Salah Kaprah Rawat Rantai Motor, Bukan Awet Malah Bisa Bikin Rusak

Motor bebek atau sport membutuhkan rantai sebagai sarana penyalur tenaga mesin ke roda belakang. Peran vital tersebut tidak serta merta membuat pemilik motor rajin untuk merawat peranti tersebut. Paling sering ditemui hanya mengencangkan atau memberi pelumasan berupa oli bekas saja.

Padahal ada langkah lain yang dapat memperpanjang usia pakai rantai. Termasuk kesalahan pengguna motor yang kerap dilakukan dalam merawat rantai. Seperti apa?

Petunjuk kekencangan rantai biasanya ada di swing arm

Memakai Oli Bekas Untuk Melumasi Rantai Motor

Tak sedikit pengguna motor yang melumasi oli bekas pada rantainya, namun Doni Harsoyo, Supervisor Service Training Suzuki 2W mengatakan jika hal tersebut merupakan kesalahan yang sering dilakukan. Sebaliknya, penggunaan oli bekas akan membuat rantai motor menjadi tidak awet.

Baca Juga: Tips: Hindari karat, Begini Cara Benar Rawat Rantai Sepeda Motor Honda Monkey

"Oli bekas dari mesin kerap mengandung gram dan kotoran lainnya. Padahal selain melumasi, rantai juga perlu dibersihan. Sementara fungsi pembersihan tidak bisa didapat dari oli bekas tersebut. Bahkan oli bekas juga dapat menumpuk debu di rantai yang membuat usia pakainya lebih singkat," urainya.

Lumasi rantai memakai chain lube, bukan oli bekas mesin

Untuk itu, sebaiknya pengguna motor melumasi rantai dengan cairan (chain lube) yang direkomendasikan. Di mana saat ini sudah banyak cairan khusus rantai yang bukan hanya berfungsi untuk melumasi, tapi juga membersihkan peranti tersebut.

Menyetel Rantai Terlalu Kencang

Enggan menyetel rantai secara rutin membuat ada sebagian pengguna motor yang justru mengencangkan komponen tersebut melebihi batas toleransi kerenggangannya. Alhasil, rantai menjadi sangat kencang.

Bukan efek positif yang didapat dari penyetelan rantai yang terlalu kencang. Tapi justru ada bahaya mengintai dari perilaku salah kaprah tersebut. Ini karena setelan rantai yang terlalu kencang akan mempercepat keausan rantai yang bisa berujung putus.

Setelan rantai terlalu kencang bisa membuat putus

Di sisi lain, penggunaan rantai yang terlalu kencang juga berefek pada berkurangnya kenyamanan berkendara. Karena akan menimbulkan getaran di bagian footstep.

Baca Juga: Belum Banyak Yang Tahu, Rantai Motor Ikut Pengaruhi Efisiensi Bahan Bakar Loh

Membiarkan Rantai Yang Berbunyi Berisik

Indikasi masalah pada rantai sebenarnya bukan cuma dapat dilihat oleh mata, namun tak jarang juga bisa didengar karena menimbulkan bunyi yang tak lazim. Nah, bunyi berisik dari rantai tersebut memiliki sederet penyebab.

Semisal jika rantai berbunyi di musim hujan seperti saat ini bisa saja ditimbulkan dari kotoran yang menumpuk. Seperti lumpur sisa hujan atau debu, bisa menempel pada rantai. Solusi untuk hal ini adalah mencuci motor dan dilanjutkan dengan memberi cairan khusus rantai, agar tetap terlumasi dan bersih.

Baca Juga: Plus-Minus Honda Tiger, Motor Favorit Buat Touring Yang Rantainya Berisik Banget

Penyebab bunyi selanjutnya adalah karat yang terdapat di rantai atau gir. Karena kedua komponen tersebut terbuat dari logam, maka konsekuensi jika jarang terlumasi adalah karat. Jika didiamkan rantai bisa putus karena keropos. Sebelum putus, ada baiknya dilakukan pergantian terlebih dulu. Dan jangan lupa merawat rantai dengan benar untuk mengantisipasi kondisi tersebut.

Rantai kendor bisa membuat bunyi berisik

Namun saat kedua gejala tersebut tidak ditemui, maka kemungkinan bunyi rantai disebabkan oleh setelannya yang kendor. Banyak efek negatif yang ditimbulkan dari rantai kendor. Mulai dari potensi tercopot dari gir, cepat aus hingga tarikan motor yang terasa lambat. Sehingga selalu pastikan posisi kekencangan rantai ideal yang berkisar di angka 2-3 cm.

    Channel:
Ikuti media sosial kita:

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Suzuki GSX R150
Lihat