Dengan mesin yang disebut-sebut paling bertenaga, Suzuki GSX-R150 memerlukan perawatan rutin setiap 4.000 km. Menariknya biaya yang dikeluarkan justru sangat ramah dikantong, hanya Rp 450 ribuan setiap tahunnya.
Motor sport fairing bermesin 150 cc andalan PT Suzuki Indomobil Sales ini memang menjadi primadona. Selain performanya, desain dan teknologi yang dibawanya memang cukup menggoda.
Motor sport ini merupakan produk global. Jadi, tidak hanya dijual di Indonesia saja, melainkan juga diekspor ke beberapa negara ASEAN lainnya seperti Thailand, Vietnam, Filipina, dan wilayah Asia lainnya seperti Bangladesh dan juga Taiwan.
Baca juga : Punya Modal Bagus, Kenapa Suzuki GSX-R150 Kurang Peminat?
Selain itu, Suzuki GSX-R150 juga diminati hingga wilayah Amerika Latin, seperti Kolombia dan Meksiko. Untuk beberapa negara, Suzuki menyiapkan versi lain dengan kapasitas mesin lebih kecil, yakni Suzuki GSX-R125.
Suzuki GSX-R150 juga sebenarnya merupakan pengembangan dari Suzuki Satria F150. Sebab, motor ini menggunakan komponen yang hampir sama, mulai dari rangka, mesin, speedometer, perangkat pengereman, dan lainnya.
Motor sport yang masuk dalam keluarga GSX series ini dibekali dengan mesin 4 tak berkapasitas 150 cc, silinder tunggal, DOHC, dengan 4 klep, injeksi dan sudah pakai pendingin cairan.
Baca juga : Review Lengkap Suzuki GSX-R150 2021, Simak Desain, Fitur, Spesifikasi dan Harga Terupdate
Mesinnya mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 19,17 PS pada 10.500 rpm dan torsi maksimum mencapai 14 Nm pada 9.000 rpm. Dengan karakter mesi overbore, performanya unggul dari kompetitor lainnya.
Suzuki GSX-R150 ini hadir dengan tiga tipe, yakni Suzuki GSX-R150 keyless ignition system dengan rem Anti-lock Braking System (ABS) yang dibanderol Rp 34,6 juta. Lalu Suzuki GSX-R150 keyless ignition system Rp 31,6 juta dan tipe terendah ada Suzuki GSX-R150 shuttered key yang dipasarkan Rp 30,6 juta (on the road Jakarta).
Agar mesinnya tetap dapat bekerja secara optimal, tentu harus dilakukan perawatan secara rutin atau berkala. Salah satu perawatan yang penting untuk dilakukan adalah mengganti oli mesin. Tapi, ada juga perawatan lainnya yang diperlukan.
Menurut buku panduan servis, Suzuki GSX-R150 perlu dibawa ke bengkel resmi untuk dilakukan perawatan tiap menempuh jarak 4.000 km atau empat bulan, mana yang tercapai terlebih dahulu.
Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya
Tapi, ada sedikit perbedaan pada servis pertama dan servis kedua. Sebab, servis pertama dilakukan pada saat angka di odometer mencapai 1.000 km. Sedangkan servis kedua, ketika sudah mencapai 4.000 km.
Untuk para pembeli Suzuki GSX-R150, Suzuki menggratiskan biaya jasa servis hingga servis keempat atau saat sudahh menempuh jarak hingga 12.000 km. Simak detail lengkapnya di bawah ini.
Pada servis pertama atau 1.000 km, mengharuskan pemilik motor untuk mengganti saringan oli atau filter oli. Motor dengan kondisi baru masih memiliki celah mesin yang rapat, dan adanya gram-gram besi juga sangat mungkin terjadi.
Oli mesin juga diganti, dan menggunakan SGO 4T SP 10W40 SL JASO MA berukuran 1,3 liter. Untuk filter oli harganya Rp 8.100 dan oli mesin harganya Rp 58.500. Total biaya untuk servis pertama mencapai Rp 66.600.
Pada servis kedua atau 4.000 km, perawatan yang dilakukan hanya mengganti oli mesin saja. Harga oli mesin SGO 4T untuk Suzuki GSX-R150 hanya Rp 58.500 saja.
Baca juga : Akhirnya Suzuki Kenalkan GSX-R150 Livery Team Ecstar Suzuki MotoGP
Selain mengganti oli mesin, mekanis juga akan melakukan pemeriksaan motor secara menyeluruh, seperti memeriksa kondisi aki, rantai, lampu-lampu dan komponen elektronik lainnya.
Untuk servis ketiga atau 8.000 km, biaya yang dibutuhkan bertambah, karena ada penggantian komponen juga. Selain filter oli dan oli mesin, busi juga harus diganti untuk menjaga kinerja mesin tetap dalam kondisi terbaik.
Harga busi dipatok Rp 20.000 saja, sehingga total biaya pada servis ketiga yang harus dikeluarkan konsumen mencapai Rp 130.600. masih relatif murah bukan?
Untuk servis keempat atau 12.000 km, selain oli mesin yang perlu diganti, Suzuki GSX-R150 juga perlu melakukan pergantian saringan udara seharga Rp 61.000. Jadi, total biaya pada servis keempat ini mencapai Rp 119.500.
Servis kelima dilakukan saat motor sudah menempuh jarak 16.000 km. Kali ini, Suzuki GSX-R150 harus melakukan pergantian komponen yang cukup banyak, seperti busi, filter oli, dan oli mesin.
Selain itu, cairan pendingin mesin juga perlu dikuras dan diganti menggunakan Suzuki Long Life Coolant 50/50 Pre Mixed seharga Rp 44.000. Jadi, total biaya untuk servis keempat ini mencapai Rp 198.100.
Untuk servis keenam atau 20.000 km, hanya oli mesin saja yang perlu diganti. Namun biaya jasa servis sudah dibebankan kepada konsumen sebesar Rp 67.500. Sehingga total biaya pada servis keenam mencapai Rp 126.000.
Baca juga : Meluncur Sebentar lagi, Suzuki GSX-R150 2021 bakal Tantang Honda CBR150R Terbaru
Genap dua tahun Anda mengendarai Suzuki GSX-R150. Pada jadwal servis kali ini, terdapat menu penggantian busi, filter udara, filter oli, oli mesin, dan cairan radiator. Selain itu, harus membayar biaya jasa servis, sehingga total biaya untuk servis kali ini mencapai Rp 204.200.
Pada servis kedelapan atau 28.000 km, biaya yang perlu dikeluarkan hanya untuk biaya jasa dan oli mesin saja. Biaya yang harus dikeluarkan sama dengan servis 20.000 km, yakni hanya sebesar Rp 126.000 saja.
Servis kesembilan atau 32.000 km, kembali banyak komponen yang perlu dilakukan pergantian. Suzuki GSX-R150 harus diganti businya, filter oli, oli mesin, dan cairan radiator. Total biaya yang dibutuhkan untuk servis kesembilan ini mencapai Rp 198.100.
Baca juga : Suzuki GSX-150 Bandit 2021 Diklaim Nyaman Untuk Harian, Simak Kelebihan dan Kekurangannya
Di servis kesepuluh atau 36.000 km, pemilik Suzuki GSX-R150 hanya perlu mengganti filter udara dan oli mesin saja, ditambah biaya jasa. Sehingga, total biaya untuk servis kali ini mencapai Rp 132.100.
Untuk masa pakai hingga hampir tiga tahun, pemilik Suzuki GSX-R150 2021 harus merogoh kantong sebesar Rp 1.359.100 untuk melakukan perawatan motornya. Jika dirata-rata, setiap tahun hanya keluar dana Rp 450 ribuan saja untuk perawatan.
Biaya perawatan tersebut hanya berlaku untuk bengkel resmi Suzuki di wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, serta sudah termasuk pajak 10 persen. Biaya servis dan suku cadang di atas juga tidak mengikat dan kami rangkum dari situs resmi Suzuki Indonesia.
Spesifikasi Suzuki GSX-R150 | ||
---|---|---|
Panjang x Lebar x Tinggi | 2.020 mm x 700 mm x 1.075 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1,300 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 160 mm | |
Tinggi Jok | 785 mm | |
Berat Kosong | 131 kg | |
Jenis Mesin | Water-cooled, 4-stroke | |
Sistem Katup | DOHC 4-valve | |
Diameter x Langkah | 62.0 x 48.8 mm | |
Jumlah Silinder | 1-cylinder | |
Ratio Kompresi | 11.5 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 19,1 PS @10.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 14.0 Nm @9.000 rpm | |
Sistem Pengapian | FI | |
Sistem Starter | Electric | |
Transmisi | 6-speed, return | |
Kapasitas Tangki | 11 liter | |
Suspensi Depan | Telescopic | |
Suspensi Belakang | Swingarm | |
Rem Depan | Disc (Petal) | |
Rem Belakang | Disc (Petal) | |
Roda Depan | 90/80-17(TL) | |
Roda Belakang | 130/70-17 (TL) | |
Velg | Cast | |
Aki | MF | |
Lampu Depan | LED |