Setelah Aprilia RS125, Aprilia diketahui bakal memiliki motor sport bermesin 150 cc dan 250 cc. Dengan begitu, terlahir lah pesaing baru Honda CBR150R dan Honda CBR250RR. Yang berarti, memberi opsi baru bagi motoris muda penggemar motor setang jepit (clip-on handlebar).
Teruntuk motor 150 cc sendiri, Aprilia sebenarnya sudah punya Aprilia RS150. Unit tersebut dikenalkan di India pada 2018 silam. Alih-alih menjadi kompetitor Honda CBR150R atau Yamaha YZF-R15, produk tersebut nyatanya hanya menjadi konsep semata.
Namun, dokumen terkait penggarapan unit bermesin 150 cc itu muncul pada pertengahan tahun ini. Menariknya lagi, inisiatif tersebut datangnya bukan langsung dari pihak Aprilia. Melainkan Zongshen yang notabene perpanjangan tangan Aprilia di Cina. Pabrikan ini memang dikenal sebagai produsen motor Aprilia untuk pasar Tiongkok.
Seperti dikutip melalui Great Bikers, pesaing Honda CBR150R diyakini mengusung nama Zongshen Aprilia APR150R. Sekilas, penampilannya mirip dengan Aprilia RS125 yang belum lama ini meluncur. Kentara jelas, model 125 cc maupun 150 cc benar-benar terinspirasi dari Aprila RS125.
Baca juga: Aprilia RS125 2021 Muncul, Calon Lawan Kuat Yamaha YZF-R15 dan Honda CBR150R
Belum banyak informasi detail yang dapat diungkap. Sumber serupa hanya menyebut Aprilia APR150R mengandalkan mesin 149 cc 4-tak satu silinder. Tenaga yang dihasilkan adalah 18 PS. Menarik karena catatan motor produksi Zongshen ini berada diantara pesaing asal Jepang di atas.
Tenaga Zongshen Aprilia APR150R lebih besar dari Honda CBR150R yang memiliki catatan 17,1 PS. Sementara Yamaha R15 punya output tenaga lebih besar yaitu 19,3 PS. Namun, Aprilia APR125R punya bobot mencapai 152 kg. Timbangan tersebut lebih berat dari Honda CBR150R atau Yamaha R15 yang masing-masing punya berat tubuh 137 kg saja.
Baca juga: Pilih All New Honda CBR150R 2021 atau Yamaha R15 2021? Daripada Galau, Simak Dulu Komparasinya
Selaras dengan kemunculan dokumen Aprilia APR125R, Zongshen juga merilis data ihwal Aprilia APR250R. Desain yang ditawarkan pun tak ubahnya sang adik. Menggunakan lampu ganda LED dengan kelengkapan daytime running light (DRL) dan fairing nan aerodinamis.
Kendati begitu, Zongshen Aprilia APR250R harus mengakui keunggulan kuda besi 250 cc asal negeri Sakura. Ini dikarenakan kompetitor seperti Honda CBR250RR atau Yamaha YZF-R25 sudah mengusung mesin dua silinder. Sementara Aprilia APR250R masih mengandalkan konfigurasi satu silinder. Daya maksimal yang dicapainya adalah 27,8 PS. Terpaut cukup dengan Yamaha R25 dengan 36 PS bahkan Honda CBR250RR lewat torehan 41 PS-nya.
Baca juga: Singkap Bekalan Aprilia RS 660 2021, Sanggup Bersaing di Tanah Air?
Satu-satunya faktor yang membuat Zongshen Aprilia APR250R unggul, tak lain berkaitan dengan berat badan. Motor sport ini punya bobot 158 kg. Ya, lebih ringan daripada Yamaha R25 (166 kg) maupun Honda CBR250RR (168 kg).
Melihat dari bocoran tampang dan data, tinggal menunggu waktu saja bagi Zongshen merilis Aprilia APR150R dan Aprilia APR250R ini. Lantaran dibuat di fasilitas produksi mereka, sudah pasti kompetisi ditujukan buat pasar domestik Cina. Walaupun, tak menutup kemungkinan kedua produk hadir di negara lain.
Indonesia harusnya bisa menjadi target penyebaran kedua motor Aprilia ini. Hingga saat ini, kategori sport 150 cc dan 250 cc memang masih dipopulerkan jenama asal Jepang. Akan tetapi, bukan tidak mungkin bekalan motor Aprilia tersebut menggoda para motoris di Tanah Air. Pada akhirnya, tinggal melihat semenarik apa segmen tersebut bagi PT Piaggio Indonesia, selaku pemegang merek Aprilia di Indonesia.