Mengenal Quick Shifter, Honda CBR250RR dan Kawasaki ZX-25R Benar-benar Butuh Ini?

Peranti quick shifter, khususnya di segmen 250 cc mulai banyak tersemat pada sepeda motor produksi pabrikan. Di Indonesia saja, sudah ada produsen yang mengaplikasikannya. Pertama kali dilakukan PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) melalui Kawasaki Ninja ZX-25R. Lalu, disusul kemudian oleh PT Astra Honda Motor (AHM) dengan Honda CBR250RR SP Quick Shifter.  

Penerapan yang sebetulnya cukup wajar, demi mengentalkan aura balap masing-masing produk. Tentu saja sangat efektif ketika penggunaannya berlangsung di lintasan balap. Namun, apakah efektivitasnya juga bakal dirasakan ketika CBR250RR SP Quick Shifter 2021 maupun Ninja ZX-25R 2021 dipakai untuk harian? 

Baru Kawasaki Ninja ZX-25R dan Honda CBR250RR SP yang mengaplikasi quick shifter di motor sport 250 cc.

Perangkat dan Cara Kerja Quick Shifter

Ada baiknya kita ketahui dulu perangkat pada quick shifter ini. Secara umum, item tersebut menggunakan batang pemindah gigi alias gear shift rod berpelengkap sensor. Nah, sensor itulah yang akan mengirimkan informasi ke ECU pada saat proses perpindahan gigi berlangsung.

"Sensor akan membaca perpindahan gigi saat shift pedal (tuas perseneling) dioperasikan. Lalu (informasi) akan dikirimkan ke Electronic Control Modul (ECM) - penamaan ECU pada motor Honda. Kemudian, ECM akan membaca putaran mesin dan posisi gear sebagai paramater untuk mengontrol torsi mesin melalui bukaan throttle, waktu pengapian serta penyemprotan bahan bakar," ujar Wahyu Budhi, instruktur Technical Service Function Wahana Honda.

Berkat quick shifter, pengendara tak perlu menekan kopling saat berakselerasi sembari melakukan perpindahan gigi.

Baca juga: Keunggulan Varian Tertinggi Honda CBR250RR SP Quick Shifter

Mudahnya, saat terjadinya down shift (menurunkan gigi) atau upshift (menaikan gigi) itulah, ECU akan memutus sejenak kelistrikan pengapian yang memasok bensin ke mesin. Skema demikian sebetulnya diamini pula pada motor kopling injeksi non quick shifter. Akan tetapi, butuh effort lebih. Pasalnya, aktivitas perpindahan transmisi harus dilakukan sembari menekan tuas kopling.

Praktek demikian pun dirasa kurang efisien, bilamana motor tersebut dipakai untuk balapan. Sadar atau tidak, fokus pasti akan terbagi ketika seorang pembalap memindahkan gigi. Belum lagi memerhatikan posisi motor dan rival. Lain hal ketika quick shifter tersebut disematkan. Saat naik-turun gigi (tanpa menekan kopling), mereka dapat berkonsentrasi penuh dengan stabilitas motor dan persaingan di sirkuit. 

Dengan quick shifter, pengendara tak perlu menekan kopling saat melakukan downshift jelang tikungan.

Baca juga: Tertarik Beli Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Siapkan DP Rp25 Juta

Tak dipungkiri pula, menekan kopling juga memengaruhi putaran mesin. Semakin lama menekan kopling, maka makin lama juga kelistrikan tersebut mati. Sebaliknya jika sudah mengaplikasikan quick shifter. Ketika downshift atau upshift terjadi, matinya mesin akibat tidak adanya pasokan listrik hanya terjadi sepersekian detik saja. 

Oleh karena itu, pengendara atau pembalap tidak akan merasakan adanya gejala kehilangan output mesin di motornya. Tak cuma itu, keberadaan quick shifter pun memungkinkan translasi tenaga maupun torsi ke roda belakang berjalan mulus - tanpa harus menekan kopling.

Ketangguhan Kawasaki Ninja ZX-25R siap diuji di Sirkuit Sentul.

Quick Shifter Dua Arah Kawasaki Ninja ZX-25R 2021

Quick shifter pada Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 menyediakan dua opsi yang umum yaitu downshift dan upshift. Dengan kata lain, perangkat yang dinamai KQS (Kawasaki Quick Shifter) itu bekerja otomatis dengan dua arah. Dengan catatan item ini bisa digunakan ketika putaran mesin berada di atas 2.500 rpm. 

Namun, quick shifter pada Kawasaki Ninja ZX-25R ini juga dapat dinon-aktifkan. Caranya pun sangat muda. Cukup tekan tombol SEL di setang sebelah kiri hingga tulisan 'KQS' di panel meter mati. Jika sudah begini, pemilik dapat menggunakan kopling saat memindahkan gigi. 

Honda CBR250RR SP Punya Empat Penyetelan Quick Shifter

Pemasangan quick shifter pada Honda CBR250RR SP pun sebenarnya sama (upshift dan downshift). Hanya saja, motor sport 250 cc buatan PT AHM memiliki empat mode penyetelan. Pemilik dapat mengaktifkan upshift dan downshift secara bersamaan. Lalu, bisa juga menjalankan fungsi upshift atau downshift saja dan terakhir adalah mematikan quick shifter itu sendiri. 

Penyetelan quick shifter Honda CBR250RR SP 2021 dilakukan melalui tuas mode di setang sebelah kiri.

Menyetel untuk memilih satu satunya pun mudah. Cukup gunakan tombol yang juga berfungsi untuk mengganti riding mode. Kemudian, tekan agak lama sampai indikator bertuliskan QS di dashboard pada CBR250RR SP berkedip. Selanjutnya, pilih salah satu dari empat opsi tadi. Untuk informasi juga, fitur ini baru dapat digunakan ketika raungan mesin ada di atas 1.500 rpm.   

Baca juga: Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Motor Sport 250 Paling Fenomenal!

Fungsi Quick Shifter untuk Penggunaan Harian

Seperti kebutuhan di trek, efek quick shifter tetap bisa dirasakan saat mengendarai Honda CBR250RR SP atau Kawasaki Ninja ZX-25R untuk penggunaan harian. Hanya saja, durasi pemakaiannya tergantung kepada situasi jalan yang Anda lalui. 

Rasanya menjadi tidak efektif ketika quick shifter tadi aktif, sementara Anda berkendara di antara kemacetan lalu lintas. Alangkah baiknya aktivasi quick shifter dilakukan saat kondisi jalanan sudah cukup lengang.

Quick Shifter lebih bermanfaat ketika digunakan saat jalanan lengang.

Kesimpulan

Meski belum terlalu jamak, bukan tidak mungkin quick shifter bakal dijejali pabrikan selain Honda dan Kawasaki. Toh, aplikasinya jelas meningkatkan esensi produk yang notabene ber-DNA motor sport. Sekalipun dilajukan di atas sirkuit, tak perlu banyak modifikasi untuk mengatasi penurunan performa selagi melakukan perpindahan transmisi. 

Kenyataannya pula, quick shifter ini pun sudah plug and play. Sebagai contoh pembeli Ninja ZX-25R varian standar. Kita ketahui tipe ini tak dilengkapi dengan quick shifter. Namun, konsumen bisa menebus perangkat tersebut dengan harga Rp3.500.000. Jika pun enggan, kami rasa tak jadi soal. Toh, motor tersebut sudah dilengkapi dengan Assist & Slipper Clutch. Jika diterapkan untuk penggunaan harian, kopling akan terasa ringan saat melakukan perpindahan transmisi. 

Daftar Harga 2021
Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE Rp114.900.000
Honda CBR250RR SP QS Bravery Red Black Rp76.700.000
Honda CBR250RR SP QS Racing Red Rp77.300.000
Honda CBR250RR SP QS Tricolor Rp77.300.000
Honda CBR250RR SP QS Garuda X Samurai Rp77.700.000
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Honda CBR250RR
Lihat