Tepat pada acara Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021, Kawasaki Thailand mengenalkan Kawasaki KLR650 2022. Sebuah motor dual-sport yang sempat disuntik mati beberapa tahun lalu, namun dibangkitkan kembali.
Setelah rilis secara global, motor penjelajah ini mulai masuk pasar Asia Tenggara dengan peluncuran di Thailand. Kemungkinan karena pasar motor jenis ini sedang naik daun, merek Jepang itu memutuskan untuk dimenghadirkan juga di wilayah Asia.
Lantas apakah Indonesia menjadi negara selanjutnya yang ikut menjual Kawasaki KLR650 2022 ini? Belum ada informasi akurat mengenai hal ini, namun tidak ada yang tak mungkin.
Dibandingkan Kawasaki Versys 650 yang telah dijual di Indonesia, motor ini dikenal lebih handal dan tahan banting untuk disiksa diberbagai medan. Seperti apa sosok Kawasaki KLR650 2022 ini?
Baca juga : Hilang Dari Situs Resmi, Kawasaki Z650 dan Ninja 650 Tak Lagi Dijual di Indonesia?
Jika belum tahu, dulu Kawasaki KLR650 memiliki desain yang tak terlalu bagus. Ya Kawasaki nampak lebih mementingkan kemampuan motor ini ketimbang membuatnya tampil modern dan mewah.
Bagian bodi depannya memiliki bentuk yang mirip dengan Kawasaki Ninja 250 karburator. Buritannya pun terkesan sangat simpel dan tak menarik sama sekali.
Kini semuanya berubah. Tampilannya menjadi jauh lebih modern dengan tetap mempertahankan ketangguhannya. Fascia depan mengandalkan lampu LED dengan bentuk ala sugomi, yang jadi identitas motor naked bike terbaru Kawasaki.
Baca juga : Kawasaki D-Tracker 2021, Supermoto Termurah di Indonesia
Sokongan windscreen tinggi serta bodi depan yang memiliki banyak garis tegas, menambah kesan macho. Paling unik justru sepakbor depan dibuat ala motor trail, lengkap dengan pelindung karet untuk batang suspensi depan.
Tangki bahan bakarnya memiliki bentuk besar dan menjulang, karena kapasitasnya mencapai 23 liter! Lebih dari cukup untuk membuat motor ini melaju jauh tanpa perlu sering-sering mengisi ulang bahan bakar.
Bagian tengahnya berisikan jok yang cenderung rata, serta buritan tampil lebih menarik dari generasi sebelumnya. Posisi knalpot diletakkan tinggi layaknya motor trail, serta disediakan behel yang menyatu dengan rak untuk membawa barang.
Bisa dikatakan Kawasaki KLR650 2022 ini memadukan ketangguhan ala motor trail, namun dengan kenyamanan untuk touring. Hal ini bisa dilihat pada lingkar pelek yang digunakan, depan pakai ukuran 90//90-21 dan belakang 130/80-17.
Baca juga : Siap-Siap, Superbike Kawasaki Ninja ZX-10R Terbaru Bakal Hadir di Indonesia Tahun Ini!
Desain baru ini juga meningkatkan ergonomi pengendara agar lebih nyaman. Meski secara dimensi tetap nampak besar dengan ukuran panjang 2.280 mm, lebar 970 mm dan tinggi 1.465 mm. Tinggi joknya sendiri 840 mm.
Sebagai penggerak, Kawasaki KLR650 2022 tetap dibekali mesin yang relatif masih sama dengan model sebelumnya. Alih-alih pakai mesin dua silinder inline, Kawasaki mempertahankan mesin silinder tunggal dengan kubikasi 652 cc.
Spesifikasi lengkapnya, DOHC 4 katup pendingin cairan. Jika pada model sebelumnya masih andalkan karburator, kini sistem bahan bakar sudah berganti menjadi injeksi dan dipadu transmisi manual lima percepatan.
Sayangnya untuk tenaga maksimal yang bisa dicapai tak dipublish oleh pihak Kawasaki. Hanya torsi maksimal yang ditampilkan, yakni sebesar 52,8 Nm yang bisa dicapai pada putaran mesin 4.500 rpm.
Baca juga : Ini Kawasaki 250SL 2021 Yang Kemurahan Atau Honda CBR150R 2021 Yang Kemahalan? Keduanya Dijual Rp 40 Jutaan!
Dari spesifikasi dan output maksimal, Kawasaki memang ingin membuat KLR650 2022 memiliki torsi badak ketimbang tenaga berlimpah. Torsi lebih dibutuhkan untuk menaklukkan medan-medan berat.
Jika pada model sebelumnya motor ini sangat sederhana, pada Kawasaki KLR650 2022 jadi bertambah canggih. Misalnya panel meter sudah full digital dengan informasi yang cukup lengkap, meski tanpa adanya penunjuk putaran mesin (takometer).
Baca juga : Isu Kawasaki Ninja 700 R Bermesin Dua Silinder Berhembus, Inikah Pengganti Ninja ZX-6R?
Kemudian sudah dibekali hand guard dan engine guard sebagai piranti standar. Suspensi depan teleskopik memiliki jarak main hingga 200 mm dan suspensi belakang monosok dengan uni-trak memiliki travel 185 mm.
Pada tipe terlengkap, sudah ketambahan frame slider, rem ABS (Anti-lock Braking System), pemanas grip, lampu kabut dan juga side box bawaan yang berbahan plastik.
Secara global, Kawasaki KLR650 2022 memiliki empat tipe yakni tipe Standard, ABS, Traveler dan Adventure. Kawasaki Thailand sendiri hanya menjual dua tipe saja yakni ABS dan Adventure.
Untuk harganya, Kawasaki KLR650 ABS 2022 dilepas 268.500 bath atau sekitar Rp 124,4 jutaan. Sedangkan Kawasaki KLR650 Adventure dijual 299.000 bath atau sekitar Rp 138,5 jutaan saja.
Baca juga : Simulasi Kredit Kawasaki Ninja 250 2021, Motor Sport 250 cc Yang Masih Digemari Sampai Saat Ini
Kami sendiri sempat menanyakan peluang hadirnya motor tersebut untuk pasar Indonesia. Namun Michael C. Tanadhi, selaku Head Sales & Promotion PT Kawasaki Motor Indonesia belum bisa bicara banyak.
"Belum tahu, ya itu tadi, kita terhalang sama pembatasan kuota impor. Motor harga-harga segini (Rp 100 jutaan) banyak yang minat, cuma kalau unitnya terbatas kasihan konsumen nanti," katanya saat dihubungi Autofun.co.id.
Jika Kawasaki Versys 650 cenderung disiapkan sebagai motor touring on road, maka Kawasaki KLR650 2022 disiapkan sebagai motor touring yang bisa menjelajah beragam medan. Paduan kaki-kaki belang akan membantu menaklukkan berbagai kondisi jalan.
Mesin silinder tunggalnya memiliki torsi yang sangat kuat, bahkan pada putaran rendah sekalipun. Penyempurnaan pada fitur yang dibawanya, semakin menambah value dari motor yang dulunya sangat sederhana ini.
Baca juga : Cek Biaya Perawatan Kawasaki Ninja ZX-25R di Tahun Pertama, Cuma Rp 1 Jutaan Saja!
Spesifikasi Kawasaki KLR650 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.280 x 970 x 1.455 (1.465) mm | |
Sumbu Roda | 1.540 mm | |
Jarak Terendah | 210 mm | |
Tinggi Jok | 840 mm | |
Kapasitas Tangki | 23 liter | |
Berat Isi | 211 kg & 223 kg (Adventure) | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, pendingin cairan | |
Diameter x Langkah | 100 x 83 mm | |
Kapasitas Mesin | 652 cc | |
Rasio Kompresi | 9,8 : 1 | |
Sistem Bahan Bakar | Injeksi, Keihin 40 mm | |
Transmisi | Manual, 5 speed | |
Tenaga Maksimal | N/A | |
Torsi Maksimal | 52,8 Nm @ 4.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Semi double cradle | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Ban Depan | 90/90-21 | |
Ban Belakang | 130/80-17 | |
Rem Depan | Cakram, 300 mm | |
Rem Belakang | Cakram 260 mm |