Sejak dikenalkan pertama kali tahun 2015 silam, Yamaha Nmax mendapatkan respon positif. Meski dihadirkan sebagai pemain skutik premium, nyatanya pengguna motor ini datang dari berbagai kalangan, termasuk untuk digunakan pengemudi ojek online.
Kala itu harga jual yang relatif terjangkau ketimbang kompetitor, posisi berkendara nyaman, bagasi besar dan mesin bertenaga menjadi daya tarik skutik tersebut.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) sebagai pabrikan juga sudah menghadirkan generasi kedua pada akhir tahun 2019 lalu. Model ini semakin menaikkan status skutik premium dengan menambahkan fitur canggih.
Sayangnya data penjualan resmi tak dirilis baik oleh pabrikan atau pun AISI (Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia), namun berdasarkan data internal kami, Yamaha Nmax merupakan model motor yang paling populer di Indonesia saat ini.
Harga Yamaha Nmax 2021 saat ini mulai dari Rp 29,75 juta (Standard), Rp 31 juta (Connected) dan Rp 33,75 juta (Connnected/ABS). Namun model generasi pertama ternyata juga masih tersedia pada situs resmi Yamaha.
Untuk model lawas ini, harga jualnya mulai dari Rp 28,545 juta untuk varian non ABS, dan Rp 32,265 juta untuk varian ABS. Namun karena model lama, kemungkinan unitnya sudah sangat terbatas karena hanya sisa stok yang belum terjual.
Masuk kategori skutik premium, banderol Yamaha Nmax memang tak bisa dijangkau semua kalangan. Tapi jika hasrat untuk memiliki sudah menggebu-gebu, tak ada salahnya mencari unit bekasnya. Pilihannya bisa membeli lewat showroom motor bekas atau pemilik langsung.
Jika mengincar unit tahun muda seperti rakitan tahun 2017 sampai 2019, harganya memang relatif masih cukup tinggi. Dipantau dari situs jual beli online, rata-rata dibanderol Rp 22 juta sampai Rp 25 juta.
Ya memang soal harga kembali lagi pada kondisi motor dan lokasi penjualnya. Tapi siapa sangka, jika Anda bersabar bisa mendapatkan unit tahun muda hanya dengan nominal Rp 20 juta saja.
Anda bisa mendapatkan Yamaha Nmax tahun 2017. Bahkan bisa juga mendapatkan unit tahun 2017 dengan harga tak sampai Rp 20 juta, tepatnya 18,9 juta saja. Murah bukan?
Tapi itu pun sangat sedikit pemilik yang menjual dengan harga tersebut. Kemungkinan karena pemilik sedang butuh uang segera, jadi menjualnya dengan harga murah.
Lalu bagaimana jika tertarik dengan unit bekas Yamaha Nmax generasi kedua?
Unit bekasnya jelas masih sangat sedikit, tapi bukan berarti tidak ada. Memantau situs jual beli online, rata-rata harga jualnya masih tinggi, berkisar Rp 25 juta sampai Rp 30,5 juta.
Seperti yang Anda ketahui, sebagai model motor populer, depresiasi harga jual Yamaha Nmax relatif terjaga. Berikut adalah kisaran harga Yamaha Nmax bekas rakitan tahun 2015 sampai Rp 2019.
Harga Yamaha Nmax Bekas | ||
---|---|---|
Tahun 2015 | Rp 14 juta - Rp 16,5 juta | |
Tahun 2016 | Rp 16,7 juta - Rp 18,9 juta | |
Tahun 2017 | Rp 18 juta - Rp 20 juta | |
Tahun 2018 | Rp 18,9 juta - Rp 23 juta | |
Tahun 2019 | Rp 20,9 juta - Rp 24,5 juta | |
Tahun 2020 | Rp 25 juta - Rp 30,5 juta | |
*Harga untuk wilayah Jakarta. Harga tergantung kondisi dan tipe motor. |
Image skutik premium yang nyaman dan bertenaga memang sudah melekat kuat sejak motor ini dikenalkan tahun 2015 lalu. Image tersebut tak hilang ketika Yamaha menghadirkan generasi keduanya.
Pada generasi pertama, Yamaha Nmax memiliki desain sporty dengan lekuk garis tegas cenderung mengotak. Fitur yang disukai konsumen seperti panel instrumen digital, bagasi besar dan mesin 155 cc dengan VVA.
Terkait mesin, pada generasi pertama menggunakan kode mesin 2DP, berteknologi Blue Core 155 cc, SOHC 4 katup pendingin cairan. Output yang mampu dihasilkan mencapai 15 PS pada 8.000 rpm dan torsi 14,4 Nm pada 6.000 rpm.
Perubahan besar-besaran terjadi untuk generasi kedua, desain bodi yang lebih berotot dengan lekukan lebih dinamis, fitur lebih lengkap dan mesin baru dengan smart motor generator yang memiliki kinerja lebih halus.
Pada generasi kedua ini kode mesin berganti menjadi B6H, meski spesifikasi masih mirip-mirip dengan mesin 2DP, yakni 4-tak, SOHC 4 katup VVA, pendingin cairan. Keluaran tenaga naik tipis jadi 15,36 PS pada 8.000 rpm namun torsi sedikit terkoreksi menjadi 13,9 Nm di 6.500 rpm.
Membeli unit bekas Yamaha Nmax bisa jadi alternatif yang menarik, karena bisa didapatkan dengan harga lebih hemat dan usia motor relatif masih muda. Untuk Yamaha Nmax generasi pertama, unit bekasnya sudah tersedia banyak.
Lain halnya jika mengincar Yamaha Nmax generasi kedua, usia yang masih sangat muda, jumlah unit bekasnya tak akan begitu banyak. Harga bekasnya pun terbilang masih tinggi untuk saat ini.
Namun Anda harus memperhatikan beberapa hal sebelum menebus unit bekasnya, yakni kondisi fisik kasat mata, lalu lihat fisik mesin apakah ada rembesan atau tidak, kemudian dengarkan suara mesin, selanjutnya periksa kelurusan sasis dan kaki-kaki.
Jika semuanya dirasa sudah aman, jangan lupa untuk tes jalan guna memastikan kinerja motor memang masih dalam kondisi baik. Dan yang pasti harus sabar mendapatkan unit incaran dan jangan lupa negosiasi harga ya.