Yamaha YZF-R7 2022 diyakini meluncur besok (18/5). Sebagaimana penampakan yang sudah tersebar, superbike terbaru Yamaha menawarkan beragam kebaruan dibanding generasi pendahulunya. Sebelum melihat wujud anyarnya tersebut, mari kita simak perjalanan singkat Yamaha R7 hingga menuju reinkarnasinya dalam waktu dekat ini.
Yamaha YZF-R7 sendiri diproduksi pada 1999 dengan unit yang sangat terbatas yaitu 500 unit saja. Bukan semata menjadi kuda besi street legal, kala itu Yamaha R7 jua disertakan menjadi senjata dalam ajang Superbike World Championship dan balap ketahanan Suzuka 8 Hours.
Baca juga: Yamaha R7 2022 Terdaftar di Amerika
Lantaran dipasang sebagai penerus Yamaha YZF750, wajar jika Yamaha R7 masih menggunakan mesin serupa yaitu DOHC 4-tak 749 cc berpendingin cairan. Jantung mekanis berkonfigurasi 4 silinder segaris miliknya mampu menghasilkan tenaga 105,2 PS @11.000 rpm. Sementara untuk pencapaian torsi maksimal, tercatat 72,1 Nm pada putaran 9.000 rpm. Keseluruhan ouput dari Yamaha R7 tersebut tersalur ke roda belakang melalui transmisi 6 percepatan.
Sebuah catatan mumpuni untuk ukuran superbike saat itu. Belum lagi ihwal penggunaan rancang bangun berupa sasis Deltabox II, suspensi Ohlins, katup mesin berbahan titanium hasil adopsi Yamaha YZR500. Begitu pula dengan perancangan geometri yang memang merujuk kepada tunggangan MotoGP Yamaha di masa lampau itu. Dari segi bobot, Yamaha R7 pun tergolong ringan dengan berat total 162 kg.
Baca juga: Suksesor Yamaha R6 Dikabarkan Rilis Tahun Ini, Indonesia Kebagian?
Perjalanan Yamaha R7 kemudian berlanjut. Walau masih menggunakan basis mesin serupa, model penerus Yamaha R7 tampak semakin membengkak. Bukan saja soal perawakan, timbangan superbike Yamaha pun kian berat. Pada model produksi 2000, 2001 hingga 2002, bobot Yamaha R7 menjadi 176 kg. Meski begitu, ciri berupa decal merah-putih tetap dipertahankan sebagai identitas Yamaha R7.
Sayang, eksistensi sang produk terbilang singkat dan terpaksa diskontinyu pada 2002. Namun, perjalanan singkat ditambah jumlah tak seberapa, membuat Yamaha R7 bak barang langka yang layak diburu para kolektor. Satu diantaranya bahkan muncul dari tanah britania, Inggris. Yamaha R7 yang ditemui berlokasi di West Yorkshire ini benar-benar dalam kondisi istimewa. Selain tubuh yang mulus, jumlah kilometernya juga masih nol. Tak main-main, harga yang ditawarkan penjualnya mencapai Rp1,1 miliar!
Baca juga: Yamaha Bocorkan Penampakan YZF-R7 2022, Tinggalkan Sasis Deltabox?
Setelah 19 tahun mati, Yamaha pun berencana untuk mereinkarnasi Yamaha YZF-R7. Kepastian itu bahkan diperkuat dengan kemunculan nama si produk pada lembar pelaporan emisi gas buang kepunyaan California Air Resources Board (CARB). Penjelasan soal kelahiran kembali Yamaha R7 lantas dipublikasikan melalui Youtube Yamaha Motor Europe. Meski masih terkesan abu-abu, penampakan sirkuit dan R/World pada tayangan singkat itu, seakan menjadi sinyal akan menerangkan kedatangan Yamaha R7.
Beberapa hari sebelum rilis, sosok Yamaha R7 2022 kembali bocor. Perihal tampang sudah jelas berbeda jauh dari Yamaha R7 lawas. Dari sisi desain, motor ini jelas dipasang sebagai penerus Yamaha YZF-R6 yang sudah 'tutup usia' per tahun ini.
Baca juga: Satu-satunya Pengguna Assist and Slipper Clutch, Layakkah Yamaha Vixion 2021 Dibeli?
Tarikan desain Yamaha R7 2022 sekilas serupa dengan Yamaha R6. Hanya saja, penerangan utama Yamaha R7 sudah mengandalkan lampu tunggal LED berjenis projector. Uniknya lagi, peletakan lampu depan itu berada di bagian sentral wajah yang umumnya berupa lubang (ram air) untuk menyalurkan udara ke bagian radiator.
Daytime running light (DRL) LED jua hadir sebagai penerangan tambahan. Desainnya cukup unik dengan penempatan mengapit lampu depan. Sementara lampu sein Yamaha R7 berada di fairing bagian bawah, jua sudah mengandalkan jenis lampu hemat daya.
Baca juga: Bedah Teknologi Canggih Honda CBR600RR 2021, Harga Rp 550 Juta Jadi Terasa Wajar
Sisi menarik dari Yamaha R7 2022 adalah menyoal rancang bangun. Bukan lagi mengandalkan sasis Deltabox, struktur dasar sang superbike justru menggunakan rangka model Diamond. Penggunaan rangka ini disebut-sebut diambil dari Yamaha MT-07, lantas berpadu dengan peredam kejut depan model upside down (USD).
Tak cuma rangka. Mesin Yamaha R7 2022 pun diduga kuat mengadopsi kepunyaan Yamaha MT-07. Di atas kertas, jantung mekanis dua silinder berkapasitas 689 cc itu, mampu melontar tenaga sebesar 74,8 PS di 8.000 rpm dengan torsi 68 Nm @6.500 rpm. Jika benar demikian perbekalannya, Yamaha R7 2022 bisa dikatakan down spec ketimbang pendahulunya.
Bukan cuma itu. Modal tersebut juga terpaut jauh dengan pencapaian rival seperti Honda CBR600RR atau Kawasaki ZX-6R dengan mesin 4 silindernya. Namun secara regulasi, mesin CP2 milik Yamaha R7 2022 sudah memenuhi standardisasi Euro 5. Kalaupun kalah output, setidaknya Yamaha R7 2022 bisa dijual dengan harga lebih terjangkau ketimbang kompetitornya tersebut. Kita tunggu saja detail spesifikasi Yamaha R7 2022 besok!