Yamaha MT-15 hadir dengan desain yang paling mencolok di antara rival-rival sekelasnya. Naked bike yang satu ini hadir dengan desain yang agresif, layaknya motor gede (moge) atau big bike.
Hadir pertama kali di Indonesia pada awal 2019, Yamaha MT-15 menaikkan level persaingan motor sport naked di kelas 150 cc. Selain dari desainnya yang agresif, motor ini juga dibekali mesin yang bertenaga dan fitur yang modern.
Baca juga : Yamaha MT-15 2021 Dijual Rp 36,93 Juta, Cicilan Termurah Cuma Rp 1,1 Jutaan
Yamaha MT-15 hadir untuk melengkapi jajaran motor sport 150 cc naked. Sebelumnya, Yamaha sudah memiliki Vixion, Vixion R, Byson FI, dan Xabre.
Sayangnya, dari awal meluncur hingga sekarang, Yamaha sama sekali belum memberikan penyegaran pada MT-15. Dari segi desain atau pilihan warna, masih sama seperti saat pertama kali diluncurkan.
Yamaha MT-15 2021 memiliki desain yang khas, terkesan berotot layaknya big bike. Desainnya mewarisi karakter dari keluarga MT (Master of Torque) series.
Tampilan depan memang diakui paling sangar dan agresif berkat kehadiran dua lampu LED yang menyerupai mata. Lampu utamanya justru ditempatkan di tengah dan menyerupai mulut yang sedang terbuka. Layaknya seekor predator yang siap menerkam mangsanya.
Baca juga : Motornya Gagah Servisnya Murah, Ini Dia Biaya Servis Tahun Pertama Yamaha MT-15
Lampu utama MT-15 juga paling berbeda di antara kompetitornya. Motor ini dibekali dengan lampu berteknologi Projector LED. Cahaya yang dihasilkan diklaim lebih terang dan lebih fokus.
Memertahankan karakter MT series, desain tangki bahan bakar dibuat agar terkesan besar dan berotot. Kapasitas tangki bahan bakarnya mencapai 10,4 liter.
Di bagian bawah tangki bahan bakar, dibuatkan shroud untuk menangkap angin. Angin tersebut akan dialirkan ke area mesin untuk memaksimalkan pendinginan.
Bagian buritan juga mendapat sentuhan lebih padat. Sedangkan bagian sepatbor, dibuat lebih ramping untuk menegaskan bodinya yang padat.
Pada bagian suspensi, Yamaha MT-15 2021 menggunakan suspensi depan model upside down dengan warna gold. Sedangkan suspensi belakangnya, mengandalkan monoshock.
Baca juga : Seberapa Irit Konsumsi Bahan Bakar Yamaha MT-15 2021? Ini Dia Jawabannya
Swingarm yang digunakan terbuat dari material aluminium. Desainnya layaknya big bike, swingarm terlihat kokoh, tapi sebenarnya cukup ringan.
Untuk rodanya, Yamaha MT-15 2021 menggunakan pelek dengan warna yang berbeda untuk tiap pilihan warna motor. Sementara bannya, menggunakan tipe tubeless.
Ban depan dan ban belakangnya juga cukup lebar. Ban depan menggunakan ukuran 110/70-17, sedangkan ban belakang berukuran 140/70-17.
Yamaha MT-15 2021 memiliki panjang 1.965 mm, lebar 800 mm, dan tinggi 1.065 mm. Jarak sumbu rodanya mencapai 1.335 mm. Tinggi tempat duduk 810 mm dan jarak terendah ke tanah tercatat 155 mm. Bobotnya sendiri hanya 133 kg.
Ada tiga pilihan warna yang ditawarkan untuk Yamaha MT-15 2021, yakni Matte Grey, Metallic Black, dan Matte Blue. Motor ini juga hanya tersedia satu tipe saja.
Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha MT-15 2021, Naked Bike Paling Gagah Mantap Untuk Harian
Yamaha MT-15 2021 menawarkan posisi berkendara yang ergonomis. Setangnya yang lebar menunjang posisi duduk lebih tegak. Tapi, di satu sisi juga meningkatkan pengendalian motor jadi lebih andal.
Desain tangki dibuat ramping di bagian bawahnya. Sehingga, paha bisa lebih mantap untuk menjepit tangki. Dengan begitu, motor juga lebih lincah untuk diajak bermanuver.
Posisi kakinya sedikit menekuk, karena mengimbangi posisi badan. Untuk pengendara yang memiliki postur di bawah 170 cm, mungkin agak sulit untuk menapak. Sebab, tinggi tempat duduknya mencapai 810 mm.
Performa Yamaha MT-15 2021 dihasilkan dari mesin SOHC, silinder tunggal, 4 tak, berpendingin cairan, dan berkapasitas 155 cc. Mesinnya sudah menggunakan teknologi Variable Valve Actuation (VVA). Teknologi VVA menjadikan torsi merata di setiap putaran mesin.
Mesinnya berkarakter square dengan diameter 58 mm dan langkahnya 58,7 mm. Rasio kompresi yang dihasilkan 11,6:1. Sistem suplai bahan bakar juga sudah menggunakan teknologi injeksi.
Tenaga maksimum yang dihasilkan mencapai 19,3 PS pada 10.000 rpm dan torsi maksimum hingga 14,7 Nm pada 8.500 rpm. Mesin Yamaha MT-15 dikawinkan dengan transmisi manual 6-percepatan.
Pengaplikasian teknologi DiAsil cylinder dan forged piston diklaim membuat mesin motor menjadi tiga kali lebih awet, kuat, dan ringan.
Untuk mengimbangi mesinnya yang bertenaga, Yamaha MT-15 2021 dibekali dengan cakram pada rem depan dan rem belakangnya. Namun, belum ada teknologi Anti-lock Braking System (ABS) pada sistem pengeremannya.
Baca juga : Yamaha MT-15 Berstatus Naked Bike Termahal, Apa Saja Kelebihan dan Kekurangannya?
Urusan fitur, Yamaha MT-15 2021 termasuk canggih. Panel meternya sudah full digital dan informasi yang ditampilkan juga cukup lengkap.
Pada panel meter juga terdapat fitur shift timing light. Yamaha MT-15 2021 juga menggunakan saklar electric starter yang mengadopsi model big bike.
Sistem pencahayaan sudah LED, tapi hanya lampu depan dan lampu belakangnya saja. Sedangkan lampu sein, masih mengandalkan lampu bohlam biasa.
Keunggulan Yamaha MT-15 2021 dibanding rival sekelasnya adalah fitur Assist and Slipper Clutch. Fitur Assist membuat tarikan kopling menjadi lebih ringan.'
Sementara fitur Slipper Clutch, berfungsi untuk memperhalus proses perpindahan gigi saat pengendara menurunkan gigi secara ekstrem. Sehingga, meningkatkan akselerasi berkendara lebih cepat.
Yamaha MT-15 2021 hadir dalam tiga pilihan warna, antara lain Matte Grey, Matte Blue, dan Metallic Black. Hanya tersedia satu tipe, naked bike 150 cc ini dipasarkan dengan harga Rp 36,93 juta (on the road Jakarta).
Yamaha MT-15 2021 memiliki fitur yang cukup lengkap untuk motor sekelasnya. Selain itu, tenaga dan torsinya juga yang paling besar dibandingkan rival-rivalnya di kelas motor sport 150 cc naked. Namun, dari segi harga, Yamaha MT-15 2021 juga yang paling tinggi.
Data Spesifikasi Yamaha MT-15 2021
Mesin | |
Tipe mesin | Liquid cooled, 4-Stroke, SOHC, 4 Valves, VVA |
Jumlah/posisi silinder | Silinder tunggal |
Diameter x Langkah | 58,0 x 58,7 mm |
Perbandingan kompresi | 11,6 : 1 |
Daya maksimum | 19.3 PS / 10000 rpm |
Torsi maksimum | 14.7 Nm / 8500 rpm |
Sistem starter | elektrik starter |
Sistem pelumasan | basah |
Kapasitas oli mesin | Total = 1,50 L ; Berkala = 0,85 L ; Ganti Filter oli = 0,95 L |
Sistem bahan bakar | Fuel Injection |
Volume Silinder | 155 cc |
Tipe Kopling | Wet Type Multi-Plate Clutch; Assist & Slipper Clutch |
Tipe Transmisi | Manual |
Pola Pengoperasian Transmisi | 1-N-2-3-4-5-6 |
Dimensi | |
P x L x T | 1965 X 800 X 1065 mm |
Jarak sumbu roda | 1335 mm |
Jarak terendah ke tanah | 155 mm |
Tinggi tempat duduk | 810 mm |
Berat Isi | 133 kg |
Kapasitas tangki bensin | 10.4 Liter |
Rangka | |
Tipe rangka | Deltabox |
Suspensi Depan | Telescopic Form ( Inverted ) |
Suspensi Belakang | Link Monoshock |
Ban Depan | 110/70-17M/C (54S) |
Ban Belakang | 140/70-17M/C (66S) |
Rem Depan | Disc Brake |
Rem Belakang | Disc Brake |
Kelistrikan | |
Sistem pengapian | CDI/Transistor |
Tipe Busi | MR8E9 |