Setelah Kawasaki Indonesia, giliran Kawasaki Thailand yang mengenalkan model 2022 untuk Kawasaki Ninja ZX-25R. Motor sport 250 cc empat silinder itu juga tampil lebih fresh untuk pasar negeri gajah putih itu.
Bedanya, di Thailand hanya tersedia varian ABS Special Edition saja dan untuk model 2022 kini punya dua pilihan warna yakni lime green yang merupakan replikasi dari Kawasaki Racing Team dan metallic matte twilight blue.
Untuk warna lime green, prakstis sama dengan model Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 yang belum lama dirilis di Indonesia. Paling berbeda tentu saja warna metallic matte twilight blue.
Grafis yang ditawarkan oleh Kawasaki Thailand untuk kelir ini lebih berani dengan garis-garis tegas dan tajam. Tampilannya cenderung berkesan elegan ketimbang sporty.
Berbeda dengan Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 versi Indonesia yang memiliki tiga buah warna baru, untuk versi Thailand memang hanya tersedia dua warna tadi, tanpa adanya varian Standard dengan kelir serba hitam.
Baca juga : Simak Lagi Beda Varian Kawasaki Ninja ZX-25R, Bukan Cuma Warna dan Rem ABS Saja!
Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 di Thailand dilepas dengan harga 269.200 bath (Rp 123,6 jutaan) sedikit lebih mahal dari varian teratas di Indonesia yang dilepas Rp 116 juta on the road Jakarta.
Selain warna, praktis tak ada lagi perubahan yang dilakukan oleh Kawasaki pada model Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 ini. Spesifikasi yang dibawanya masih tetap sama dengan model sebelumnya.
Yang paling mencuri perhatian apalagi kalau bukan mesin berkubikasi 249,8 cc, inline four, DOHC 16 katup dengan asupan injeksi bahan bakar. Lengkingan mesinnya pada putaran tinggi sangat memanjakan telinga.
Baca juga : Warna Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Dikenalkan, Harga Mulai Dari Rp 98 Jutaan Saja!
Tenaga optimal mencapai 50,2 PS @ 15.500 rpm yang bisa membesar sampai 51 PS @ 15.500 rpm saat ram air aktif. Torsinya sendiri diangka 22,9 Nm @ 14.500 rpm. Karakter mesinnya mulai terasa kuat pada putaran menengah hingga atas.
Baca juga : Sukses Hadirkan Ninja ZX-25R, Kawasaki Dikabarkan Siapkan Ninja ZX-4R
Fiturnya terbilang lengkap, misalnya Kawasaki Traction Control (KTRC) yang punya tiga opsi dan juga bisa dinonaktifkan. Kemudian ada Power Mode, dengan dua pilihan yakni Full dan Low.
Semuanya terhubung dengan teknologi Ride by Wire, proses buka-tutup tuas gas dibaca oleh sensor. Jangan lupa indikator ECO Riding, yang akan menyala saat berkendara dalam kondisi paling irit.
Pada sektor mesin juga ketambahan fitur Assist & Slipper Clutch, yang bisa mencegah roda belakang terkunci saat melakukan penurunan gigi transmisi secara cepat.
Baca juga : Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?
Jangan lupakan Kawasaki Quick Shifter (KQS). Jadi untuk menaikkan dan menurunkan gigi transmisi bisa tanpa menarik tuas kopling. Lalu ada rem dengan teknologi ABS (Anti-lock Braking System) yang diikuti indikator ABS pada layar panel instrumen.
Secara keseluruhan, ubahan yang dilakukan oleh Kawasaki Thailand cenderung lebih berani dalam pemilihan grafis dan warna. Meski sejatinya Kawasaki Indonesia menawarkan pilihan yang lebih berani.
Tentunya perubahan warna-warna ini, kecuali warna lime green, telah disesuaikan dengan selera masing-masing negara. Tapi menurut Anda, lebih bagus Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 versi Indonesia atau Thailand?
Baca juga : Tertarik Kredit Kawasaki Ninja ZX-25R 2021? Siapkan Dana Minimal Rp 25 Juta Untuk Memilikinya
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 | ||
---|---|---|
Rangka | ||
Dimensi (P x L X T ) | 1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.350 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 125 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 765 mm | |
Berat | 180 kg (standar) 182 kg (SE) | |
Mesin | ||
Tipe Mesin | 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves | |
Bore x Stroke | 50 x 31,8 mm | |
Kapasitas Mesin | 249,8 cc | |
Rasio Kompresi | 11,5:1 | |
Tenaga Maksimum | 50 PS / 15.500 rpm | |
Tenaga Maksimu dengan Ram Air | 51 PS / 15.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 22,9 Nm / 14.500 rpm | |
Rangka | Steel | |
Suspensi Depan | Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa | |
Suspensi Belakang | horizontal back link SWG ARM with preload adjustability | |
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) | 120 mm | |
Wheel Travel | 116 mm | |
Steering angle (left / right) | 35 derajat | |
Ban Depan | 110/70R17M/C | |
Ban Belakang | 150/60R1M/C | |
Rem Depan | Single 310mm | |
Rem Belakang | Single 220 mm |