PT Astra Honda Motor (AHM) baru saja meluncurkan All New Honda CBR150R 2021. Pada generasi terbarunya, ia kedapatan hal anyar dari sisi desain. Diikuti pula dengan keberadaan perangkat pendukung berupa fork upside down (USD) dan Assist & Slipper Clutch. Pembaruan jelas berdampak kepada eskalasi harga CBR150R baru, walau kenaikannya kami katakan jauh dari ekspektasi.
Penetapan harga psikologis ini penting, mengingat segmentasinya sebagai produk sport entry level. Mari kita ambil contoh perbandingan harga antara All New Honda CBR150R 2021 dengan CBR150R lama.
Pada versi paling dasar, gap keduanya hanya terpaut Rp 600 ribu saja. Tak hanya di tipe dasar, selisih juga serupa baik pada varian CBR150R Standar Racing Red hingga CBR150R ABS MotoGP Edition.
Terkatrolnya harga tadi jelas tak seberapa dibanding sematannya sekarang. Apalagi terdapat kemudahan dalam kepemilikan jika membeli All New CBR150R 2021 dengan metode kredit.
Sebelum beranjak ke metode pembelian bertahap ini, tentu ada diferensiasi soal harga di jaringan penjualan Honda. Sebagai contoh informasi harga jual Honda CBR150R di PT Wahana Makmur Sejati (WMS) atau biasa dikenal Wahana Honda.
Harga Honda CBR150R 2021 standar (non-ABS) misalnya, dipatok Rp 36,051 juta untuk wilayah Jakarta dan Tangerang. Hanya lebih mahal Rp 151 ribu dibanding penetapan harga dari pihak AHM.
Hal menguntungkan dengan membelinya secara kredit adalah ihwal tenor yang variatif. Lamanya angsuran diberikan mulai dari 11, 17, 23, 27, 29, 33 bahkan sampai 35 bulan.
Sementara untuk uang muka Honda CBR150R 2021 melalui kalkulator online mereka, ditetapkan mulai dari Rp 5,6 juta - sekitar 15 persen dari harga OTR. Andaikata uang muka itu dipakai untuk kredit CBR150R 2021 selama 35 bulan, maka cicilan per bulan Anda hanyalah Rp 1,570 juta saja. Akan tetapi, ada konsekuensi karena lama angsuran juga berpengaruh terhadap besaran bunga yang Anda berikan kepada leasing.
Dengan kata lain, mesti bijak menentukan metode pembayarannya. Saran kami, tak ada salahnya mengambil kredit dengan tenor 27 atau 29 bulan. Angsuran di pola ini masih cukup bersahabat, direntang 1,7-1,8 jutaan. Selain itu, dari waktu cicilan juga lebih pendek.
Namun, ada baiknya pula jika Anda menyiapkan down payment (DP) lebih besar yaitu Rp 8,4 juta. Dengan uang pangkal maksimal tersebut, pembeli CBR150R 2021 bisa menyetorkan uang angsuran 1,441 juta selama 35 bulan. Jikapun tenor kredit merujuk kepada kedua tenor sebelumnya, cicilan Anda hanya sekitar Rp 1,5 juta sampai 1,6 jutaan saja.
Bagaimana terhadap pembelian All New Honda CBR150R tipe ABS? Kami coba melakukan simulasi pembelian terhadap varian tertinggi yakni MotoGP Edition. Pemberlakukannya masih sama, ada kenaikan dari harga dasar AHM di mana Wahana Honda menetapkan harga jual CBR150R MotoGP Edition ABS yakni Rp 40,951 juta.
Lantaran lebih mahal, maka berbeda pula ketentuan DP yang mesti diserahkan. Paling rendah dipatok Rp 6,3 juta. Untuk pemilih tenor terlama (35 bulan), silahkan setor Rp 1,750 juta setiap bulannya. Apabila Anda berkemampuan lebih, coba tilik pembayaran berdurasi 23 bulan. Di sini, cicilan regulernya masih pada tahap wajar yaitu Rp 2,2 jutaan.
Varian All New Honda CBR150R 2021 | Harga Jakarta - Tangerang |
CBR150R Victory Black Red Non ABS | Rp 36,051 juta |
CBR150R Dominator Red Black Non ABS | Rp 36,051 juta |
CBR150R Matte Black Non ABS | Rp 36,051 juta |
CBR150R Honda Racing Red Non ABS | Rp 36,751 juta |
CBR150R Victory Black Red ABS | Rp 40,051 juta |
CBR150R Dominator Red Black ABS | Rp 40,051 juta |
CBR150R Honda Racing Red ABS | Rp 40,751 juta |
CBR150R MotoGP Edition ABS | Rp 40,951 juta |
Sebaliknya, serahkan uang pangkal lebih besar untuk mendapatkan nominal angsuran ringan. Sumber serupa menuliskan bahwa DP maksimal di tipe ini adalah Rp 9,1 juta.
Anda yang tetap ingin memilih tenor 35 bulan, diwajibkan menyiapkan uang cicilan CBR150R MotoGP Edition sebesar Rp 1,621 juta. Sementara pada tenor di bawahnya semisal 23 bulan, setoran wajibnya ada dikisaran Rp 2 jutaan.
Trah dari Honda CBR150R generasi pertama berupa lampu utama ganda, masih dipertahankan pada generasi kelima ini. Bahkan semakin agresif karena mengadopsi desain milik Honda CBR250RR. Cover muka dengan padu padan dual headlamp berhiaskan DRL yang juga bertugas sebagai lampu sein, menjadi faktor penggoda bagi calon konsumen.
Di generasi kelima CBR150R ini pula Anda tak lagi melihat sematan sein terpisah pada fairing seperti generasi pendahulu. Sementara fairingnya kini jauh lebih atraktif dan sangar berkat adanya guratan menajam. Belum lagi desain cover tangki bensin yang menjadikannya kian berotot.
Penambahan volume otot tadi nyatanya merupakan dampak atas perubahan rancang bangun. Kini dimensi All New CBR150R 2021 adalah 1.983 x 700 x 1.077 mm (P x L x T). Sedikit lebih lebar dari CBR150R generasi keempat dengan total ukuran 1.983 x 694 x 1.077 mm.
Bukan cuma itu, CBR150R baru sekarang punya berat 137 kg (standar) dan 139 kg (ABS). Masing-masing ketambahan 2 kg dari CBR150R lama.
Cukup masuk akal. Toh, kita pun tahu bahwa All New CBR150R telah dilengkapi dengan fork USD. Peredam kejut jenis ini jelas lebih berat ketimbang suspensi teleskopik.
Namun penerapannya menjanjikan stabilitas optimal saat dikendarai, terutama untuk penggunaan agresif seperti balapan. Ditambah lagi pemasangan Assist & Slipper Clutch guna mencegah terjadinya ban belakang terkunci akibat adanya efek engine brake.
Penyajian tersebut lantas dikombinasikan dengan posisi berkendara yang kini condong ke depan. Anda mungkin berpikir akan menyulitkan ketika mengendarainya sehari-hari.
Belum lagi dengan bobot yang bertambah. Meski begitu, toleransi pada keduanya ditunjukkan oleh penyetelan ketinggian jok 782 mm dan ground clearance 160 mm.
Ya, lebih bersahabat karena kalkulasi itu lebih rendah dari pengaturan pada CBR150R keempat dengan tinggi jok 787 mm dan jarak kolong 166 mm. Artinya pula, bakal lebih mudah untuk pengendara muda mengendalikannya. Tentu ditambah pengoperasian kopling yang ringan.
Penawaran dari All New Honda CBR150R 2021 semestinya memikat untuk dirasakan. Secara impresi, model anyar terang-terangan memberikan sesuatu yang baru ketimbang CBR150R lama. DNA Total Control layaknya CBR250RR bisa dirasakan, mulai dari desain, posisi berkendara hingga perangkat baru sebagai pendukung berkendara.
Atas perubahan itu pula, CBR150R 2021 kini menjadi selevel dengan rival utamanya yaitu Yamaha YZF-R15. Motor buatan AHM, khususnya tipe non-ABS bahkan dibanderol sedikit lebih murah dari motor Yamaha Indonesia.
Namun berselisih Rp 3 jutaan ketika menyandingkannya dengan sesama pengguna livery MotoGP. Perlu diingat, mahalnya harga CBR150R teratas itu diikuti dengan keberadaan sistem rem ABS. Sementara dari kompetitor, pengereman bersensor itu tak tersedia di tipe termahal.
Namun, pembeli All New CBR150R 2021 harus bisa menerima bahwa tak ada perubahan dari sektor performa. Mesin DOHC berkapasitas 149,16 cc-nya masih mengeluarkan output 16,8 Hp @9.000 rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @7.000 rpm. Setelan diameter dan langkah piston serta kompresi jua tetap sama, 57,3 x 57,8 mm dan 11,3:1.