Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 Naik, Intip 5 Perbedaannya dengan Model Lama

Kawasaki Indonesia menepati janjinya untuk menghadirkan Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 di Indonesia. Seperti pula peredarannya di negara lain, tampang anyar sang petarung balap WSBK kian intimidatif berkat penambahan detail-detail anyar. 

Pun saat peluncuran Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 hari ini (11/6). Harga Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 dipatok Rp520 juta (on the road Jakarta). Yang artinya, banderol model terbaru ini naik Rp28 juta dari Ninja ZX-10R 2020 (Rp492 juta).

Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 meluncur di Indonesia hari ini. 

Namun, apakah hal tersebut cukup menggoda motoris berdompet tebal? Pada kenyataannya, Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 menawarkan kebaruan yang sekaligus memberikan diferensiasi terhadap Ninja ZX-10R sebelumnya. Berikut lima perbedaan pada Kawasaki Ninja ZX-10R 2021.

Desain Ninja Paling Beda

Dimulai dari tongkrongan, Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 hadir dengan desain serbabaru. Mulai dari bagian muka. Model lampu depan ganda lebar yang sekaligus menjadi ciri khas klan Ninja, tak ditemui pada unit ini. Ninja ZX-10R 2021 justru menampilkan penerangan utama LED lebih kecil. Di kedua sisinya bahkan sudah tersemat pula winglet built in.

Baca juga: Tembus Setengah Miliar, Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 kini Punya Konektivitas Gawai

Ini detail perbedaan wajah Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 dengan versi sebelumnya.

Ubahan aerodinamika pun terjadi pada cover depan. Tampak jelas windscreen Ninja ZX-10R 2021 berubah dan lebih tinggi. Tak cuma itu. ram air yang mengisi ceruk diantara penerangan depan sekarang punya bentuk lebih besar. Dengan begitu, pasokan udara ke radiator dan mesin pasti bakal lebih optimal. 

Pelepasan hawa panas di jantung mekanis pun semakin maksimal. Pasalnya, rongga pada mesin dan radiator turut diperbesar dengan bentuk fairing barunya ini. Kesan kontras lantas diperlihatkan, berkat adanya kelir putih dan merah yang bersanding dengan warna kebanggaan Kawasaki.

Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 punya dimensi dan bobot lebih berat.

Baca juga: Penggarapan Kawasaki Ninja ZX-4R 2022 Nyata, Ini Buktinya!

Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 lebih Besar dan Berat

Tak semata desain, rancang bangun versi terbaru ini pun turut berubah. Dibanding sebelumnya, Ninja ZX-10R 2021 lebih besar dengan total ukuran 2,085 x 750 x 1,185 mm (P x L x T). Bandingkan dengan Ninja ZX-10R 2020 dengan dimensi 2.085 x 740 x 1.145 mm. 

Sementara dari segi bobot, versi baru mengalami penambahan berat sebanyak 1 kg. Akan tetapi, Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 punya ground clearance lebih rendah yaitu 135 mm. Sedang jarak kolong pada unit lamanya adalah 145 mm.   

Optimasi Handling

Perubahan pada wajah dan rancang bangun Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 pun berdampak kepada aerodinamikanya. Posisi windscreen yang lebih tinggi nyatanya tak sampai menerpa bagian muka pengendara saat berada di posisi tuck in. Pasalnya, revisi juga dilakukan pihak Kawasaki terhadap bagian jok.

Walau lebih besar dan berat, Kawasaki tetap memerhatikan aerodinamika Kawasaki Ninja ZX-10R 2021.

Baca juga: Alasan Beli Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Demi Sensasi Moge Semata?

Kawasaki juga mengklaim handling generasi anyar Ninja ZX-10R 2021 turut dibenahi. Geometri sasis mendapatkan peningkatan guna menunjang optimasi saat diajak melahap tikungan. 

Hal tersebut kemudian diikuti dengan mengubah setelan suspensi dan lengan ayun yang lebih pendek dari model sebelumnya. Dan, terapan winglet tadi tentu berpengaruh terhadap down force sang kuda besi jelang keluar-masuk tikungan. 

Karakter Mesin Berubah 

Sekilas, jantung mekanis yang digendong Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 tampak sama dengan Ninja ZX-10R lama. Mesin DOHC empat silinder segaris 16 katup berkapasitas 998 cc, tetap bersarang disela sasis. Keluaran dayanya tercatat 203 PS @13.200 rpm. Namun, tenaga maksimalnya bisa mencapai 213 PS @13.200 rpm, ketika ram air bekerja. 

Torsi maksimal Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 dicapai pada putaran lebih tinggi.

Baca juga: Warna Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Dikenalkan, Harga Mulai Dari Rp 98 Jutaan Saja!

Namun, karakter dari mesinnya sendiri berubah. Pasalnya, capaian terutama torsi puncak bisa dicapai dengan putaran mesin lebih tinggi. Jika sebelumnya momen puntir maksimal 114,9 Nm terpenuhi pada 11.200 rpm, sekarang torehan itu didapat pada 11.400 rpm. Tentunya pula dengan penyempurnaan disektor pendukung semisal sistem pendingin oli. 

Konektivitas Gawai

Satu lagi perbedaan mencolok pada Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 adalah ketersediaannya konektivitas gawai. Berkat penanaman chip Bluetooth, pengendara dapat menghubungkan smartphone dengan si superbike via aplikasi Rideology.

Dengan memanfaatkan aplikasi Rideology, pemilik Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 bisa terhubung dengan motor.

Baca juga: Simak Lagi Beda Varian Kawasaki Ninja ZX-25R, Bukan Cuma Warna dan Rem ABS Saja!

Dari sini pemilik motor seharga setengah miliar lebih dapat menikmati beragam fitur yang tersedia di dalamnya. Terkait dengan hal itu pula, kebaruan tampak pada panel meter TFT Kawasaki Ninja ZX-10R 2021. Bukan saja informatif dan modern, display layar pun dapat dipilih sesuai preferensi pengendara. 

Kesimpulan

Terlepas dari lima perubahan pada Kawasaki Ninja ZX-10R 2021, pabrikan tetap mempertahankan beragam fitur dari pendahulu. Sebut saja IMU (inertial measurement unit), Power Mode, Kawasaki Engine Brake Control (KEBC), Electronic Throttle Valve, Electronic Cruise Control, Kawasaki Launch Control Mode, Antilock Braking System (ABS) dua kanal, KIBS (Kawasaki Intelligent Antilock Braking System), Kawasaki Cornering Management Function (KCMF) hingga Sport-Kawasaki Traction Control (S-KTRC). 

Belum lagi quick shifter yang bertujuan mengoptimalkan proses perpindahan gigi. Serta empat mode berkendara yang terdiri dari Sport, Road, Rain dan Rider (Manual). Dengan selisih Rp28 juta tadi, layakkah Kawasaki Ninja ZX-10R 2021 dipinang sebagai penghuni baru garasi Anda?
 

    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX10-R
Lihat