Sejak akhir tahun 2019 sampai awal 2020, Kawasaki Ninja ZX-25R menjadi perhatian publik karena motor sport 250 cc dengan mesin empat silinder dibangkitkan kembali. Mereka yang penasaran sampai tak sabar untuk memilikinya.
Tak heran sesudah diluncurkan, motor ini langsung jadi buruan untuk dimiliki dan dimodifikasi. Bahkan harga barunya sempat dimainkan hingga melambung jauh dari harga aslinya yang diangka Rp 96 juta dan Rp 112,9 juta.
Sebagai produk yang telah disuntik mati cukup lama dan dibangkitkan kembali, Kawasaki Heavy Industries sebagai induk perusahaan tak mau tanggung, semuanya dibuat dengan maksimal dan totalitas.
Ya secara tampilan tentunya berbeda jauh dengan ZX-25R lawas yang punya bodi cenderung membulat dan gemuk. Model terbaru ini tampil lebih sporty dan agresif, serta menggunakan bahasa desain keluarga Ninja terbaru.
Jika Anda tak asing dengan Kawasaki Ninja 250 model terbaru, sepintas sosok Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 ini terlihat sama. Tapi kalau diperhatikan ada beberapa perbedaan detail.
Yang paling mencuri perhatian apalagi kalau bukan mesin berkubikasi 249,8 cc, iinline four, DOHC 16 katup dengan asupan injeksi bahan bakar. Lengkingan mesinnya pada putaran tinggi sangat memanjakan telinga.
Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 ditawarkan dengan dua varian, yakni Ninja ZX-25R Standar yang dijual Rp 96 juta dengan satu pilihan warna saja yakni hitam. Lalu Ninja ZX-25R ABS SE yang dilepas Rp 112,9 juta dengan tiga pilihan warna, yakni hijau, hitam dan biru. Harga tercantum on the road Jakarta.
Secara dimensi motor ini termasuk ramah karena Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 berpostur 1.980 x 750 x 1.110 mm (PxLxT), dengan sumbu roda 1.380 mm. Posisi duduk rendah karena tinggi jok hanya 785 mm, dan ground clearance 125 mm saja.
Jika sempat disebutkan desainnya mirip Kawasaki Ninja 250 memang ada benarnya, namun dengan perbedaan detail. Misal lekuk bodi depan di bawah lampu, terdapat sirip yang akrab disebut winglet.
Kemudian adanya ram air di atas lampu utama. Lampu utama sendiri persis dengan Kawasaki Ninja 250, Kawasaki Versys 1000 atau Kawasaki Ninja ZX-6R dan sudah LED pastinya.
Jika menilik fairing, terlihat lebih gemuk dan memiliki banyak lubang-lubang angin untuk melepas hawa panas mesin. Sementara menilik bodi belakang dan lampunya, punya bentuk yang mirip dengan Kawasaki Ninja 250 yang nampak sporty.
Untuk spesifikasi mesin, kedua varian tak ada perbedaan yakni 250 cc, inline four, DOHC 16 katup pendingin udara, yang mengandalkan piston 50 mm dan langkah piston 31,8 mm. Tenaga optimal mencapai 49,5 Hp @ 15.500 rpm yang bisa membesar sampai 50,2 Hp @ 15.500 rpm saat ram air aktif. Torsinya sendiri diangka 22,9 Nm @ 14.500 rpm.
Komponen kaki-kaki terlihat mahal, dengan suspensi tipe upside down di depan, kaliper radial empat piston mengawal cakram semi floating. Peleknya punya lebar 3,5 " x 17 berbungkus ban 110/70-17.
Lantas komponen kaki-kaki belakang menggunakan suspensi tunggal yang disebut dengan horizontal back-link. Rem belakang pakai cakram dengan kaliper satu piston, lantas pelek lebar 4" x 17 yang dilapis ban ukuran 150/60-17.
Dengan harga nyaris Rp 100 juta, varian termurah ini sudah memiliki fitur yang lumayan lengkap. Misalnya Kawasaki Traction Control (KTRC) yang punya tiga opsi dan juga bisa dinonaktifkan, fitur ini untuk mencegah roda belakang selip di jalan basah atau licin.
Kemudian ada Power Mode, dengan dua pilihan yakni Full dan Low. Bedanya saat pakai Full, tenaga akan keluar 100 persen, namun saat pakai Low tenaga mesin dibatasi otomatis hanya 65 persen saja, dan respon mesin akan menjadi lebih smooth.
Semuanya terhubung dengan teknologi Ride by Wire, proses buka-tutup tuas gas dibaca oleh sensor, bukan lagi tali baja. Jangan lupa indikator ECO Riding, yang akan menyala saat berkendara dalam kondisi paling hemat.
Pada sektor mesin juga ketambahan fitur assist & slipper clutch, yang bisa mencegah roda belakang terkunci saat melakukan penurunan gigi transmisi secara cepat.
Panel instrumen sendiri sudah paduan digital-analog, dengan bentuk yang sama persis dengan produk terbaru Kawasaki lainnya. Komponen analog hanya digunakan untuk penunjuk putaran mesin atau takometer, yang memanfaatkan jarum.
Sedangkan pada layar LCD kecil, berisikan informasi posisi gigi transmisi dan jam digital. Tepat di atasnya terdapat indikator peringatan perpindahan gigi transmisi, atau biasa disebut dengan shift light.
Pada layar LCD berukuran agak besar, informasinya lebih lengkap yakni fuel meter, temperatur mesin, odometer, trip meter 1-2, indikator KTRC, suhu mesin, serta suhu udara pada intake, konsumsi BBM rata-rata dan aktual, serta indikator lampu check engine serta gigi netral.
Untuk mengganti-ganti informasi pada layar panel instrumen, bisa dengan menggunakan tombol fisik dengan panel instrumen atau menggunakan tombol pada setang sebelah kiri. Jadi punya dua pilihan. Jangan lupakan kunci sudah immobilizer.
Perbedaan fisik paling mencolok dari varian termurah ini, warna yang tersedia hanya hitam polos. Selain bodi, pelek dan suspensi depan semuanya berlabur warna yang sama.
Varian termahal tentu punya fitur yang lebih lengkap dari varian di bawahnya. Kawasaki Ninja ZX-25R ABS SE memiliki semua fitur yang terdapat pada varian Standar, ditambah dengan Kawasaki Quick Shifter (KQS) untuk menaikkan gigi dan menurunkan gigi, tanpa perlu menarik handel kopling.
Lalu ada rem dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System) yang diikuti indikator ABS pada layar panel instrumen. Jangan lupa, juga ada perbedaan dari segi fisik, seperti adanya aksesoris yang langsung terpasang, seperti frame slider dan windshield warna gelap.
Serta tentunya opsi warna yang lebih banyak, yakni hijau ala livery Kawasaki Racing Team, biru hitam yang tampil sporty serta hitam berpadu putih dan merah yang menarik perhatian.
Dimensi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 | |
Dimensi | 1.980 x 750 x 1.110 mm (PxLxT) |
Sumbu Roda | 1.380 mm |
Tinggi Tempat Duduk | 785 mm |
Jarak Terendah | 125 mm |
Berat Basah | 180 kg (Standard) 182 kg (ABS SE) |
Secara head to head, tidak ada lawan sepadan dengan Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 dari spesifikasi mesin yang diterapkan. Merek lain masih mengandalkan motor sport 250 cc dengan mesin dua silinder segaris.
Tapi jika memaksa dengan sport 250 cc lainnya, ada Honda CBR250RR SP QS, produk terbaru dari PT Astra Honda Motor yang belum lama diluncurkan, dengan penamabahn fitur dan peningkatan tenaga lebih maksimal lagi.
Honda CBR250RR SP QS punya mesin yang lebih disempurnakan lagi meski spesifikasi 249,7 cc, 4-tak, DOHC 8 katup, pendingin cairan masih sama. Perubahan pada komponen internal mesin, membuat tenaganya mencapai 40,4 Hp @ 13.000 rpm dengan torsi 25 Nm @ 11.000 rpm.
Lantas Yamaha punya produk YZF-R25 yang sejak awal kemunculannya belum ada perubahan teknis pada mesin. Spesifikasinya 250 cc, inline two, DOHC 8 katup, pendingin cairan. Tenaga maksimal mencapai 35,5 Hp @ 12.000 rpm dan torsi 23,6 Nm @ 10.000 rpm.
Jika disandingkan dengan saudara satu pabrik yakni Kawasaki Ninja 250, maka motor ini pun masih kalah superior. Lantaran mesinnya dua silinder segaris, DOHC 8 katup, pendingin cairan dengn kapasitas 250 cc. Tenaganya 38,2 Hp @ 12.500 rpm dan torsi 23,5 Nm @ 10.000 rpm.
Secara teknologi pun, semuanya belum bisa menyaingi Kawasaki Ninja ZX-25R 2021. Fitur seperti kontrol traksi, tak semuanya memiliki. Lalu power mode atau riding mode, hanya Honda CBR250RR yang ada.
Maka bisa disimpulkan, jika Anda ingin mencari motor sport 250 cc paling bertenaga dan juga canggih, Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 adalah pilihan yang paling tepat, meski harga jualnya di atas rata-rata produk lainnya.
Harga | |
---|---|
Kawasaki Ninja ZX-25R | Rp 112,9 juta (ABS SE) Rp 96 juta (Standard) |
Kawasaki Ninja 250 | Rp 64,2 juta (Standard) Rp 65,4 juta (KRT Edition) Rp 76,9 juta (ABS SE Smart Key) Rp 77,1 juta (ABS SE MDP Smart Key) |
Yamaha YZF-R25 | Rp 61,665 juta (Standard) Rp 68,125 juta (ABS) |
Honda CBR250RR | Rp 61,6 juta (STD Black Freedom) Rp 66,1 juta (STD Mat Gunpowder) Rp 66,1 juta (SP Bravery Red) Rp 72,7 juta (SP) Rp 73,3 juta (SP Honda Racing Red) Rp 76,7 juta (SP QS Bravery Red) Rp 77,3 juta (SP QS Honda Racing Red) Rp 77,7 juta (SP QS Garuda x Samurai) |
Ini hal yang menarik, sejak dikenalkan dan mulai dijual resmi, unit bekasnya bermunculan. Sebenarnya unit yang dijual berstatus kendaraan baru, hanya saja sudah dibeli dengan surat-surat tertulis nama pemilik, untuk kemudian dijual lagi.
Mereka memanfaatkan tren Kawasaki Ninja ZX-25R, terlebih banyak konsumen yang enggan menunggu lama untuk bisa mendapatkan unit. Ya meski harus menebus dengan banderol yang lebih mahal dari harga resminya.
Dari beberapa pedagang motor bekas yang melakukan hal tersebut, untuk varian Standar dilepas Rp 115 juta dan varian ABS SE bisa mencapai Rp 130 juta lebih. Ya sejatinya pemilik motor masih enggan melepas unitnya.
Mengendarai motor sport 250 cc, terlebih punya performa yang kuat pada putaran menengah sampai atas, jangan heran konsumsi bahan bakar akan lebih boros. Konsumsi bahan bakarnya berada direntang 19,5 sampai 21 km/liter.
Mencari motor sport 250 cc paling sempurna saat ini maka pilihan jatuh pada motor yang fenomenal sepanjang tahun lalu yakni Kawasaki Ninja ZX-25R 2021. Desainnya kental aura big bike look yang menambah perasaan bangga saat mengendarainya.
Performa mesin yang ditawarkan pun sangat mumpuni, dengan mesin empat silinder suara yan dihasilkan merdu. Semuanya ditunjang dengan fitur canggih serta posisi berkendara yang terbilang nyaman untuk postur orang Indonesia pada umumnya.
Spesifikasi Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R 2021 | |
Tipe | 4-tak, inline 4, DOHC 16 katup, pendingin cairan |
Kapasitas Mesn | 249,8 cc |
Diameter x Langkah | 50 x 31,8 mm |
Rasio Kompresi | 11,5 : 1 |
Tenaga Maksimum | 49,5 Hp @ 15.500 rpm 50,2 Hp @ 15.500 rpm (with ram air) |
Torsi Maksimum | 22,9 Nm @ 14.500 rpm |
Transmisi | Manual 6 speed |