tak Anda temui pada CBR150R pendahulu. Dengan penyematan fitur baru ini jelas menjanjikan stabilitas optimal terhadap pengendara. 

Fork upside down dan Assist & Slipper Clutch mendukung stabilitas serta kemudahan mengendarai Honda CBR150R 2021.

Pun menyoal Assist & Slipper Clutch. Ya, pada perangkat girboksnya itu sudah terpasang pendukung guna menghindari si pemilik motor mengalami kejadian roda belakang terkunci. Utamanya dari efek engine brake, ketika melakukan downshift cepat jelang masuk tikungan. Selain itu, ketersediaan item itu juga bertugas meningkatkan kenyamanan - ringan pada saat mengoperasikan kopling.

Perubahan Minor Di Sektor Performa 

Penambahan itu cukup penting. Bekal mesin DOHC berpendingin cairan CBR150R 2021 menorehkan tenaga maksimal 16,8 Hp @9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @7.000 rpm. Capaian ditranslasikan transmisi enam percepatan ke roda belakang. Kendati begitu, tak ada ubahan dari jantung mekanik CBR150R lama.

Artinya, bakal setara pula catatan akselerasi maupun topspeed. Pencatatan 0-200 meter dicapainya dalam waktu 10,6 detik. Sedangkan kecepatan tertinggi diraih pada 127 km/jam (pengujian internal AHM). Hanya saja terjadi penyetelan ulang pada air cleaner dan saluran buang, sebagai optimasi terhadap penambahan bobot sang model anyar. 

Tipe Mesin

DOHC empat langkah

Kapasitas Mesin

149,16 cc

Suplai Bahan Bakar

PGM-FI

Bore x Stroke

57,3 x 57,8 mm

Rasio Kompresi

11,3:1

Tenaga maksimal

16,8 Hp @9.000 rpm

Torsi Maksimal

14,4 Nm @7.000 rpm

Transmisi

Manual enam percepatan

Sistem Pendingin

Cairan

Kapasitas Tangki Bahan Bakar

12 liter

Kapasitas Pelumas

1,1 liter

Kesimpulan

Tidak salah jika sekilas pandang, impresi All New Honda CBR150R 2021 sama dengan CBR250RR 2021. Tapi seperti pemaparan kami di atas, diferensiasi diwujudkannya pada area yang dapat dipandang secara langsung.

Perbedaan soal impresi berkendara bahkan langsung terasa kala mendudukinya. Posisi berkendaranya sekarang jauh lebih bersahabat. Di waktu bersamaan, pengendaliannya kental aura motor sport tulen. Itu diamini lantaran jarak poros roda CBR150R 2021 yang lebih pendek. 

Belum lagi ihwal dukungan perangkat suspensi USD untuk meningkatkan kontrol dan stabilitas. Sementara untuk penggunaan harian, Anda disuguhi Assist & Slipper Clutch. Kami pun mewajari jika banderolnya bakal terkatrol naik. Namun hal itu hilang setelah AHM mengumumkan harga jual yang ternyata tidak signifikan selisihnya.

Perbedaan harga All New Honda CBR150R 2021 non-ABS dengan versi serupa di model lama hanya Rp 600 ribu.

Dengan kebaruan yang dibawa All New Honda CBR150R 2021 kini, Anda bisa menebusnya mulai dari Rp 35,9 juta. Varian tanpa pengereman bersensor itu hadir dalam tiga pilihan warna (Matte Black, Dominator Matte Black dan Victory Black Red).

Jikapun menginginkan desain atraktif, sila tebus unit berkelir Racing Red berbanderol Rp 36,6 juta. Sedang pada All New CBR150R ABS, ada opsi warna Victory Black dan Dominator Red Black. Ada juga varian Racing Red, dilego Rp 40,6 juta dan MotoGP Edition dengan penetapan harga Rp 40,8 juta (on the road Jakarta). 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR150R
Lihat