Tak perlu waktu lama bagi PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) untuk bisa menghadirkan generasi terbaru Kawasaki Verys 650 2022 ke Tanah Air. Padahal motor ini baru dirilis di EICMA, Milan, Italia pada akhir tahun 2021 lalu.
Kawasaki Versys sendiri dikembangkan untuk rider-rider yang memiliki jiwa petualang untuk menjelajahi dunia. Baik itu mencapai tempat terpencil, ataupun melahap banyaknya kilometer jalanan luar atau dalam kota.
"Terinspirasi dari Versys 1000, desain yang diperbarui dari upper cowl dan bodywork di sekitarnya memberikan Versys 650 menjadi lebih emotional design dan stylish. Pastinya Kawasaki Lovers akan dimanjakan kenyamanan yang maksimal dalam setiap perjalanannya," ucap Michael C. Tanadhi, selaku Head Sales & Promotion KMI.
Sejauh ini KMI telah memiliki 3 produk Versys Series, mulai dari Kawasaki Versys-X 250, lalu Kawasaki Versys 650 dan terakhir adalah Kawasaki Versys 1000. Seluruhnya menawarkan keunggulan masing-masing untuk segmen yang berbeda.
Baca juga : Kerennya Kelir Baru Kawasaki Versys-X 250 Tourer 2022, Lebih Atraktif dan Berkesan Tangguh
Pembaruan yang dilakukan pabrikan asal Jepang tersebut pada Kawasaki Versys 650 2022 cukup signifikan. Paling terlihat adalah di sektor tampilannya. Ini karena desainnya berubah total dari edisi sebelumnya.
Kawasaki Versys 650 2022 kini justru berpenampilan seperti Kawasaki Ninja 250, yang nampak sudah jadi bahasa desain untuk motor sejumlah motor mereka. Praktis tinggal Kawasaki Versys-X 250 saja yang masih mempertahankan desain aslinya.
Kawasaki Versys 650 2022 didesain ulang dan terlihat pada fairing depan, fairing samping dan buntut. Perubahan yang menonjolkan desain ala Ninja 250. Headlamp yang sama juga dipakai oleh sang kakak, Kawasaki Versys 1000 bahkan Kawasaki Ninja ZX-6R.
Baca juga : Kawasaki Hadirkan Versys 650 2022, Tampangnya Makin Mirip Ninja 250!
Pengembangan juga dilakukan pada bagian windshield yang ujungnya melebar dan dapat disetel dalam 4 posisi, dengan jarak sekitar 80 mm dengan langkah 27 mm. Penyetelan dimungkinkan sambil pengendara tetap berada di jok dan dengan bantuan hanya satu tangan.
Inovasi baru yang hadir di Kawasaki Versys 650 2022 adalah KTRC, kontrol traksi yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan lewat 2 tingkatan. Teknologi ini akan membantu pengendara mengendalikan motor saat melindasi beragam kondisi jalan.
Kemudian kini terdapat panel meter TFT 4,3 inci baru. Ada pula konektivitas Bluetooth yang menghubungkan sepeda motor dan smartphone lewat aplikasi Rideology Kawasaki. Lewat aplikasi ini pula, pengendara bisa memanfaatkan sistem navigasi.
Perkara kenyamanan, motor ini dibekali suspensi depan upside down dengan 41 mm yang memiliki setelan preload, serta ditopang jarak main hingga 150 mm. Begitu pula suspensi belakang monosok yang dilengkapi dengan setelan preload.
Baca juga : Adu Taji Jagoan Moge Touring Baru, Kawasaki Versys 650 2022 VS Triumph Tiger Sport 660 2022
Namun pelek dan roda yang dipakai masih peninggalan model sebelumnya. Yakin pelek palang model Y diameter 17 inci. Pelek tadi dilapis dengan ban ukuran 120/70-17 di depan dan 160/60-17 di belakang. Rem cakram ganda 300 di depan dan single 250 mm di belakang, sudah dikawal teknologi ABS.
Sayangnya sektor jantung mekanis tidak mengalami perubahan apa pun dari Versys 650 sebelumnya. Sumber penggerak mesin paralel twin berpendingin cairan 649 cc, empat katup per silinder masih menjadi andalan. Mesin ini menghasilkan daya 68 PS pada 8.500 rpm dan torsi 61 Nm pada 7.000 rpm.
Kawasaki Versys 650 telah masuk tiga generasi di Indonesia. Motor ini pun sukses diterima konsumen dengan baik. Kehadirannya jadi dahaga mereka yang merindukan motor touring bermesin menengah yang bisa diandalkan untuk melakukan perjalanan jauh.
KMI pun mampu mengakomodir keinginan konsumen dengan produk yang baik dan harga yang reasonable. Kawasaki Versys 650 2022 ini dijual tak sampai Rp 200 juta, tepatnya Rp 199,9 juta on the road Jakarta. Tertarik?
Kawasaki Versys 650 2022 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.165 x 840 x 1.420/1.360 mm | |
Sumbu Roda | 1.415 mm | |
Jarak Terendah | 170 mm | |
Berat | 218 kg | |
Kapasitas Tangki | 21 liter | |
Kaki-Kaki | ||
Sok Depan | Upside down | |
Sok Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram ganda 300 mm, semi floating | |
Rem Belakang | Cakram 250 mm | |
Ban Depan | 120/70-17 | |
Ban Belakang | 160/60-17 | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, 2 silinder inline, DOHC 8 katup | |
Pendingin | Cairan | |
Isi Silinder | 649 cc | |
Diameter x Langkah | 83 x 60 mm | |
Tenaga Maksimal | 67 PS @ 8.500 rpm | |
Torsi Maksimal | 61 Nm @ 7.000 rpm | |
Transmisi | Manual, 6 percepatan |