Kymco akhirnya tergugah juga bermain di segmen skutik medium. Melalui ajang Beijing Auto Show 2021, pabrikan asal Taiwan resmi memperkenalkan produk terbarunya Kymco RKS 150 2021. Melalui bekalan mesin yang dibawa, ia cukup layak disandingkan bersama Honda PCX 160 maupun Yamaha NMax. Hanya saja, tampang skutik baru Kymco lebih bengis dari rival berbendera Jepang.
Tengok saja bagian wajah. Jelas-jelas menyuguhkan pembeda ketimbang lawannya tadi. Desain serba tajam dengan pahatan nan tegas menghiasi area fasad Kymco RSK 150 2021. Belum lagi pola penerangan tak biasa lantaran penempatan daytime running light (DRL) yang justru berada di bawah lampu utama. Sementara desain headlamp ganda jenis LED-nya, cenderung mirip dengan Yamaha XMax.
Kymco RKS 150 pun sepertinya siap diajak melakoni perjalanan jauh. Bagaimana tidak. Windshield miliknya punya ukuran besar serta menjulang. Lebih dari cukup untuk menghalau terpaan angin ke area tubuh pengendara.
Baca juga: Kymco X-Town 250i Punya 2 Warna Baru, Harganya Rp 64,5 juta
Gurat tegas pada bagian muka pun lantas mengalir ke ranah bodi samping hingga belakang. Secara keseluruhan, desain Kymco RKS 150 2021 sangat agresif. Meski kembali lagi soal selera, setidaknya Kymco menyajikan penawaran baru selain suguhan dari Honda PCX 160 atau Yamaha NMax.
Termasuk pula mengenai wujud pelek Kymco RKS 150 2021. Model demikian jelas lebih keren ketimbang para kompetitor. Bagian roda ini kemudian disandingkan dengan peredam kejut teleskopik di depan dan suspensi ganda pada area belakang. Menyoal penghenti laju, sudah dilengkapi cakram dan sensor ABS (antilock braking system) dari Bosch pada kedua roda.
Boleh jadi Kymco RKS 150 2021 memberi warna yang cukup menggoda, ihwal perawakan. Namun, persaingan di segmen skutik medium tentu saja tak lepas dari mesin. Menurut kami, modal ini sangat penting sebagai 'magnet' konsumen. Toh, bukti tersebut sudah diperlihatkan Honda ketika meningkatkan kapasitas mesin Honda PCX-nya menjadi 160 cc. Langkah ini diambil sebagai cara untuk menjawab dominasi Yamaha NMax bersama mesin 155 cc-nya kala itu.
Baca juga: Simak Keunggulan dan Kekurangan Honda PCX 160 Dibanding Yamaha NMax
Sementara itu, Kymco RKS 150 2021 dibekali mesin satu silinder dengan kubikasi total 149 cc. Tenaga yang dihasilkannya adalah 14,9 PS @8.000 rpm. Sementara untuk torsi maksimal, tercatat sebesar 13,2 Nm pada putaran 6.500 rpm.
Pencapaiannya tersebut memang masih kalah ketimbang para lawan. Honda PCX 160 memliki output 16,2 PS @8500 rpm dan 14,7 Nm @6500 rpm. Sedangkan Yamaha NMax membuat masing-masing torehan 15,3 PS @8.000 rpm dan 13,9 Nm @6.500 rpm.
Walau begitu, Kymco RKS 150 2021 punya akselerasi yang tak kalah impresif. Untuk menggapai 0-50 kpj, dia bisa menjangkaunya dalam waktu 4,2 detik. Bersama mesin dengan standar emisi gas buang Euro 5 tersebut pula, Kymco RKS 150 2021 diklaim mampu mencatat top speed 120 kpj.
Baca juga: Kapasitas Mesin Bertambah Honda PCX 160 tetap Irit, Kok Bisa?
Tak banyak fitur yang ditawarkan Kymco KRS 150. Selain, terapan sistem penerangan serba LED, panel meter digital, pengereman ABS sebagai standar dan power outlet, tak ada lagi penambahan semacam pengontrol traksi otomatis. Sementara kita tahu, traction control tersebut tersedia pada Honda PCX 160 dan Yamaha NMax.
Kendati begitu, kekurangan tersebut rasanya bakal terobati dengan penetapan harga Kymco RKS 150 2021 yang kompetitif. Kabar menariknya, New Motor mengungkapkan bahwa Kymco RKS 150 tak hanya dipasarkan di pasar domestik Cina saja. Skutik ini juga dikatakan bakal menyebar ke wilayah Eropa, Amerika Selatan dan Asia. Apakah termasuk Indonesia?