Generasi terbaru Honda PCX yakni Honda PCX 160 2021 sudah resmi mengaspal. Ada banyak peningkatan yang diberikan Honda pada skuter matik (skutik) elegan tersebut.
Banyak teknologi baru yang diusung pada skutik dengan dimensi bongsor ini. Mulai dari sektor dapur pacu hingga fiturnya, banyak hal baru yang ditawarkan oleh motor ini. Apa saja?
Honda PCX 160 sudah dibekali dengan mesin terbaru, yaitu eSP+ (enhanced Smart Power +). Dengan mesin baru ini, tentu ada peningkatan dari segi tenaga dan juga torsi yang dihasilkan.
Baca juga : Simak Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax
Jumlah katup yang digunakan pada mesin Honda PCX 160 menjadi empat katup. Lalu diameter piston dan langkahnya juga mengalami peningkatan. Sekarang, ukurannya menjadi 60 mm x 55,5 mm.
Sehingga, kapasitas mesinnya pun ikut membengkak menjadi 156,9 cc. Bagian busi juga sedikit mengalami revisi. Kali ini, posisi busi ditempat tepat di tengah piston.
Mesin terbaru Honda PCX 160 mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,7 PS pada 8.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14,7 Nm pada 6.500 rpm.
Selain itu, efisiensi pemasukan campuran udara dengan bahan bakarnya dan efisiensi pembuangan gas pembakaran juga ditingkatkan agar tercapai output yang tinggi.
Guna mengurangi hambatan geser dan meningkatkan rasio kompresi, di dalam mesin eSP+ ini sudah terdapat Piston Oil Jet. Piston tersebut akan menyemprotkan oli mesin ke bagian belakang piston. Fungsinya adalah membuat pendinginan menjadi lebih efisien dan meningkatkan waktu pembakaran.
Baca juga : Beragam Pertanyaan Yang Timbul Terkait Honda PCX 160 2021, Masih Ragu Untuk Beli?
Pistonnya juga telah dilapisi dengan molybdenum dengan desain ring piston yang baru. Dengan begitu, pistonnya dapat menyapu pelumas dengan lebih baik.
Mesin eSP+ ini juga telah dibekali dengan hydraulic cam chain tensioner lifter. Komponen tersebut mampu mengurangi gesekan dan suara yang dihasilkan mesin, serta getaran mesin pada saat yang bersamaan. Sehingga, kinerja mesin menjadi lebih stabil.
Selanjutnya, jalur intake dari saringan udara ke pipa inlet sudah diperluas. Diameter throttle body ikut diperbesar dari 26 mm menjadi 28 mm, untuk meningkatkan efisiensi jalur masuk udara.
Baca juga : Bukan Sekadar Ada, Ini Pentingnya Kontrol Traksi di Honda PCX 160 dan Yamaha Nmax
Honda PCX 160 juga mengalami ubahan di bagian knalpot, tepatnya pada struktur di bagian dalamnya. Jadi, tak hanya performa yang meningkat, tapi juga tetap ramah lingkungan.
Rangka baru yang disematkan pada Honda PCX 160 dirancang untuk mencapai paket bodi yang gesit dan stabil pada semua rentang kecepatan.
Namun, Honda tetap menjaga lebar bodi cover sama dengan PCX 150. Konstruksi rangka sudah disederhanakan dan tipe engine mounting juga telah mengalami perubahan.
Rangka baru model double cradle ini memiliki struktur yang berbeda dibandingkan model lama. Rangka ini dirancang untuk mendapatkan keseimbangan optimal antara pengurangan bobot dan rigiditas.
Baca juga : Punya Dana Rp 40 Jutaan, Pilih Honda PCX Hybrid atau Honda CBR150R 2021?
Dengan mengoptimalkan diameter pipa, ketebalan dinding, dan material yang menyusun setiap bagian dan dengan analisis CAE, serta posisi sambungannya, maka bobotnya telah berkurang sebanyak 760 gram.
Salah satu fitur terbaru yang disematkan pada Honda PCX 160 adalah sistem kontrol traksi atau HSTC. Fitur ini sebelumnya dapat ditemui pada Honda Forza.
HSTC baru diadopsi untuk memberikan rasa aman di permukaan jalan yang licin atau mudah selip. Sehingga, pengendara Honda PCX 160 tetap dapat merasakan traksi yang maksimal.
HSTC mengontrol torsi mesin dengan mengontrol jumlah injeksi bahan bakar sesuai dengan laju selip roda belakang dan bukaan katup throttle. Sehingga, meminimalisasi terjadinya selip pada roda belakang.
Baca juga : Lawan Semakin Tangguh, Ini Ragam Jurus Sakti Yamaha Nmax 155 2021 Untuk Hadapi Honda PCX 160 2021
Indikator HSTC di panel meter memperingatkan pengendara tentang operasi sistem dengan lampu indikator yang menyala. Indikator HSTC dapat dihidupkan atau dimatikan menggunakan sakelar multifungsi pada panel meter, tergantung pada kondisi jalan raya yang dilalui.
Honda PCX 160 tetap memberikan kemudahan pada para pengendara untuk mengecas baterai smartphone. Di dalam kotak konsol depan, Honda sudah membekali skutik ini dengan soket USB tipe A.
Masih banyak fitur-fitur lainnya yang menjadi daya tarik, seperti panel meter full digital, teknologi keyless atau Smart Key System, sistem pengereman Anti-lock Braking System, dan lainnya.
Honda PCX 160 hadir dengan duavarian, yakni CBS (Combi Brake System), ABS (Anti-lock Braking System) dan e:HEV yang merupakan varian tertinggi dengan teknologi hybrid canggih.
Baca juga : Heboh Topspeed Hanya 117 Km/jam, Seperti Ini Spesifikasi Honda PCX 160 2021
Varian CBS ditawarkan dengan empat pilihan warna, antara lain Marvelous Matte Gray, Majestic Matte Red, Wonderful White, dan Glorious Matte Black. Sedangkan Varian ABS, terdapat empat pilihan warna juga, yakni Majestic Matte Red, Royal Matte Blue, Wonderful White, dan Brilliant Black. Lalu varian e:HEV hanay tersedia Horizon White saja.
Data Spesifikasi Honda PCX 160 | |||
---|---|---|---|
Mesin | |||
Tipe Mesin | 4-Langkah, 4-Valve, eSP+ | ||
Tipe Pendingin | Pendingin Cairan | ||
Sistem Suplai Bahan Bakar | PGM-FI (Programmed Fuel Injection) | ||
Volume Langkah | 156,9 cc | ||
Diameter X Langkah | 60 x 55,5 mm | ||
Perbandingan Kompresi | 12:1 | ||
Daya Maksimum | 11,8 kW (16 PS) / 8.500 rpm | ||
Torsi Maksimum | 14,7 Nm (1,5 kgf.m) / 6.500 rpm | ||
Tipe Transmisi | Otomatis, V-Matic | ||
Tipe Starter | Elektrik | ||
Tipe Kopling | Otomatis, Sentrifugal, Tipe Kering | ||
Kapasitas Minyak Pelumas | 0,8 liter (Penggantian Periodik) | ||
Rangka dan Kaki-kaki | |||
Tipe Rangka | Double Cradle | ||
Ukuran Ban Depan | 110/70 - 14 M/C Tubeless | ||
Ukuran Ban Belakang | 130/70 - 13 M/C Tubeless | ||
Sistem Pengereman Depan | Cakram hidrolik - (Tipe CBS) Triple Pots Hydraulic, Combined Brake System / (Tipe ABS) Anti Lock Braking System- | ||
Sistem Pengereman Belakang | Cakram Hidrolik | ||
Tipe Suspensi Depan | Teleskopik | ||
Tipe Suspensi Belakang | Suspensi Belakang Ganda | ||
Dimensi | |||
Panjang X Lebar X Tinggi | 1.936 x 742 x 1.108 mm | ||
Jarak Sumbu Roda | 1.313 mm | ||
Jarak Terendah Ke Tanah | 135 mm | ||
Tinggi Tempat Duduk | 764 mm | ||
Berat Kosong | 131 kg (tipe CBS), 132 kg (tipe ABS) | ||
Kapasitas Tangki Bahan Bakar | 8,1 liter | ||
Kelistrikan | |||
Sistem Pengapian | Full Transisterized | ||
Tipe Baterai/Aki | 12 V - 5 Ah, tipe MF | ||
Tipe Busi | NGKLMAR8L-9 | ||
Power Charger | 5V,2,1A |