Honda Vario 150 hadir di Indonesia memberikan kejutan pada banyak orang. Dengan desain yang sama seperti Honda Vario 125, skuter matik (skutik) ini menjadi varian tertinggi di keluarga Vario. Skutik ini bisa dikatakan sebagai salah satu pelopor di kelas skutik 150 cc. Meskipun desainnya sama, tapi performa yang ditawarkan tentu berbeda.
Honda Vario 150 juga diposisikan sebagai skutik premium. Hal ini dapat terlihat dari fitur canggih yang disematkan, tampilan luarnya dengan cat doff dan emblem 3D, serta harganya yang cukup tinggi. Sejak pertama kali muncul pada 2015, sudah ada dua generasi Honda Vario 150.
Pada 2015 lalu, Honda Vario 150 meluncur dengan desain bodi yang tajam dan tegas. Skutik ini mendapat respons yang cukup positif dari masyarakat. Panel instrumennya masih kombinasi analog dan digital. Tapi, seluruh sistem pencahayaannya sudah berteknologi LED semua.
Urusan dapur pacunya, generasi pertama Honda Vario 150 ini mengandalkan mesin 1 silinder, 4 langkah, SOHC, berpendingin cairan, eSP, dan dengan ACG starter. Dengan ukuran diameter piston 57,3 mm dan stroke 57,9 mm, serta rasio kompresi mesin yang dihasilkan 10,6:1.
Sistem suplai bahan bakarnya juga sudah injeksi. Mesin tersebut menghasilkan tenaga maksimum hingga 12,6 PS pada 8.500 rpm dengan torsi maksimum mencapai 12,8 Nm di 5.000 rpm.
Generasi kedua meluncur pada 2018. Konsep desainnya masih sama, dibuat sama dengan Honda Vario 125. Untuk generasi terbaru ini mengambil inspirasi desain dari sportbike Honda CBR1000RR Fireblade, tapi tetap memiliki desain khas Vario.
Tampilannya makin sporty, terlihat dari sepatbor belakang yang dibuat menggantung. Lalu, pada bagian lampu sein dan knalpot, dibuat mirip dengan CB150R StreetFire.
Untuk Honda Vario 150 2021, DNA dari keluarga Vario tetap dipertahankan alias tak jauh berbeda dengan generasi Vario sebelumnya. Tampilan luarnya masih sama seperti Honda Vario 125 2021. Hanya pilihan warna dan fitur saja yang membedakan.
Desain lampu depan tetap dibuat ganda dan sudah menganut sistem pencahayaan LED pada lampu belakang, lampu sein, hingga lampu senja atau DRL (Daytime Running Light).
Dimensinya juga sama persis seperti Honda Vario 125 2021, dengan panjang 1.919 mm, lebar 679 mm, dan tinggi 1.062 mm. Sedangkan tinggi tempat duduknya mencapai 769 mm dengan jarak terendah ke tanah hanya 132 mm. Jarak sumbu rodanya juga sama, yakni 1.280 mm. Tapi, Honda Vario 150 2021 sedikit lebih berat, yakni 112 kg.
Suspensi depan Honda Vario 150 2021 masih menggunakan model teleskopik. Dipadukan dengan ban depan berukuran 90/80-14. Sementara suspensi belakang, dipercayakan pada sokbreker tunggal. Kaki-kaki bagian belakang dibekali ban dengan ukuran 100/80-14. Bannya tidak lebar, tapi sudah menggunakan tipe tubeless alias tidak menggunakan ban dalam.
Honda Vario 150 2021 hanya ada satu tipe, CBS-ISS, dan terbagi menjadi tiga varian, antara lain Exclusive, Exclusive Matte Black, dan Sporty Series. Masing-masing varian memiliki dua pilihan warna, yaitu Sporty Black Red, Sporty White Red, Exclusive Matte Black, Exclusive Matte Silver, Exclusive Matte Brown, dan Exclusive Matte Red.
Spesifikasi Honda Vario 150 2021 | |
Panjang X Lebar X Tinggi | 1919 x 679 x 1062 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 769 mm |
Jarak Sumbu Roda | 1.280 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 132 mm |
Curb Weight | 112 kg |
Tipe Suspensi Depan | Telescopic |
Tipe Suspensi Belakang | Swing Arm dengan Suspensi Tunggal |
Ukuran Ban Depan | 90/80 - 14M/C 43P Tubeless |
Ukuran Ban Belakang | 100/80 - 14M/C 48P Tubeless |
Dengan desain dan dimensi yang sama persis dengan Honda Vario 125 2021, maka posisi berkendara yang ditawarkan pun juga sama. Skutik ini memiliki posisi berkendara yang cukup nyaman dan cukup ergonomis. Tapi, untuk pengendara yang memiliki postur tinggi badan di atas 170 cm, akan menemui kesulitan untuk menyesuaikan posisi berkendaranya.
Sebab, ruang di tengah terbilang sempit. Sehingga, posisi duduk harus lebih mundur agar jarak setang dengan kaki tidak terlalu menempel. Dengan begitu, akan menjadi tidak nyaman bagi penumpang di belakang yang dibonceng.
Namun, dimensinya masih bisa dikatakan seperti skutik pada umumnya, belum pantas untuk disebut sebagai skutik bongsor, seperti Yamaha Nmax atau Honda PCX. Bobot yang hanya 112 kg juga dinilai cukup membantu pengendaranya untuk menguasai skutik ini.
Honda Vario 150 2021 mengusung konstruksi mesin yang sama, yakni mesin 1 silinder, 4 langkah, SOHC, berpendingin cairan, eSP, dan dengan ACG starter. Diameter piston 57,3 mm dan stroke 57,9 mm, dengan rasio kompresi mesin yang dihasilkan 10,6:1. Sistem suplai bahan bakarnya juga sudah injeksi.
Honda Vario 150 2021 memiliki keluaran tenaga yang sedikit lebih besar yaitu 9,7 kW (13 dk) pada 8.500 rpm dengan torsi 13,4 Nm pada 5.000 rpm. Honda mengklaim karakter mesinnya berubah karena ada perubahan pada boks filter yang lebih besar dan knalpot yang lebih pendek.
Di bagian pengereman, Honda Vario 150 2021 hanya menggunakan rem depan cakram dan rem belakang tromol. Untuk mendukung sistem pengereman, skutik ini hanya dibekali Combi Brake System (CBS), tanpa adanya fitur atau teknologi Anti-lock Braking System (ABS).
Spesifikasi Mesin Honda Vario 150 2021 | |
Tipe Mesin | 4 langkah, SOHC, eSP, Pendingin Cairan |
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) |
Diameter X Langkah | 57,3 x 57,9 mm |
Tipe Tranmisi | Otomatic, V-matic |
Rasio Kompresi | 10,6 : 1 |
Daya Maksimum | 9.7 kW (13.1 PS) / 8500 rpm |
Torsi Maksimum | 13.4 Nm (1.37 kgf.m) / 5000 rpm |
Tipe Starter | Elektrik |
Tipe Kopling | Automatic Centrifugal Clutch Dry Type |
Rem Depan | Cakram Hidrolik, Piston Tunggal |
Rem Belakang | Tromol |
Sistem Pengereman | Combi Brake System |
Dibandingkan dengan adiknya, Honda Vario 125 2021, untuk Honda Vario 150 2021 ini dibekali sedikit lebih banyak fitur. Pada bagian panel meter, sudah full digital dan informasi yang ditampilkan cukup lengkap, fuel consumption real time, fuel consumption average, tripmeter, odometer, fuelmeter, voltmeter, dan jam.
Honda Vario 150 2021 juga sudah mengusung teknologi keyless atau Smart Key System, seperti pada Honda PCX, sehingga lebih praktis saat digunakan. Pada fitur ini juga sudah terintegrasi dengan Anti Theft Alarm dan Answer Back System. Selain itu, fitur Idling Stop System juga tetap disematkan.
Lalu, bagasi yang ada di bawah jok kapasitasnya juga tetap sama dengan generasi sebelumnya, yakni 18 liter. Dengan kapasitas seluas itu, bagasinya mampu menampung helm model full face.
Ada tiga varian yang ditawarkan untuk Honda Vario 150 2021, yakni Exclusive, Exclusive Matte Black, dan Sporty Series. Ketiganya dibedakan dari warnanya saja, tapi banderolnya pun berbeda. Untuk varian Exclusive, harganya Rp 2415 juta. Sedangkan varian Exclusive Matte Black dan Sporty Series, sama-sama dibanderol Rp 24,3 juta (on the road Jakarta).
Honda Vario 150 2021 memiliki tampilan menarik yang sporty, agresif, tapi tetap ada sisi elegannya. Meskipun fiturnya tidak sebanyak atau selengkap skutik 150 cc lainnya, tapi performa yang dihasilkan oleh mesinnya cukup bertenaga. Untuk penggunaan harian, skutik ini juga diklaim cukup irit.