Yamaha mengambil langkah yang tepat dengan menghadirkan XSR 155 pada Desember 2019. Motor tersebut mendapat respons yang sangat positif dari konsumen di Indonesia.
Momen peluncurannya cukup tepat, di saat perkembangan dunia motor custom terus meningkat. Sedangkan gaya retro yang ditampilkan oleh Yamaha XSR 155 2021 ini dinilai cocok untuk dijadikan motor custom, mulai dari scrambler, tracker, cafe racer, dan lainnya.
Untuk Yamaha XSR 155 2021, masih belum mengalami perubahan. Di awal tahun ini, Yamaha juga belum memberikan pilihan warna terbaru. Namun demikian, animo masyarakat akan motor sport bergaya retro ini tetap tinggi. Sebab, tidak butuh ubahan besar, tampilannya sudah lebih keren dari versi standarnya.
Yamaha XSR 155 2021 tidak bermain sendirian di kelasnya. Motor ini juga memiliki rival, seperti Kawasaki W175 dan Benelli Motobi 152. Kedua motor tersebut bahkan meluncur lebih dulu dibandingkan Yamaha XSR 155. Ketiga motor ini memiliki tampilan yang sama-sama retro dan cocok untuk dijadikan basis untuk motor custom.
Kawasaki W175 punya banyak varian dan dijual mulai Rp 29,9 juta hingga Rp 34,7 juta (on the road Jakarta). Sedangkan Benelli Motobi 152, dipasarkan dengan harga paling terjangkau di antara kompetitor sekelasnya, yakni Rp 19,8 juta.
Tanpa fairing, Yamaha XSR 155 2021 memiliki tampilan naked bike. Kesan retro diperlihatkan dari penggunaan lampu berbentuk bulatnya. Jauh dari kesan agresif atau futuristis seperti pada motor sport full fairing.
Dimensinya proporsional untuk motor sport di kelas 150 cc. Yamaha XSR 155 2021 memiliki panjang 2.007 mm, lebar 804 mm, dan tinggi 1.080. Jarak terendah ke tanah 170 mm dan beratnya 134 kg.
Tempat duduk atau joknya juga cukup bersahabat, tingginya 810 mm. Joknya didesain dengan model klasik bergaya tuck and roll. Joknya menyambung dari depan hingga ke belakang. Tempat duduknya juga cukup lebar, sehingga memberikan kenyamanan saat berkendara jarak jauh.
Yamaha XSR 155 2021 mempercayakan suspensi depannya dengan sokbreker model upside down. Sementara suspensi belakang, dibuat sedikit modern dan sporty dengan menggunakan monoshock.
Salah satu keunggulan pada motor ini adalah sudah dibekali dengam swingarm dengan desain keren dari material aluminium. Desainnya seperti yang digunakan pada motor gede (moge).
Di bagian roda, Yamaha XSR 155 2021 mengandalkan ban depan berukuran 110/70-17 dan ban belakang yang lebar dengan ukuran 140/70-17. Kedua ban ini sudah bertipe dual purpose dan tubeless. Sehingga, pengendaranya akan tetap nyaman melewati berbagai kondisi jalan.
Untuk pilihan warna, konsumen bisa memilih di antara dua pilihan, antara lain Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance.
Spesifikasi Yamaha XSR 155 2021 | |
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.007 mm x 804 mm x 1.080 mm |
Jarak Terendah ke Tanah | 170 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 810 mm |
Berat | 134 kg |
Suspensi Depan | Telescopic Form ( Inverted ) |
Suspensi Belakang | Link Monoshock |
Ban Depan | 110/70-17M/C (54S) |
Ban Belakang | 140/70-17M/C (66S) |
Yamaha XSR 155 2021 menawarkan posisi berkendara yang cukup nyaman. Dengan setang yang lebar dan cukup tinggi, pengendara akan merasa tidak cepat letih saat berkendara terlalu lama atau berkendara jarak jauh.
Desain tangki bahan bakar tidak terlalu besar. Sehingga, kaki pengendara bisa dengan piawai menjepit tangki untuk pengendalian motor yang lebih baik saat bermanuver. Orang yang dibonceng di belakang juga tetap merasa nyaman, karena tempat duduknya cukup tebal.
Posisi kaki juga tidak terlalu tinggi. Tinggi tempat duduknya yang mencapai 810 mm memang cukup tinggi untuk pengendara dengan postur tinggi di bawah 170 cm. Namun, bobotnya yang hanya 134 kg dirasa tidak terlalu berat.
Yamaha XSR 155 2021 memiliki performa yang cukup andal untuk motor sekelasnya. Yamaha membekalinya dengan mesin berpendingin cairan, 4-tak, silinder tunggal, SOHC, 4 katup, dan sudah menggunakan teknologi VVA (Variable Valve Actuation).
Mesinnya memiliki karakter square, dengan diameter piston 58 mm dan langkahnya 58,7 mm. Sementara volume silindernya, tercatat 155 cc. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,6:1.
Tenaga maksimum yang dimiliki Yamaha XSR 155 2021 mencapai 14,2 kW pada 10.000 rpm dan torsi maksimum hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Motor bergaya retro ini menggunakan transmisi manual 6 percepatan. Transmisinya dibantu dengan Assist & Slipper Clutch.
Untuk mengurangi laju roda dan mengimbangi tenaga yang dihasilkan, Yamaha XSR 155 2021 mengandalkan rem cakram untuk rem depan dan rem belakang. Namun, sistem pengeremannya belum dibekali teknologi Anti-lock Braking System (ABS).
Spesifikasi Mesin Yamaha XSR 155 2021 | |
Tipe Mesin | Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA |
Jumlah Silinder | Silinder Tunggal |
Diameter x Langkah | 58,0 mm x 58,7 mm |
Perbandingan Kompresi | 11,6 : 1 |
Tenaga Maksimum | 14.2 kW / 10000 rpm |
Torsi Maksimum | 14.7 Nm / 8500 rpm |
Volume Silinder | 155 cc |
Tipe Transmisi | Manual, 6 percepatan |
Rem Depan | Disc Brake |
Rem Belakang | Disc Brake |
Dibandingkan dengan rival sekelasnya, seperti Kawasaki W175 atau Benelli Motobi 152, Yamaha XSR 155 2021 punya beberapa keunggulan tersendiri. Panel meternya sudah full digital dengan model bulat memertahankan kesan klasik dan retro.
Informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap dan mudah dibaca. Yamaha XSR 155 2021 juga sudah menggunakan teknologi injeksi. Untuk sistem pencahayaan, semuanya juga sudah mengandalkan LED.
Sedangkan dua rivalnya tersebut, masih mengandalkan karburator. Keunggulan lainnya adalah penggunaan swingarm bergaya moge dengan bahan aluminium yang dipadukan dengan ban gambot tipe dual purpose.
Yamaha XSR 155 2021 dipasarkan dengan harga Rp 36.580.000 (on the road Jakarta). Hanya ada satu varian atau satu tipe saja untuk motor ini dengan dua pilihan warna, yakni Matte Silver Premium dan Matte Black Elegance.
Yamaha XSR 155 2021 dibekali dengan fitur dan teknologi yang modern, meskipun tampilannya klasik dan retro. Namun, jika dibandingkan dengan rival-rivalnya, motor ini juga tetap lebih unggul dari segi performa, baik performa mesin atau pastinya konsumsi bahan bakar, karena sudah injeksi.