Tampang boleh jadi sama. Tapi, sisi teknis Gaokin Flame 500 sangat tidak layak diduelkan bersama Suzuki GSX-S1000 2021. Faktanya, motor Cina yang konon meniru desain naked bike Jepang punya spesifikasi mesin hanya separuhnya saja. Namun, bekalan tersebut justru menempatkannya sebagai rival baru Honda CB500F.
Sekilas pandang, tongkrongan Gaokin Flame 500 2021 jelas mengintimidasi Honda CB500F 2021. Mulai dari depan, lampu utama yang dibawanya bukan saja agresif. Penerangan itu juga modern lantaran menggunakan jenis lampu projector. Area wajah terutama penghias batok lampu depannya pun lumayan garang bukan?
Modernitas pada Honda CB500F 2021 sebenarnya ada. Toh, lampu depan produk Honda ini juga sudah mengandalkan pendaran lampu hemat daya. Namun, bukan tidak mungkin penawaran fasad Gaokin Flame 500 bakal menggoda pemburu big bike 500 cc.
Karakter tadi pun terlihat jua pada tubuh Gaokin Flame 500 2021. Tengok saja bagian shroud dengan desain menajam yang lantas mengalir ke area buritan. Tipikal desain seperti ini rasanya sangat menarik untuk motoris muda. Sebaliknya, maturitas desain terasa pada tubuh Honda CB500F 2021.
Baca juga: Belum Lama Rilis, Tiruan Suzuki GSX-S1000 2021 Muncul di Cina
Umumnya sebuah big bike, Honda CB500F 2021 dibekali perangkat kaki-kaki memadai. Sebut saja fork upside down (USD) yang mengawal roda depan. Peredam kejut Showa berdiameter 41 mm dipilih, berikut pula monoshock untuk suspensi belakang. Keduanya bersanding dengan roda berukuran masing-masing 120/70-17 dan 160/60-17 (depan-belakang).
Ketersediaan kaki-kaki nan kekar dari rivalnya ini pun dapat ditemui pada Gaokin Flame 500 2021. Walau belum ada spesifikasi resmi, jelas sekali jika USD berukuran 41 mm ikut dipakai oleh naked bike Cina. Pun halnya suspensi tunggal, meski tak ada informasi terkait merek yang digunakan pihak Gaokin.
Masih terkait kaki-kaki, cakram hadir pada roda depan dan belakang kedua motor. Disc brake milik Honda CB500F 2021 terlihat modis lantaran piringannya dibuat bergelombang. Akan tetapi, sajian tersebut pun diamini pula oleh Gaokin Flame 500 2021. Bahkan, motor Cina ini menghadirkan cakram ganda di roda depan.
Baca juga: Duet Honda CB400 Meluncur di Cina, Sinyal Menyebar ke Pasar Asia?
Secara logika, pengeremannya lebih mumpuni. Sayangnya, lagi-lagi tak ada penjelasan spesifik terkait brand perangkat rem yang dipakainya. Satu-satunya kejelasan ialah mengenai ketersediaan sensor pengereman ABS (antilock braking system) di kedua roda. Beberapa sumber menyebut, perangkat yang dipakainya berasal dari Bosch. Namun, perlu diingat pula bahwa rem ABS depan-belakang juga dihadirkan oleh Honda CB500F 2021.
Gaokin Flame 500 2021 disebut menggendong mesin dua silinder 486 c, berpendingin cairan. Mesin miliknya diracik dengan bore x stroke: 67 x 67 mm. Keluaran daya maksimalnya sebesar 48,2 PS dengan torsi 43 Nm. Output itu tersalur ke roda belakang via transmisi enam percepatan.
Di atas kertas, kubikasi mesin itu berada di atas Honda CB500F 2021 yang dipatok 471,03 cc. Namun, mesin DOHC dua silinder milik kubu sayap kepak justru sedikit lebih baik dari Gaokin Flame 500 2021. Honda CB500F mampu menorehkan daya 50,3 PS @8.500 rpm. Sementara torsi maksimalnya tercatat 44,6 Nm pada putaran 6.500 rpm.
Baca juga: Bikin Heboh, 10 Motor Kopian asal Cina ini Sudah Beredar di Jalanan!
Konon, Gaokin Flame 500 2021 segera dijual untuk pasar domestik Cina. Mengejutkannya, harga Gaokin Flame 500 2021 ini ternyata murah banget! Pihak pabrikan kabarnya akan membanderolnya 30.000 Yuan saja (setara Rp67 jutaan).
Penetapan ini sangat jauh dibanding Honda CB500F 2021 yang jua diniagakan di Cina. Di negeri Tirai Bambu, naked bike tersebut dipasarkan 66.800 Yuan atau sekitar Rp148,8 jutaan. Mahalnya harga Honda CB500F 2021 juga terlihat di Indonesia. Oleh PT Astra Honda Motor (AHM), motor ini dijual Rp153,2 juta. Berandai saja Gaokin Flame masuk ke Indonesia. Kami yakin banderolnya bisa tetap di bawah sang lawan.
Baca juga: Tiruan Honda ADV150 Asal Cina masuk Malaysia, Bakal ke Indonesia juga?
Gaokin Flame 500 2021 sangat layak ditarungkan bersama Honda CB500F 2021. Kedua motor telanjang sama-sama dibekali mesin dua silinder dengan pembulatan kubikasi 500 cc. Dari data di atas terlihat, jantung mekanis milik CB500F sedikit lebih unggul.
Tapi menyoal tampang, rasanya bakal banyak motoris kepincut dengan Gaokin Flame 500. Sedikit mengesampingkan kopian desain Suzuki GSX-S1000 2021. Gaokin Flame 500 2021 menawarkan tampilan naked bike yang lebih menggoda daripada Honda CB500F 2021. Apalagi, motor ini ditawarkan dengan banderol jauh lebih murah.