Setelah melenggang duluan di Eropa, Yamaha MT-09 2021 akhirnya bakal tersedia untuk pasar domestik Jepang. Peluncuran di negara asal pembuatnya itu dijadwalkan berlangsung mulai bulan depan. Sebagaimana perilisan sebelumnya, naked bike terbuas Yamaha ini juga tersedia dalam dua varian.
Penyajian ini tentu berbeda dengan Yamaha MT-09 2020 yang cuma ada satu varian saja. Kali ini, pabrikan berlambang garpu tala menghadirkan Yamaha MT-09 SP 2021 sebagai opsi. Menurut keterangan dari Indianautosblog.com, varian teratas MT-09 2021 bakal dirilis pada 28 Juli 2021.
Mereka menyebut, unit dengan warna tunggal Black Metallic akan dijual 1,265,000 Yen (setara Rp164,6 jutaan). Penawaran ihwal kelir bodi ini berbeda dengan ketersediaan serupa untuk pasar Eropa. Di sana Yamaha MT-09 SP 2021 ditawarkan dengan warna Icon Performance.
Sementara itu, Yamaha MT-09 tipe standar tersedia dalam tiga pilihan warna yaitu Storm Fluo, Icon Blue dan Tech Black. Untuk varian terbawah ini, pihak Yamaha justru baru diniagakan sebulan setelah si varian atas (26 Agustus 2021). Menyoal harga jual, dirinya dipatok 1,100,000 Yen (sekitar Rp143 jutaan).
Baca juga: Pakai Teknologi MotoGP, Mesin Yamaha MT-09 2021 Makin 'Sakti'
Terlepas adanya opsi, Yamaha MT-09 2021 datang dengan desain baru. Tampak jelas bahwa model anyar ini lebih ramping dari Yamaha MT-09 2020. Wajahnya tak lagi berhiaskan sepasang lampu utama ganda, melainkan hanya satu buah saja. Kendati kompak, lampu itu tetap punya dua fungsi yakni low beam dan high beam.
Impresi modern di bagian wajah juga dituangkan melalui keberadaan daytime running light (DRL) yang mengawal penerangan utama tersebut. Usungan lampu hemat daya juga terlihat pada lampu belakang dan sein. Khusus sinyal belok ini menjadi hal baru karena sebelumnya (Yamaha MT-09 2020) masih berupa bohlam.
Kesan singset pun kembali terasa pada bagian tangki bensin. Tampak jelas kalau cover pelindung tampungan bahan bakarnya berubah. Bukan tanpa tujuan. Hal ini rupanya dilakukan untuk mengeksploitasi bagian rangka baru aluminiumnya yang jelas lebih kekar.
Ubahan juga tampak terjadi pada area subframe dan swingarm sebagai bentuk penyesuaian sasis utama. Lantas diikuti pula dengan bagian sepatbor. Tempat bersarangnya lampu sein ini terlihat lebih molor. Selain itu, tak terlihat lagi wheel hugger sebagaimana model 2020. Disebutkan pula jika pelek Yamaha MT-09 2021 juga lebih ringan 700 gram dari sebelumnya.
Baca juga: Muncul Yamaha R9 Berbasis MT-09? Bakal jadi Opsi Murah di Segmen Big Bike
Impresi baru juga terlihat pada area kokpit. Panel meter Yamaha MT-09 2021 kini sudah menggunakan layar TFT berukuran 3,5 inci. Sajian ini berbeda dari MT-09 2020 yang berlatar putih (negative display). Bedanya lagi, tak ada lagi pengatur di sekitaran panel meter. Pasalnya, tombol multifungsi itu sudah berpindah ke area setang.
Mesin Yamaha MT-09 2021 juga mengalami perubahan. Kapasitas yang sebelumnya 847 cc kini meningkat menjadi 889 cc. Untuk konfigurasinya masih sama yaitu tiga silinder, namun dengan langkah piston lebih panjang. Jantung mekanis ini diklaim lebih ringan dan tentunya pula diiringi output yang kian buas.
Baca juga: Jagoan Moge Kelas Menengah, Yamaha MT-07 2021 Makin Seru!
Di atas kertas dapur pacu Euro 5 itu mampu menorehkan daya 118,9 PS @10.000 rpm dan torsi 93 Nm @7.000 rpm. Terpaut lumayan banyak dari Yamaha MT-09 2020 dengan pencapaian masing-masing 115 PS @10.000 rpm dan 87,5 Nm @8.500 rpm. Performa lebih besar dari versi anyar juga ditunjang oleh injektor baru serta optimasi pada gear ratio.
Yamaha MT-09 2021 tetap menggunakan assist and slipper clutch dan Quick Shifter untuk menunjang kenyamanan berkendara. Termasuk pula Antilock Braking System (ABS), Traction Control System (TCS) dengan tiga level penyetelan.
Namun ada yang baru dari perangkat elektronik Yamaha MT-09 2021. Berkat terapan sistem IMU 6-axis yang diadopsi dari Yamaha YZF-R1 2021, naked bike ini sekarang dilengkapi dengan Slip Control System (SCS) dan Brake Control System (BC). Tak cuma itu. Sektor mekanik pengereman serta kaki-kaki juga ditingkatkan sebagai langkah memaksimalkan pengendalian Yamaha MT-09 2021.
Terlepas dari perlengkapan basic di atas, Yamaha MT-09 SP nyatanya mendapatkan beberapa diferensiasi. Dari sisi pewarnaan misalnya. Varian tertinggi Yamaha MT-09 ini menyajikan kelir seperti kepunyaan Yamaha YZF-R1M. Jok miliknya dihiasi jahitan ganda alias double stitching. Sementara untuk swingarm aluminiumnya difinalisasi dengan pengerjaan anodize.
Baca juga: Wih, Yamaha R15 dan Yamaha MT-15 bakal Punya Konektivitas Gawai seperti NMax dan Aerox!
Tak cuma itu. Tipe ini juga disemati perangkat elektronik tambahan berupa cruise control. Terakhir. Yamaha MT-09 SP 2021 sudah dipasangi suspensi belakang tunggal dari Ohlins. Secara kemampuan pastinya lebih baik daripada MT-09 standar.
Seperti kebiasaan, Yamaha MT-09 pastinya tak hanya menjadi konsumsi motoris di Eropa atau Jepang saja. Sebagai contoh di Indonesia. Edisi 2020-nya sudah dijual sejak Agustus 2020 lalu.
Produk ini bahkan kabarnya sukses disedot pecinta moge Tanah Air. Ada kemungkinan Yamaha MT-09 2021 akan diperkenalkan oleh PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) menjelang akhir tahun. Namun, melihat situasi pandemi seperti ini, bisa jadi kehadirannya malah mundur hingga 2022 mendatang. Tinggal tunggu, varian mana yang akan dipasarkannya nanti.