Meski sudah banyak pesaing yang bermain di kelas yang sama, Kawasaki KLX 150 tetap banyak diminati. Sebab, motor trail 4 tak 150 cc ini bisa dikatakan sebagai pelopor di Indonesia.
Kawasaki KLX 150 pertama kali hadir pada 2009. Motor trail ini sudah beberapa kali mengalami penyegaran, mulai dari desain, tampilan, spesifikasi, hingga pilihan warnanya.
Sementara Kawasaki KLX 150, baru kedatangan kompetitor pada 2017 dengan hadirnya Honda CRF 150L. Jadi, selama delapan tahun motor trail 4 tak tersebut bermain sendirian.
Meskipun sekarang ini sudah ada banyak kompetitornya, Kawasaki KLX 150 tetap menjadi idola banyak orang. Ada beberapa kelebihan motor ini yang menjadi daya tarik. Berikut ini 5 kelebihan Kawasaki KLX 150.
Baca juga : Ini Kelebihan dan Kekurangan Kawasaki KLX150 2021, Pelopor Motor Trail 150 Cc di Indonesia
Desain Kawasaki KLX 150 memiliki tampilan yang gagah. Desainnya juga mengikuti perkembangan zaman dengan garis bodi yang tajam dan agresif.
Desain lampu depan juga berubah dari generasi pertamanya. Model lampu depan mirip dengan motor trail Eropa, seperti KTM atau Husqvarna.
Selain lampu depan, desain knalpot Kawasaki KLX 150 juga dibuat lebih modern. Desain jok juga dibuat menarik dengan kombinasi two tone.
Kawasaki KLX 150 dibekali dengan mesin SOHC, 2 katup, berpendingin udara, satu silinder, dengan kapasitas 150 cc. Mesin tersebut dapat menghasilkan tenaga maksimum hingga 11,6 PS pada 8.000 rpm dan torsi maksimum mencapai 11,3 Nm pada 6.500 rpm.
Kualitas mesinnya diakui banyak pencinta motocross atau yang hobi terabas. Banyak yang memanfaatkan motor ini tidak hanya untuk harian, tapi juga menyalurkan hobi adventure, off road, atau enduro sekalipun.
Baca juga : Kawasaki KLX 230 2021, Dual Purpose Paling Bijak Diantara Versi 150 cc dan 250 cc
Kawasaki KLX 150 diakui sebagai motor trail yang cukup lincah. Dengan kombinasi pelek depan 19 inci dan pelek belakang 16 inci atau pelek depan 21 inci dan pelek belakang 18 inci, motor trail ini banyak diandalkan para pencinta roda dua.
Kawasaki KLX 150 juga banyak diandalkan sebagai motor harian, khususnya konsumen di perkotaan. Dengan kondisi jalan banyak yang rusak atau banjir, motor trail ini tetap andal.
Kawasaki KLX 150 dibekali dengan suspensi depan dua tipe. Ada yang dibekali dengan suspensi model teleskopik dan suspensi depan model upside down.
Suspensinya diakui cukup empuk, baik suspensi depannya maupun suspensi belakang. Suspensi belakang model monoshock juga bisa diatur preload-nya.
Baca juga : Bagi para penggemar motor, apakah Kawasaki KLX 150L layak dibeli?
Kawasaki KLX 150 memiliki banyak varian, bukan hanya pilihan warnanya saja tapi juga tampilan. Selain KLX 150, hadir juga KLX 150BF, KLX 150 BF SE, dan KLX 150L.
Harga yang ditawarkan dari tiap varian juga cukup terjangkau. Kawasaki KLX 150 dibanderol mulai dari Rp 30,9 juta hingga Rp 37,6 juta saja, harga on the road Jakarta.
Meskipun Kawasaki KLX 150 dinilai ketinggalan zaman dari segi fitur dan teknologi, tapi ada banyak juga kelebihan motor trail ini yang menjadi daya tarik dari performa mesin dan bobotnya yang ringan sehingga lebih mudah dikendalikan.
Namun pihak Kawasaki sebaiknya harus segera berbenah menghadirkan generasi terbaru dari Kawasaki KLX 150, supaya tak terlalu jauh ketinggalan dari kompetitornya yaitu Honda CRF 150L dan Yamaha WR 155R.
Spesifikasi Kawasaki KLX150 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.080 x 830 x 1.115 mm | |
Sumbu Roda | 1.340 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 870 mm | |
Berat | 118 kg | |
Kapasitas Tangki | 6,9 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, pendingin udara | |
Kapasitas | 144 cc | |
Diameter x Langkah | 58 x 54,4 mm | |
Karburator | Keihin NV24 | |
Rasio Kompresi | 9,5 : 1 | |
Transmisi | Manual, 5 speed | |
Tenaga Maksimal | 12 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 11,3 Nm @ 6.500 rpm | |
Kaki-Kaki | ||
Suspensi Depan | Teleskopik & upside down (BF) | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 2.75-21" | |
Ban Belakang | 4.10-18 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Cakram |