Honda CRF250 Rally 2021 alami penyegaran. Model teranyar yang ditampilkan PT Astra Honda Motor (AHM) hari ini (2/3), tak sekadar menyajikan desain baru. Pasalnya, ada peningkatan juga dari sisi performa dan fitur sebagai pembeda dengan generasi pendahulu.
Mengenai fasad memang tak ada perubahan signifikan. Bagian muka motor adventure ini masih mengandalkan penerangan unik, dual asymmetry headlight LED berpadu windscreen menjulang. Begitu pula dengan perlengkapan hand guard, bodi samping hingga ke buritan.
Lantas kelir bak skema tricolor. Hanya saja inilah satu-satunya pilihan yang ditawarkan pabrikan pada CRF250 Rally terbaru. Sementara varian lain berwarna hitam (Extreme Black) menghilang dari etalase produk. Artinya, hanya ada satu opsi saja untuk calon peminat.
Hal menarik justru terlihat dari area kokpit. Panel meter yang berlindung di balik windscreen itu sekarang memiliki ukuran lebih besar. Font maupun angka digital yang mengisi di dalamnya pun turut diperbesar. Otomatis, memudahkan pengendara kala melihat indikator seperti odometer, spidometer, takometer, penunjuk waktu maupun kapasitas bahan bakar. Bahkan, ada tambahan fitur lagi yaitu catatan rata-rata konsumsi BBM dan transmisi.
Baca juga: Honda CRF150L Mampu Diajak Berpetualang
Kenyataannya, ubahan juga menyasar ke area rancang bangun. Di atas kertas, spesifikasi Honda CRF250 Rally 2021 berbeda dengan CRF250 Rally lama. Meski punya jarak sumbu roda yang sama (1.455 mm), model anyar terlihat lebih bongsor.
Jelas ada keterpautan antar keduanya dari segi dimensi. Meski begitu, CRF250 Rally baru justru lebih ramah untuk pengendara. Penyetelan joknya dibuat lebih rendah. Tak cuma itu, bobot kosong model anyar ini juga lebih ringan 3 kg dari CRF250 Rally generasi lama.
Perbandingan Rancang Bangun | ||
---|---|---|
Honda CRF 250 Rally 2020 | Honda CRF250 Rally 2021 | |
Dimensi (P x L x T) | 2.210 x 900 x 1.425 mm | 2.230 X 920 X 1.415 |
Jarak Sumbu Roda | 1.455 mm` | 1.455 mm |
Jarak Terendah Ke Tanah | 270 mm | 275 mm |
Tinggi Jok | 895 mm | 885 mm |
Curb Weight | 155 kg | 152 kg |
Frame Type | Steel Twin Tube | Semi-Double Cradle, Steel |
Suspension Type (Front) | 43 mm Showa Inverted Fork, 250 mm Stroke | Showa Inverted Telescopic 43mm Diameter |
Suspension Type (Rear) | Pro-link 265 axle stroke, Showa single tube 40 mm | Showa Pro-link |
Brakes (Front) | 256 mm Floating Wave Disk with Dual-Piston Calipers | 296mm Floating Wave Disc with Dual-Piston Calipers |
Brakes (Rear) | 220 mm Wave Disk with Single-Piston Caliper | 220mm Wave Disc with Single-Piston Calipers |
Brake Type (Front) | 3.00 – 21 51P | 80/100-21M/C (51P) |
Brake Type (Rear) | 120/80 – 18M/C 62P | 120/80-18M/C (62P) |
Terkait dimensi pula pihak pabrikan kian leluasa melakukan peningkatan. Kapasitas tangki bensin Honda CRF250 Rally 2021 kini mencapai 12,8 liter. Bertambah sebanyak 2,7 liter dari versi lawas yang hanya 10,1 liter. Wajar jika daya jelajahnya bertambah. Seperti disampaikan PT AHM dalam rilis, ia mampu menjelajah lebih dari 445 km dan konsumsi BBM 34,8 km/liter.
Hal ini kemudian ditunjang oleh penggunaan sasis semi double cradle, suspensi depan upside down (USD) 43 mm serta shock absorber tunggal jenis Pro Link buatan Showa. Kedua peredam kejut plus swingarm baru tersebut ditugaskan memberikan peredaman terhadap sepasang roda ukuran 21 inci dan 18 inci (depan-belakang).
Baca juga: Simak Komparasi Honda CRF150L 2021 vs Yamaha WR 155 R 2021
Secara keseluruhan, CRF250 Rally sangat ideal untuk melakoni giat cross country dengan rute onroad maupun offroad. Faktanya, sentuhan baru juga bisa Anda rasakan saat mengeksplorasi performa si kuda besi. Penurunan berat tubuhnya tadi rupanya diikuti pula dengan peningkatan output. Tercatat tenaga CRF250 Rally 2021 kini mencapai 25,69 PS di putaran 8.500 rpm. Sementara untuk torsi maksimal tercatat 23,1 Nm pada 6,500 rpm.
Perbandingan Spesifikasi Mesin | ||
---|---|---|
Honda CRF250 Rally 2020 | Honda CRF250 Rally 2021 | |
Engine Type | Liquid Cooled, 4 Stroke, Single, DOHC | 4-Stroke DOHC 4-valve Single Cylinder |
Displacement | 249,6 cm | 249.6cc |
Fuel Supply System | PGM-FI (Programmed Fuel Injection System) | PGM-FI |
Bore x Stroke | 76 x 55 mm | 76 x 55 mm |
Transmission Type | 6 Speed | 6 Speed |
Compression Ratio | 10,7 : 1 | 10,7 : 1 |
Maximum Power | 24,7 PS @ 8,500 rpm | 25,69 PS @8.500 rpm |
Maximum Torgue | 22,6 Nm @6,750 rpm | 23,1 Nm @6.500 rpm |
Starter Type | Electric Starter | Electric Starter |
Clutch Type | Wet, multi plate hydraulic | Wet, multi plate hydraulic |
Oil Capacity | 1,8 liter | 1,8 liter |
Fuel Capacity | 10,1 liter | 12,8 liter |
Ada gap cukup signifikan manakala membandingkan torehan sebelumnya yakni 24,7 PS @8.500 rpm dan 22,6 Nm @6.750 rpm. PT AHM mengungkap tenaga dan torsi yang lebih besar ini berdampak pada pergerakannya yang kian responsif.
Walau tak ada data soal akselerasi, mereka mengatakan itu terjadi lantaran adanya perubahan pada ratio gear, intake chamshaft dan intake. Lalu sebagai pelengkap, ditambahkan pula Assist & Slipper Clutch. Sebuah fitur yang berguna meminimalisir gejala roda belakang terkunci, akibat adanya engine brake. Ada juga fungsi lainnya, ditujukan agar pengendara lebih ringan ketika mengoperasikan kopling.
Meski begitu, ada konsekuensi atas perubahan yang terjadi dari CRF250 Rally paling baru ini. Peminat harus menebus lebih mahal karena harga Honda CRF250 Rally 2021 dipatok Rp 87.500.000 (on the road Jakarta). Terdapat kenaikan dari CRF250 Rally 2020 yang dilego Rp 83.751.000. Tapi, selisih Rp 3.749.000 itu rasanya tak seberapa ketimbang penawarannya sekarang bukan?