Seperti pabrikan lain, elektrifikasi juga menjadi bagian dari rencana Yamaha. Giatnya sendiri bahkan sudah dijalankan sejak 2015 silam melalui Yamaha e-Vino. Belum lagi kehadiran konsep bertajuk Yamaha E01 yang sempat pamer tampang di Tokyo Motor Show 2019 lalu.
Kendati begitu, mereka pun percaya bahwa sistem hybrid bisa menjembatani peralihan dari motor bermesin bakar ke listrik. Sementara bukti implementasinya, dapat dilihat pada Yamaha Grand Filano Hybrid. Dengan mengandalkan baterai dan motor assist, skutik yang beredar di pasar Thailand itu dapat berakselerasi layaknya motor listrik murni.
Baca juga: Skutik Hybrid, Yamaha Grand Filano 2021 makin Imut
Tak sampai di sana. Yamaha bahkan diketahui mendaftarkan sebuah paten dengan skema serupa. Seperti diberitakan motociclismo.it beberapa waktu lalu, gambar ini memperlihatkan secara jelas sosok skutik yang jua mengandalkan sistem hybrid.
Sekilas pandang, Yamaha TMax tampak dipilih untuk menggunakan sistem hybrid baru Yamaha ini. Tapi, bukankah skutik bongsor tersebut sudah dibekali mesin besar? Generasi terbaru yang dirilis tahun lalu saja sudah menggendong mesin 560 cc - bukan lagi 530 cc. Output yang mampu dihasilkan mencapai 48 PS pada putaran 7.500 rpm, dengan torsi maksimal 56 Nm di 5.250 rpm.
Baca juga: Yamaha Tmax 560 2021 Akan Dirilis Dengan Warna Baru dan Sudah Euro 5, Segera Masuk Indonesia?
Perlu diingat pula bahwa bobot Yamaha TMax 2021 saja sudah mencapai 220 kg. Andaikata kedapatan baterai tambahan beserta motor assist, berat awalnya tadi jelas bakal terkerek naik. Lagi pula, paten sistem hybrid pada Yamaha TMax ini belum tentu berlaku demikian. Lagi-lagi, baru sebatas paten.
Artinya, tidak menutup kemungkinan sistem hybrid baru ini bakal diaplikasikan terhadap produk Yamaha yang lain. Jika pun berandai-andai, bisa saja paten itu menjadi cikal bakal lahirnya Yamaha NMax Hybrid. Dengan demikian, jenama berlambang garpu tala punya pesaing selevel untuk Honda PCX Hybrid (e:HEV).
Baca juga: Serupa tapi Tak Sama, Ini Beda Performa Honda PCX e:HEV dan Honda PCX 160 2021
Tak ubahnya Honda PCX hybrid, sensasi utamanya saat snapping (bukaan gas secara mendadak) yang responsif bakal dirasakan pada Yamaha NMax Hybrid. Penggambarannya bisa dilihat pada PCX Hybrid. Berkat baterai dan motor assist, skutik Honda ini punya output tambahan masing-masing 1,9 PS @3.000 rpm dan 4,3 Nm @3.000 rpm.
Bukan semata meningkatkan performa. Bekalan itu pun diklaim memberikan diferensiasi ihwal efisiensi. Honda PCX Hybrid disebut memiliki catatan 55,4 km/liter. Sementara konsumsi BBM Honda PCX 160 2021 dituliskan 53,5 km/liter.
Logikanya, peningkatan efisiensi bahan bakar jua dialami Yamaha NMax ketika disemati sistem hybrid. Namun, tak dipungkiri jika penambahan ini bakal membuat harganya lebih mahal ketimbang Yamaha NMax bermesin bakar murni. Kita tunggu saja kelanjutannya.