Setelah Indonesia, Kawasaki Jepang ikut merevisi tampilan Kawasaki Ninja ZX-25R 2022. Sebagaimana penyajian oleh PT Kawasaki Motor Indonesia (KMI) beberapa waktu lalu, skema warna motor sport 250 cc empat silinder ini mengalami perubahan yang cukup signifikan.
Sebut saja pada varian Kawasaki Ninja ZX-25R SE KRT Edition. Decal nama model berwarna emas dan variasi layaknya honeycomb pada bagian fairing, dihilangkan. Area berlatar hitam tersebut sekarang dibuat minimalis dengan sematan berupa stripe merah saja. Sementara untuk identitas sang produk, diimbuhi padu padan warna putih dan hijau.
Baca juga: Warna Terbaru Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 Dikenalkan, Harga Mulai Dari Rp 98 Jutaan Saja!
Perubahan warna paling mencolok justru terletak pada bagian bawah fairing. Area ini terlihat kontras lantaran memakai pola merah-putih dengan porsi lumayan besar. Sedangkan perbedaan lain, terletak pada warna sepatbor depan. Bukan lagi hitam seperti model 2021, melainkan sudah berwarna hijau.
Seperti pula penyajian di Indonesia, Kawasaki Ninja ZX-25R SE 2022 untuk pasar domestik Jepang pun hadir dengan warna baru yaitu Metallic Matte Graphene Steel Grey/Metallic Spark Black. Pada varian ini, dominasi warna hitamnya ketambahan imbuhan bernuansa emas, baik pada bodi maupun pelek.
Baca juga: Harga Kawasaki Ninja ZX-25R Naik Rp1 Jutaan, Masih Menarik Dibeli?
Kendati demikian, hanya inilah satu-satu warna pada tipe SE di sana. Berbeda dengan line up Kawasaki Ninja ZX-25R SE di Indonesia yang jua menyediakan opsi berkelir Passion Red. Kesamaan warna lantas terdapat pada Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 tipe standar. Baik di Indonesia maupun Jepang, varian basic ini hanya memiliki satu warna saja (hitam).
Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 yang baru tersedia mulai 10 September 2021, dijual dengan harga mulai dari 847.000 Yen (sekitar Rp111,8 jutaan) untuk tipe terbawah. Sementara pada varian SE dan SE KRT dilego 935.000 Yen (setara Rp123,4 jutaan). Nominal tersebut lebih mahal dari unit yang dipasarkan di Indonesia, Di sini PT KMI mematoknya mulai dari Rp98,950 juta dan Rp116 juta.
Baca juga: Alasan Beli Kawasaki Ninja ZX-25R 2021, Demi Sensasi Moge Semata?
Baik di Jepang maupun Indonesia, penetapan harga Kawasaki Ninja ZX-25R itu lebih mahal ketimbang motor sport 250 cc dua silinder. Namun, halnya harga Ninja 250 empat silinder terbayarkan dengan performa memadai.
Faktanya, mesin DOHC 16 katup empat silinder miliknya mampu mengail daya 51 PS pada 15.500 rpm. Sedang untuk torsi maksimum mencapai 22,9 Nm di putaran 14.500 rpm. Catatan demikian tentu terpaut jauh dengan petarung semacam Honda CBR 250 RR, Yamaha YZF-R25 bahkan dari Kawasaki Ninja 250. Keistimewaan dari motor inipun bertambah, lantaran Ninja ZX-25R sanggup meraih kecepatan tertinggi 192 km/jam.
Baca juga: Harga Bekas Kawasaki Ninja ZX-25R di Atas Rp100 Juta, Seberapa Layak Dibeli?
Output darinya juga bisa diatur melalui Power Mode. Terdapat dua pilihan yaitu Full dan Low. Diferensiasi keduanya terletak pada daya yang dikeluarkan mesin.
Ketika opsi Full dipilih, maka tenaga akan keluar 100 persen. Sementara saat Low, hanya 65 persen saja tenaga dirasakan pengendara. Gampangnya, di mode ini mesin jauh lebih smooth dari pada mode Full. Fitur ini sendiri bisa diaplikasi lantaran Kawasaki Ninja ZX-25R sudah menggunakan teknologi Ride by Wire.
Baca juga: Cek Biaya Perawatan Kawasaki Ninja ZX-25R di Tahun Pertama, Cuma Rp 1 Jutaan Saja!
Kawasaki Ninja ZX-25R sudah disemati Kawasaki Traction Control (KTRC). Pengontrol traksi miliknya pun bisa disetel ke dalam tiga pilihan. Dengan begitu, pemilik Ninja ZX-25R bisa mengatur sendiri respons traksi di roda belakang.
Tak cuma itu. fitur ini pun dapat Anda non-aktifkan, bila dirasa tak kepalang membutuhkannya. Untuk diketahui juga, di kelas ini (motor sport 250 cc) hanya Kawasaki Ninja ZX-25R yang berpelengkap traction control.
Baca juga: Mengenal Quick Shifter, Honda CBR250RR dan Kawasaki ZX-25R Benar-benar Butuh Ini?
Varian Kawasaki Ninja ZX-25R SE KRT maupun SE, sudah dilengkapi dengan quick shifter. Dengan begitu, proses perpindahan transmisi dapat dilakukan tanpa mesti menarik tuas kopling. Kinerjanya sendiri berlaku dua arah (upshift dan downshift). Dengan catatan, fitur ini baru bisa dipakai saat putaran mesin berada di atas 2.500 rpm.
Selain ketersediaan quick shifter, varian tertinggi ini juga mendapatkan perlengkapan berupa pengereman ABS (Antilock Braking System).
Selain pendukung keselamatan tadi, Seluruh varian Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 juga sudah mengaplikasi assist and slipper clutch. Jikapun dipisahkan, Assist Clutch bertugas membuat pengoperasiaan kopling menjadi ringan. Sementara Slipper Clutch, difungsikan untuk mencegah roda belakang terkunci.
Spesifikasi Kawasaki Ninja ZX-25R 2022 | ||
---|---|---|
Rangka | ||
Dimensi (P x L X T ) | 1.980 mm x 750 mm x 1.110 mm | |
Jarak Sumbu Roda | 1.350 mm | |
Jarak Terendah ke Tanah | 125 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 765 mm | |
Berat | 180 kg (standar) 182 kg (SE) | |
Mesin | ||
Tipe Mesin | 4 cyl DOHC WC liquid cooled in line four 16 valves | |
Bore x Stroke | 50 x 31,8 mm | |
Kapasitas Mesin | 249,8 cc | |
Rasio Kompresi | 11,5:1 | |
Tenaga Maksimum | 50 PS / 15.500 rpm | |
Tenaga Maksimu dengan Ram Air | 51 PS / 15.500 rpm | |
Torsi Maksimum | 22,9 Nm / 14.500 rpm | |
Rangka | Steel | |
Suspensi Depan | Telescopic upside down 37 mm SFF BP Showa | |
Suspensi Belakang | Horizontal back link swing arm with preload adjustability | |
Wheel travel 120 mm (fr) 116 mm (rr) | 120 mm | |
Wheel Travel | 116 mm | |
Steering angle (left / right) | 35 derajat | |
Ban Depan | 110/70R17M/C | |
Ban Belakang | 150/60R1M/C | |
Rem Depan | Single 310mm | |
Rem Belakang | Single 220 mm |