Rekan kami dari Autofun Thailand beberapa waktu lalu mendapat kesempatan menjajal Yamaha MT-07. Sebuah model big bike yang baru saja dikenalkan pada gelaran Bangkok International Motor Show (BIMS) 2021.
Rekan kami mendapatkan kesempatan bersama rekan jurnalis Thailand lainnya, dan merasakan performa dari naked bike tersebut. Sesi pengujian tersebut dilakukan siang dan malam hari.
Seperti apa impresinya?
Model terbaru dari Yamaha MT-07 memiliki tampilan muka yang jauh berbeda dari model sebelumnya. Mulai dari paket lampu depan baru dengan lensa projector, yang dikawal LED DRL ditiap sisi lensa.
Baca juga : Jagoan Moge Kelas Menengah, Yamaha MT-07 2021 Makin Seru!
Bentuk paket batok lampu ini terlihat ringkas dan ramping. Meski begitu pancaran cahayanya diakui sangat memuaskan dan cukup terang, karena pengetesan juga dilakukan pada malam hari.
Bagian lain yang berubah adalah lekuk tangki bahan bakarnya, yang bentuknya dibuat lebih tegas. Lekuk tangki ini juga mampu memberi 'jepitan' kami pengendara yang lebih kuat, untuk lebih mudah mengendalikan motor.
Panel meter dengan layar digital LCD, juga tampil dengan desain baru, berkat penerapan latar berwarna hitam. Tampilan informasinya nampak jelas dan terlihat cantik pada malam hari.
Melakukan seting pada panel meter juga menjadi lebih mudah karena tombol pengaturan berada di setang sisi kiri. Pengaturan bisa dengan mudah hanya lewat gerakan jari saja.
Baca juga : Cara Keren Lindungi Bodi Yamaha MT-15, Bisa Pakai Pelindung Karet Dari Hayaidesu
Jantung mekanis yang digunakan, menurut rekan kami di Thailand tak ada perbedaan. Mash mengandalkan mesin dua silinder inline Crossplane CP2, dengan firing order 270 derajat, yang mampu menghasilkan suara mesin yang unik.
Kapasitas mesinnya 690 cc yang mampu menghasilkan tenaga mencapai 75 PS pada 9.000 rpm, dan menyalurkan torsi sebesar 68 Nm di 6.500 rpm. Ya spesifikasi teknis dari mesin yang dipakai tak berubah sama sekali.
Hanya saja mesin tersebut sudah disiapkan untuk memenuhi standar emisi Euro 5. Untuk mencapai hal itu, disebutkan ada perubahan pada desain knalpot, jalur masuk udara, mengganti injektor dan penyesuaian pada sistem elektronik yakni ECU.
Rekan kami mengatakan jika mesin ini sangat menyenangkan dan sigap, juga cepat dan responsif. Terutama jika sengaja melepas tuas kopling secara spontan, roda depan akan dengan mudah terangkat.
Baca juga : Yamaha MT-25 2021 Punya Warna Baru Yang Agresif, Harga Rp 55 Jutaan
Karena torsi besarnya itu, rekan kami mewanti-wanti untuk hati-hati saat membuat tuas gas. Torsi kuatnya bahkan mampu menghentak kuat jika secara tak sengaja tuas gas dibuka terlalu besar. Motor mudah wheelie.
Model terbaru dari Yamaha MT-07 ini hadir dengan sistem pengereman yang ditingkatkan. Diameter piringan cakram kini 298 mm, dari model Yamaha MT-09 model lama. Ukuran ini lebih besar dari cakram MT-07 sebelumnya yang hanya 282 mm.
Sepasang cakram ganda mengawal roda depan, dengan masing-masing dijepit kaliper empat piston. Master remnya sendiri menggunakan Brembo, sehingga pengereman roda depan sudah sangat baik.
Sistem rem baru Yamaha MT-07 juga sudah dilengkapi dengan ABS yang memiliki kinerja sangat baik. Rekan kami merasakan kinerjanya akan membuat Anda percaya diri dalam melakukan pengereman kuat, karena respon ABS yang bagus.
Baca juga : Motornya Gagah Servisnya Murah, Ini Dia Biaya Servis Tahun Pertama Yamaha MT-15
Rekan kami di Autofun Thailand juga menyoroti kinerja suspensi dari Yamaha MT-07 terbaru ini. Suspensi depan mengandalkan tipe teleskopik, sementara yang belakang monosok dengan lengan ayun berdesain kokoh.
Kedua suspensi tadi mampu mengakomodir bobot motor yang mencapai 184 kg, naik dua kilogram dari model sebelumnya. Namun hal ini tak mempengaruhi pengendalian di jalanan kota.
Membawanya melintasi jalan yang tak mulus, kinerja suspensi juga sudah cukup memuaskan. Hanya saja rekan kami menyayangkan absennya pengaturan pada suspensi Yamaha MT-07.
Kelincahan, desain yang kompak dan tenaga dari mesin Yamaha MT-07 disukai rekan kami. Menurutnya motor ini termasuk motor gede (moge) yang pas untuk berkendara di Bangkok, ibukota Thailand.
Hal ini ditambah ketinggian jok yang hanya 805 mm, dianggap pas untuk banyak pengendara. Sebagai informasi, rekan kami memiliki tinggi badan 170 cm, dan posisi kaki bisa menampak sempurna.
Setang baru yang dibuat lebih lebar 15 mm dipadu ukuran jok yang lebar, menurutnya akan sangat nyaman untuk menunjang perjalanan jarak jauh. Postur berkendara yang ditawarkan motor ini terhitung rileks.
Baca juga : Pilihan Warna Baru Yamaha Vixion 2021, Tampil Atraktif Ala Yamaha MT Series
Lagi-lagi rekan kami menyoroti kebuasan mesinnya, yang menurutnya akan berbahaya untuk pengendara pemula. Motor sangat sigap dan baiknya pengendara beradaptasi untuk karakter mesin dan mengatur ritme bukaan gas.
Sistem pengereman yang telah disempurnakan membuat pengendara tak perlu khawatir. Hanya saja setelan suspensi bawaan yang tak bisa diatur, menurut rekan kami tidak akan pas untuk beberapa orang.
Yamaha MT-07 2021 sendiri dijual di Thailand dengan harga 289 ribu bath (Rp 133,8 jutaan) dan harga itu disebut sangat masuk akal. Ya meski motor ini tak banyak teknologi canggih, namun karakter dari Yamaha MT Series sangat menyenangkan.
PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing sendiri bukan tak menjual motor ini, hanya saja unit yang diniagakan adalah model lawas model tahun 2020. Yamaha Indonesia melepas motor ini dengan harga Rp 243 juta on the road Jakarta.
Baca juga : Dilepas Rp 55,46 Juta, Angsuran Yamaha MT-25 2021 Mulai Dari Rp 2 Jutaan Saja
Ya harganya jauh lebih mahal dari versi Thailand yang sudah model baru. Ini lantaran pengenaan pajak barang mewah untuk motor bermesin besar di Indonesia relatif tinggi, sehingga harganya melambung jauh.
Melihat karakter motornya dan animo masyarakat terhadap moge naked, jelas pasar untuk Yamaha MT-07 2021 hadir di Indonesia sangat besar. Namun kapan model terbaru ini akan hadir? Kita tunggu bersama-sama saja.
Spesifikasi Yamaha MT-07 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 2.085 x 780 x 1.105 mm | |
Sumbu Roda | 1.400 mm | |
Jarak Terendah | 140 mm | |
Tinggi Jok | 805 mm | |
Kapasitas Tangki | 14 liter | |
Bobot | 184 kg | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, DOHC 4 katup, Crossplane CP2 | |
Kapasitas | 689 cc | |
Diameter x Langkah | 80 x 68,6 mm | |
Rasio Kompresi | 11,5 : 1 | |
Transmisi | Manual, 6 speed | |
Tenaga Maksimal | 75 PS @ 9.000 rpm | |
Torsi Maksimal | 68 Nm @ 6.500 rpm | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe Rangka | Diamond | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Monosok | |
Rem Depan | Cakram ganda, ABS | |
Rem Belakang | Cakram, ABS | |
Ban Depan | 120/70 ZR17 | |
Ban Belakang | 180/55 ZR17 |