Honda CBR600RR terbaru akhirnya mendarat di Indonesia. Sebagaimana diketahui, superbike anyar ini mendapatkan pembaruan terkait desain. Termasuk soal livery tricolor yang kini diusung. Menariknya, penyajian itu juga hadir pada Honda CBR150R 2021 dan Honda CBR250RR 2021.
Tentu menjadi sebuah pemandangan baru. Mengingat baru kali ini kedua produk buatan PT Astra Honda Motor (AHM) mendapatkan livery nan legendaris. Pada CBR150R misalnya, opsi tertinggi sebelumnya hanya ditawarkan pada varian Racing Red dan MotoGP Edition. Sedang di CBR250RR, pilihan eksklusif ada di unit Racing Red dan edisi khusus CBR250RR Garuda x Samurai.
Soal penyematan livery tricolor-nya sendiri pun benar-benar selaras dengan Honda CBR1000RR-R yang sudah lebih dulu mengaspal di Tanah Air. Warna merah pada CBR150R maupun CBR250RR paling dominan. Lantas dipadukan pula dengan kelir biru, putih dan hitam. Meski begitu, terdapat perbedaan ihwal pola decal yang diterapkan - mengikuti desain dan bentuk tubuh masing-masing.
Paduan warna legendaris Tricolor telah menjadi ikon sejak puluhan tahun silam. Bermula pada keikutsertaan Honda di ajang balap legendaris Isle of Man TT (1959). Sekitar tahun 1970, pebalap Honda pun mulai memperkenalkan kombinasi tiga warna utama tersebut pada baju balapnya.
Namun, Honda CB750 lah yang pertama kali mengaplikasi livery Tricolor. Lantas digunakan untuk balapan Daytona 200 mile di Amerika Serikat pada 1973. Warisan itu terus mengalir ke ajang balap dunia lain. Sebut saja pada kejuaraan Grand Prix 1979 hingga Paris Dakar Rally 1982. Tak sampai di situ. Toh, livery serupa kembali dipakai Honda lewat kompetisi World Superbike (WSBK).
Berkaca dari histori itu pula, PT AHM ingin membagikan rangkaian sejarah Tricolor Honda kepada calon pembeli Honda CBR150R. Hadirnya Honda CBR150R Tricolor bisa jadi pilihan menarik untuk Anda. Walau termasuk varian atas, unit ini nyatanya bukan lah yang paling mahal. Harga CBR150R Tricolor ABS dipatok Rp 40,6 juta.
Harga jualnya itu setara dengan CBR150R Racing Red. Artinya, Anda punya dua opsi dengan harga selevel di dalam katalog. Satu yang pasti, dia lebih murah Rp 200 ribu dari CBR150R MotoGP Edition berbanderol Rp 40,8 juta.
Spesifikasi Honda CBR150R 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi (P x L x T) | 1.983 x 694 x 1.038 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.311 mm | |
Jarak Terendah Ke Tanah | 166 mm | |
Ketinggian Tempat Duduk | 787 mm | |
Berat Kosong | 135 kg | |
Tipe Rangka | Diamond (Truss) Frame | |
Tipe Suspensi Depan | Up-side down (USD) | |
Tipe Suspensi Belakang | Lengan ayun dengan suspensi tunggal (Sistem Pro-Link) | |
Ukuran Ban Depan | 100/80-17 52P (Tubeless) | |
Ukuran Ban Belakang | 130/70-17 62P (Tubeless) | |
Tipe Rem Depan | Cakram hidrolik | |
Tipe Rem Belakang | Cakram Hidrolik | |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 12 liter | |
Tipe Mesin | 4 Langkah, DOHC, 4 Katup | |
Sistem Pendinginan | Liquid Cooled with Auto Fan | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Programmed Fuel Injection (PGM-FI) | |
Diameter x Langkah | 57.3 x 57.8 mm | |
Volume Langkah | 149.16 cc | |
Perbandingan Kompresi | 11.3 : 1 | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.1 | |
Tipe Kopling | Wet | |
Tipe Transmisi | Manual, 6 kecepatan | |
Pola Perpindahan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Starting System | Elektric Starter | |
Daya Maksimum | 17.1 PS @9.000 rpm) | |
Torsi Maksimum | 14.4 Nm @7.000 rpm) |
Penetapan harga Honda CBR250RR Tricolor, nyatanya setali tiga uang. Banderolnya ditaruh selevel dengan Honda CBR250RR Racing Red yakni Rp 77,3 juta. Dengan kata lain, banderol itu masih di bawah varian paling atas CBR250RR Garuda x Samurai yang dilego Rp 77,7 juta (on the road Jakarta).
Menurut kami, versi tricolor pada motor sport seperempat liter ini tetap layak dijadikan pilihan. Selain mendapatkan opsi selain tipe Racing Red, CBR250RR Tricolor jua sudah dilengkapi dengan perangkat baru berupa Quick Shifter (QS). Terdapat empat mode Quick Shifter yang dapat disesuaikan sesuai kebutuhan pengendara. Mulai dari mengaktifkan naik-turun gigi, menaikkan gigi saja, menurunkan gigi dan mode Quick Shifter off.
Selain itu, tersedia pula fitur Assist & Slipper Clutch. Berfungsi untuk mencegah ban belakang selip yang disebabkan oleh engine brake saat penurunan gigi secara ekstrim. Tak cuma itu. Pengaplikasian fitur ini juga membuat pengoperasian kopling menjadi lebih ringan.
Spesifikasi Honda CBR250RR 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi (P x L x T) | 2.060 x 724 x 1.098 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.389 mm | |
Jarak Terendah Ke Tanah | 145 mm | |
Ketinggian Tempat Duduk | 790 mm | |
Berat Kosong | 168 kg | |
Tipe Rangka | Diamond (Truss) Frame | |
Tipe Suspensi Depan | up-side down (USD) | |
Tipe Suspensi Belakang | Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System) | |
Ukuran Ban Depan | 110/70 – 17 54S (Tubeless) | |
Ukuran Ban Belakang | 140/70 – 17 66S (Tubeless) | |
Tipe Rem Depan | Cakram hidrolik dual piston | |
Tipe Rem Belakang | Cakram Hidrolik single piston | |
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 14,5 liter | |
Tipe Mesin | 4-Stroke, 8-Valve, Parallel Twin Cylinder | |
Sistem Pendinginan | Liquid Cooled with Auto Fan | |
Sistem Suplai Bahan Bakar | Programmed Fuel Injection (PGM-FI) | |
Diameter x Langkah | 62,0 x 41,4 mm | |
Volume Langkah | 249.7 cc | |
Perbandingan Kompresi | 12,1:1 | |
Kapasitas Minyak Pelumas Mesin | 1.9 | |
Tipe Kopling | Multiple Wet Clutch with Coil Spring | |
Tipe Transmisi | Manual, 6 kecepatan | |
Pola Perpindahan Gigi | 1-N-2-3-4-5-6 | |
Starting System | Elektric Starter | |
Daya Maksimum | 41 PS @13.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 25 Nm @11.000 rpm |