Dibanding Trail 150 cc Lain, Ini Daftar Keunggulan dan Kelemahan Yamaha WR 155 R 2021

Yamaha WR 155 R 2021 merupakan pemain baru di segmen motor trail 150 cc tanah air. Motor ini dikenalkan akhir tahun 2019 lalu, untuk bersaing dengan Kawasaki KLX 150 2021 dan Honda CRF150L 2021.

Ya akhirnya PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ikut meramaikan segmen motor trail 150 cc. Muncul belakangan, Yamaha WR 155 R dibekali mesin bertenaga dan fitur tercanggih.

Yamaha WR 155 R 2021 pemain baru trail 150 cc.

Secara tampilan Yamaha WR 155 R 2021 terinspirasi dari Yamaha YZ, dengan styling bodi ala motor dual purpose yang ramping. Garis-garis tajamnya jelas sesuai dengan selera kebanyakan konsumen Indonesia.

Tapi yang harus diketahui, desainnya ini sudah lebih dulu digunakan untuk Yamaha WR 125 R yang beredar di Eropa. Hanya saja YIMM menyematkan mesin berbeda, menyesuaikan kebutuhan pasar.

Perkara mesin, Yamaha membuatnya punya performa tinggi dengan menyematkan mesin 155 cc yang sama dengan milik Yamaha MT-15, Yamaha R15 dan Yamaha Vixion R. Menarik bukan?

Desain Yamaha WR 155 R 2021 tampil sporty dengan banyak sudut tajam.

Yamaha WR 155 R 2021 dilepas hanya dengan satu varian saja, dan dilabeli harga Rp 36,9 juta on the road Jakarta. Murah atau mahal menurut Anda?

Baca juga : Spesifikasi Lengkap Yamaha WR 155R 2021, Motor Trail 150 Paling Modern Saat Ini

Keunggulan dan Kelemahan Yamaha WR 155 R 2021

Hadir belakang, Yamaha jelas bisa mempelajari kelemahan dari para pesaingnya, dan membuat Yamaha WR 155 R punya kemampuan lebih baik. Hal ini membuatnya memiliki keunggulan yang banyak diinginkan pengguna motor trail 150 cc.

Meski begitu, tetap saja ada beberapa kelemahan dari motor ini yang dikeluhkan penikmat motor trail 150 cc di Indonesia. Apa saja kira-kira? Dan berikut penjelasannya.

Yamaha WR 155 R 2021 saat media test ride tahun lalu.

Keunggulan Yamaha WR 155 R 2021 :

1. Mesin Paling Bertenaga

Dengan menggunakan jantung pacu yang sama dengan keluarga motor sport 155 cc lainnya, Yamaha WR 155 R 2021 punya performa paling mumpuni. Spesifikasinya pun paling canggih, 4-tak, SOHC 4 katup dengan VVA (Variable Valve Actuation).

Keluaran tenaganya mencapai 16,72 PS pada 10.000 rpm, dengan capaian torsi maksimal 14,3 Nm di 6.500 rpm. Dengan katup VVA, penyaluran tenaga mesin akan merata disetiap putaran mesin.

Baca juga : Bingung Pilih Honda CRF 150 L atau Yamaha WR 155 R, Simak Dulu Komparasinya

Mesin Yamaha WR 155 R 2021 paling bertenaga.

Bandingkan dengan Honda CRF150L yang memiliki tenaga 12,91 PS di 8.000 rpm dan torsi 12,43 Nm di 6.500 rpm. Sedangkan Kawasaki KLX 150L hanya 12 PS pada putaran 8.000 rpm serta torsi 11,3 Nm di 6.500 rpm.

Baca juga : Review Lengkap Honda CRF150L 2021, Sang Idola Baru Motor Garuk Tanah

2. Transmisi 6 Speed

Salah satu faktor yang membuat Yamaha WR 155 R 2021 juga menyenangkan dipakai di jalan aspal. Transmisi enam percepatan membuat nafas mesin terasa panjang dan topspeed yang bisa dicapai juga lebih baik.

Bagian ini juga jadi pembeda dari saudaranya yang bermesin 155 cc, yakni absennya fitur Assist & Slipper Clutch. Untuk motor on road, fitur tersebut justru berguna, tapi untuk off road justru tak diperlukan.

Yamaha WR 155 R 2021 mudah melibas tanjakan.

Pasalnya, ada kalanya saat melintasi jalur off road, pengendara mengunci roda belakang ketika melewati turunan curam, atau juga untuk melakukan manuver.

3. Fitur dan Teknologi Canggih

Untuk penerangan semuanya masih andalkan bohlam, seperti juga kompetitornya. Tapi melihat bagian lainnya, jelas Yamaha WR 155 R ini punya fitur yang paling canggih saat ini.

Lihat panel meter LCD yang memberikan informasi lengkap, seperti spidometer, takometer, odometer, trip meter, konsumsi bensin rata-rata, posisi gigi transmisi, jam, fuel meter dan indikator VVA.

Panel meter Yamaha WR 155 R 2021 paling lengkap isinya.

Kemudian hadirnya lampu hazard satu-satunya disegmennya, engine cut off, pendinginan mesin sudah pakai cairan dan kapasitas tangki paling besar, mencapai 8,1 liter. Untuk trabasan tak perlu takut kehabisan bensin.

Pelek yang dipakai sudah ringan berkat bahan alumunium. Lingkar pelek depan 21 inci berbungkus ban 2,75 - 21. Sedangkan pelek belakang 18 inci, diballut ban berukuran 4.10 - 18.

Baca juga : Simak 5 Daya Tarik Kawasaki KLX150, Pelopor Trail 150 cc Indonesia

Tangki Yamaha WR 155 R 2021 paling besar.

4. Redaman Suspensi Paling Empuk

Melihat kaki-kakinya, khususnya bagian depan terlihat biasa karena pakai tipe teleskopik. Namun diameter tabungnya besar mencapai 41 mm, dengan jarak main yang panjang.

Peredamannya cenderung empuk dan kenyal, sangat mumpuni dipakai melewati permukaan tak rata. Termasuk dipakai agak ekstrim untuk melompati gundukan tanah.

Sementara suspensi belakang dengan link, juga memiliki karakter empuk, sehingga akan sedikit amblas saat motor diduduki. Asyiknya, pengendalian Yamaha WR 155 R 2021 di permukaan aspal, relatif stabil dan minim gejala mengayun.

Baca juga : Murahnya Biaya Perawatan Yamaha WR 155R di Tahun Pertama, Tak Sampai Rp 500 Ribu

Redaman suspensi Yamaha WR 155 R 2021 cocok untuk segala medan.

5. Paling Cocok Jadi Supermoto

Sejauh ini pabrikan hanya menyediakan versi trail saja, dengan tapak ban kasar. Namun fenomena di lapangan, banyak konsumen yang menjadikannya basis untuk modifikasi supermoto, seperti halnya Yamaha WR 125 X yang juga beredar di Eropa.

Ini tak terlepas dari performa mesinnya yang memang menyenangkan untuk dipakai di jalan aspal. Nafas mesin panjang, dengan transmisi enam percepatan sangat mumpuni dipakai sehari-hari.

Bobot Yamaha WR 155 R 2021 paling berat.

Kelemahan Yamaha WR 155 R 2021 :

1. Bobot Paling Berat

Ini tak bisa dibantah, dengan banyaknya piranti pendukung seperti radiator dan tangki yang lebih besar, membuat berat basah Yamaha WR 155 R 2021 mencapai 134 kg. Bobotnya akan memberi effort lebih kala dipakai off road.

Jika dibandingkan, Kawasaki KLX 150 BF SE kasta tertinggi KLX 150, punya bobot hanya 118 kg saja. Sementara Honda CRF150L 122 kg. Urusan kemudahan handling, kompetitornya akan lebih menyenangkan pastinya.

Bentuk sasis Yamaha WR 155 R 2021.

2. Harga Cukup Tinggi

Untuk sebagian orang, banderol yang melekat untuk Yamaha WR 155 R 2021 dirasa masih tinggi. Harganya Rp 36,9 juta on the road Jakarta, meski jika dilihat secara fitur, banderolnya masih value for money.

Sementara Honda CRF150L 2021 dilepas RP 34,45 juta saja. Dan Kawasaki KLX 150 dengan sejumlah variannya, ditawarkan dengan rentang harga mulai dari Rp 32,6 juta sampai Rp 37,6 juta. Varian termahal sudah dilengkapi aksesoris pendukung.

3. Posisi Radiator Rawan

Yamaha WR 155 R 2021 jadi motor trail 150 cc pertama yang dibekali pendingin cairan. Namun banyak orang yang sanksi, teknologi ini justru akan merepotkan kala dipakai trabas dan motor terguling.

Posisi radiator Yamaha WR 155 R 2021 terlalu terbuka.

Letak radiator yang ada di sisi kanan terlalu terekspos, kemungkinan terbentur benda keras sangat besar. Memang sejauh ini belum ada kasus raditor rusak karena terjatuh yang dikeluhkan penggunannya.

Namun ada baiknya langsung diberi cover pelindung jika Anda membeli motor ini. Selain untuk melindungi, cover radiator juga bisa menunjang penampilan motor.

Baca juga : Review Kawasaki KLX 150 2021, Pelopor Motor Trail 150 Yang Masih Digemari

Dua opsi warna Yamaha WR 155 R 2021.

Harga dan Pilihan Warna Yamaha WR 155 R 2021

Pihak YIMM sejauh ini hanya menawarkan Yamaha WR 155 R dengan satu varian saja. Harga jualnya untuk area Jakarta, diangka Rp 36,9 juta. Sayangnya pilihan warna hanya tersedia dua saja, tak banyak pilihan memang.

Kesimpulan

Jika ada niatan untuk memiliki motor trail 150 cc dengan performa dan teknologi terbaik, Yamaha WR 155 R 2021 merupakan pilihan yang tepat. Apalagi jika ada niatan untuk dijadikan supermoto, mesinnya sangat mendukung.

Yamaha WR 155 R 2021 diterima baik oleh masyarakat Indonesia.

Hanya saja bobotnya yang paling berat, akan membutuhkan usaha lebih untuk bisa bermanuver dengan lincah di medan off road. Namun soal performa, Yamaha WR 155 R akan menyenangkan untuk melibas beragam rintangan.

Spesifikasi Yamaha WR 155 R 2021
Dimensi
P x L x T 2.145 x 840 x 1.200 mm
Sumbu Roda 1.430 mm
Jarak Terendah 245 mm
Tinggi Tempat Duduk 880 mm
Berat Isi 134 kg
Kapasitas Tangki 8,1 liter
Mesin
Tipe 4-tak, SOHC 4 katup, pendingin cairan
Diameter x Langkah 58  x 58,7 mm
Kapasitas Mesin 155 cc
Rasio Kompresi 11,6 : 1
Transmisi manual 6 speed
Tenaga Maksimal 16,7 PS @ 10.000 rpm
Torsi Maksimal 14,3 Nm @ 6.500 rpm
Rangka & Kaki-Kaki
Tipe Rangka Semi double cradle
Suspensi Depan Teleskopik
Suspensi Belakang Monosok
Ban Depan 2.75-21
Ban Belakang 4.10-18
Rem Depan Cakram 240 mm
Rem Belakang Cakram 220 mm
   
Harga Rp 36,9 juta
*harga on the road Jakarta
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Harry

Senior Reporter

Mulai menyukai dunia otomotif sejak masih duduk di bangku SMA. Kecintaannya dimulai dengan mengoprek sepeda motor yang diberi...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Yamaha WR155 R
Lihat