Susul Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Hadir di Jepang

Setelah Indonesia, Kawasaki Jepang ikut merevisi tampilan Kawasaki Ninja ZX-25R 2022. Sebagaimana penyajian oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu, skema warna motor sport 250 cc empat silinder ini mengalami perubahan yang cukup signifikan. 

Sebut saja pada varian Kawasaki Ninja ZX-25R SE KRT Edition. Decal nama model berwarna emas dan variasi layaknya honeycomb pada bagian fairing, dihilangkan. Area berlatar hitam tersebut sekarang dibuat minimalis dengan sematan berupa stripe merah saja. Sementara untuk identitas sang produk, diimbuhi padu padan warna putih dan hijau.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 segera mengaspal di Jepang.

Baca juga: Warna Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Dikenalkan, Harga Mulai Dari Rp 98 Jutaan Saja!

Perubahan warna paling mencolok justru terletak pada bagian bawah fairing. Area ini terlihat kontras lantaran memakai pola merah-putih dengan porsi lumayan besar. Sedangkan perbedaan lain, terletak pada warna sepatbor depan. Bukan lagi hitam seperti model 2021, melainkan sudah berwarna hijau. 

Seperti pula penyajian di Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-25R SE 2022 untuk pasar domestik Jepang pun hadir dengan warna baru yaitu Metallic Matte Graphene Steel Grey/Metallic Spark Black. Pada varian ini, dominasi warna hitamnya ketambahan imbuhan bernuansa emas, baik pada bodi maupun pelek. 

Hanya ada satu warna saja untuk tipe Kawasaki Ninja ZX-25R SE 2022 di Jepang.

Baca juga: Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?

Kendati demikian, hanya inilah satu-satu warna pada tipe SE di sana. Berbeda dengan line up Kawasaki Ninja ZX-25R SE di Indonesia yang jua menyediakan opsi berkelir Passion Red. Kesamaan warna lantas terdapat pada Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 tipe standar. Baik di Indonesia maupun Jepang, varian basic ini hanya memiliki satu warna saja (hitam). 

Harga Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 di Jepang

Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 yang baru tersedia mulai 10 September 2021, dijual dengan harga mulai dari 847.000 Yen (sekitar Rp111,8 jutaan) untuk tipe terbawah. Sementara pada varian SE dan SE KRT dilego 935.000 Yen (setara Rp123,4 jutaan). Nominal tersebut lebih mahal dari unit yang dipasarkan di Indonesia, Di sini PT KMI mematoknya mulai dari Rp98,950 juta dan Rp116 juta. 

Sama seperti Indonesia, varian terbawah Kawasaki Ninja ZX-25R di Jepang juga cuma ada satu warna saja.  

Baca juga: Alasan Beli Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Demi Sensasi Moge Semata?

Ini 5 Nilai Jual Kawasaki Ninja ZX-25R 2022

1. Performa paling bertenaga di kategori 250 cc

Baik di Jepang maupun Indonesia, penetapan harga Kawasaki Ninja ZX-25R itu lebih mahal ketimbang motor sport 250 cc dua silinder. Namun, halnya harga Ninja 250 empat silinder terbayarkan dengan performa memadai. 

Faktanya, mesin DOHC 16 katup empat silinder miliknya mampu mengail daya 51 PS pada 15.500 rpm. Sedang untuk  torsi maksimum mencapai 22,9 Nm di putaran 14.500 rpm. Catatan demikian tentu terpaut jauh dengan petarung semacam Honda CBR 250 RR, Yamaha YZF-R25 bahkan dari Kawasaki Ninja 250. Keistimewaan dari motor inipun bertambah, lantaran Ninja ZX-25R sanggup meraih kecepatan tertinggi 192 km/jam. 

Mesin Kawasaki Ninja ZX-25R paling besar.

Baca juga: Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R di Atas Rp100 Juta, Seberapa Layak Dibeli?

2. Dilengkapi Power Mode

Output darinya juga bisa diatur melalui Power Mode. Terdapat dua pilihan yaitu Full dan Low. Diferensiasi keduanya terletak pada daya yang dikeluarkan mesin. 

Ketika opsi Full dipilih, maka tenaga akan keluar 100 persen. Sementara saat Low, hanya 65 persen saja tenaga dirasakan pengendara. Gampangnya, di mode ini mesin jauh lebih smooth dari pada mode Full. Fitur ini sendiri bisa diaplikasi lantaran Kawasaki Ninja ZX-25R sudah menggunakan teknologi Ride by Wire.

Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 dilengkapi Power Mode.

Baca juga: Cek Biaya Perawatan Kawasaki Ninja ZX-25R di Tahun Pertama, Cuma Rp 1 Jutaan Saja!

3. Satu-satunya pengguna traction control 

Kawasaki Ninja ZX-25R sudah disemati Kawasaki Traction Control (KTRC). Pengontrol traksi miliknya pun bisa disetel ke dalam tiga pilihan. Dengan begitu, pemilik Ninja ZX-25R bisa mengatur sendiri respons traksi di roda belakang. 

Tak cuma itu. fitur ini pun dapat Anda non-aktifkan, bila dirasa tak kepalang membutuhkannya. Untuk diketahui juga, di kelas ini (motor sport 250 cc) hanya Kawasaki Ninja ZX-25R yang berpelengkap traction control. 

Quick shifter Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 dua arah.

Baca juga: Mengenal Quick Shifter, Honda CBR250RR dan Kawasaki ZX-25R Benar-benar Butuh Ini?

4. Quick shifter dua arah

Varian Kawasaki Ninja ZX-25R SE KRT maupun SE, sudah dilengkapi dengan quick shifter. Dengan begitu, proses perpindahan transmisi dapat dilakukan tanpa mesti menarik tuas kopling. Kinerjanya sendiri berlaku dua arah (upshift dan downshift). Dengan catatan, fitur ini baru bisa dipakai saat putaran mesin berada di atas 2.500 rpm.   

Selain ketersediaan quick shifter, varian tertinggi ini juga mendapatkan perlengkapan berupa pengereman ABS (Antilock Braking System). 

Meski paling mahal, fitur Kawasaki Ninja ZX-25R terbilang komplet.

5. Assist and slipper clutch menjadi perlengkapan standar

Selain pendukung keselamatan tadi, Seluruh varian Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 juga sudah mengaplikasi assist and slipper clutch. Jikapun dipisahkan, Assist Clutch bertugas membuat pengoperasiaan kopling menjadi ringan. Sementara Slipper Clutch, difungsikan untuk mencegah roda belakang terkunci.

Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2022
Rangka
Dimensi (P x L X T )  1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm
Jarak Sumbu Roda 1.350 mm
Jarak Terendah ke Tanah 125 mm
Tinggi Tempat Duduk 765 mm
Berat 180 kg (standar) 182 kg (SE)
Mesin
Tipe Mesin 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves
Bore x Stroke  50 x 31,8 mm
Kapasitas Mesin 249,8 cc
Rasio Kompresi 11,5:1
Tenaga Maksimum 50 PS / 15.500 rpm
Tenaga Maksimu dengan Ram Air 51 PS / 15.500 rpm
Torsi Maksimum  
 
22,9 Nm / 14.500 rpm
Rangka Steel
Suspensi Depan Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa
Suspensi Belakang Horizontal back link swing arm with preload adjustability
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) 120 mm
Wheel Travel 116 mm
Steering angle (left / right) 35 derajat
Ban Depan 110/70R17M/C 
Ban Belakang 150/60R1M/C 
Rem Depan Single 310mm 
Rem Belakang Single 220 mm 
Oops... Something broke.
    Channel:
Ikuti media sosial kita:
Ary

Reporter

Mengulas apapun tentang sepeda motor lalu menerjemahkannya ke dalam tulisan, mungkin hanya secuil sarana untuk berbagi inform...

Perbandingan Motor Terkait

Berita Terbaru

Catat, Ini Ragam Cairan Pelumas yang Harus Dibawa Saat Touring

Pelumas multifungsi bisa untuk beragam keperluan. Contact cleaner bisa mencegah konsleting. Riding jarak jauh alias touring pakai motor memang menyenangkan, kegiatan ini ampuh melepas penat karena kegiatan di kantor. Sebelum bepergian tentu ada baiknya mempersiapkan kuda besi kesayangan, untuk meminimalisir kejadian yang tak mengenakkan. Mulai dari melakukan servis rutin, mengganti oli mesin, memeriksa kondisi ban, CVT, rantai sampai tekanan ban. Dan untuk mengantisipasi kejadian di jalan yang t

Honda Pamer CBR Rp 1 Miliar di GIIAS 2023, Tampangnya Agresif Banget!

Banderol Honda CBR1000RR-R lebih dari Rp 1 miliar. Hanya ada satu opsi warna dan tipe. PT Astra Honda Motor (AHM) bukan hanya menghadirkan motor-motor produksi lokal di GIIAS 2023. Sejumlah motor besar atau moge dan produk CBU juga ditampilkan. Salah satunya Honda CBR1000RR-R. Sosok Honda CBR1000RR-R bisa Anda temui di booth Pre Function Hall 10 di ICE BSD, lokasi GIIAS 2023 berlangsung. Tampilan agresif dan sporty Honda CBR1000RR-R menyolok mata saat disandingkan bersama display lainnya. Dianta

Haruki Noguchi, Pembalap Jepang yang Kecelakaan di Mandalika Meninggal Dunia

Haruki Noguchi turun di kelas ASB1000 ARRC 2023. Sempat finish ke-4 di race pertama. Pekan ini kabar duka hadir dari dunia balap internasional. Pasalnya setelah beberapa hari dirawat setelah insiden di Mandalika pada Minggu (13/8/2023), Haruki Noguchi dinyatakan meninggal dunia. Kabar meninggalnya Noguchi diumumkan di akun Instagram Asia Road Racing Championship (ARRC) pada Kamis (17/8/2023). Sesuai permintaan keluarga, informasi tersebut disebar sehari setelah Noguchi dinyatakan meninggal. Pemb

Ragam Kegiatan Maxi Yamaha di Awal Agustus, Dari Camping Sampai Touring

Maxi Yamaha Day berlanjut di Kalimantan. Pengguna XMax touring ke Bukit Tinggi. Ratusan bikers ramaikan kedua acara tersebut. Pengguna Maxi Yamaha menggelar beragam aktivitas belum lama ini, ada yang camping, ada pula yang touring. Untuk yang camping, mereka mengikuti rangkaian Maxi Yamaha Day 2023 yang berlangsung di Pantai Panrita Lopi Beach, Muara Badak, Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim). Giat yang berlangsung 12-13 Agustus 2023 itu jadi acara kedua, setelah sebelumnya di

Awas Bocor, Ini Efek Negatif Radiator Motor Diisi Pakai Air Kran

Air kran bisa timbulkan karat. Pendinginan mesin bisa terganggu. Untuk darurat pakai air AC atau aki. Sistem pendinginan motor kini sudah banyak yang menggunakan radiator, tapi bagaimana jika cairan yang dipakai adalah air kran? Meski kini sudah banyak tersedia radiator coolant, namun tetap ada saja yang mengisi radiatornya dengan air biasa. Bisa jadi karena darurat atau memang malas untuk membeli radiator coolant, sehingga mengisinya dengan air kran biasa. Untuk sesaat mungkin tak masalah, tapi

Rekomendasi Motor

PopulerTerbaruPembaruan
Aprilia

Aprilia Tuareg 660

Rp 65,60 Juta

Lihat Motor
Hot
Yamaha

Yamaha Nmax

Rp 30,20 - 32,26 Juta

Lihat Motor
CFMOTO

CFMoto 250 CLX

Belum Tersedia

Lihat Motor
Segway

Segway E200P

Belum Tersedia

Lihat Motor
Alva

Alva One

Rp 3,50 Juta

Lihat Motor
Honda

Honda ST125 Dax

Rp 81,75 Juta

Lihat Motor
Kawasaki Ninja ZX-25R
Lihat