Sudah sejak generasi Yamaha Mio M3 125, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) mengandalkan mesin berkubikasi 125 cc. Kapasitas mesinnya ini lebih besar dari generasi Yamaha Mio karburator yang hanya 115 cc.
Meski kapasitas mesin lebih besar, Yamaha mengklaim kalau konsumsi bahan bakarnya 50% lebih irit berkat teknologi Blue Core. Termasuk kala mesin itu dikembangkan untuk Yamaha Gear 125 2021.
Baca juga : Test Ride Yamaha Gear 125 2021, Senjata Baru Skutik Entry Level Yamaha
Pada mesin skutik entry level terbaru Yamaha itu, mesinnya malah sudah diberikan teknologi Smart Motor Generator (SMG). Teknologi ini membuat proses menghidupkan mesin lebih halus.
Yang jadi pertanyaan, seberapa iritkah konsumsi bahan bakar Yamaha Gear 125 ini kala digunakan untuk harian?
Jawabannya termasuk irit, dari hasil pengetesan dengan metode full to full yang kami lakukan, konsumsi bahan bakarnya berada direntang 42 km/liter hingga 47 km/liter.
Angka konsumsi bahan bakar tersebut bervariasi karena bergantung pada cara berkendara. Apalagi pada pengetesan, kami juga mengambil data akselerasi yang menuntut mesin untuk bekerja keras, sehingga konsumsi bahan bakar lebih boros.
Baca juga : Selisih Rp 750 Ribu, Dua Fitur Ini Jadi Pembeda Utama Antar Varian Yamaha Gear 125 2021
Namun dengan capaian yang lebih dari 40 km/liter, efisiensi mesin skutik satu ini patut diacungi jempol. Dengan kapasitas tangki 4,2 liter, maka skutik ini bisa melaju sejauh 176,4 km sampai 197,4 km.
Meski konsumsi bahan bakarnya tergolong irit, namun soal performa mesin tetap bisa diandalkan. Tak hanya untuk jalanan kota yang cenderung rata, melibas tanjakan sambil berboncengan pun skutik ini bisa diandalkan.
Baca juga : Berlabel Skutik Murah Tapi Bukan Murahan, Benarkah Yamaha Gear 125 2021 Layak Beli?
Tarikan bawahnya sampai tengahnya terasa kuat, karakter skutik perkotaan yang kerap dipakai stop & go. Nafas mesinnya terasa panjang dan kecepatan tertinggi yang bisa diraih mencapai 104 km/jam berdasarkan spidometer.
Baca juga : Perbandingan Cicilan Honda Beat dan Yamaha Gear 125, Sama-sama Dipatok Mulai Rp 700 Ribuan
Hanya saja memang saat berakselerasi terdengar sedikit suara ngorok dari mesin. Suaranya ini tak mengganggu kinerja dan performa mesin, dan rasanya ini sudah karakter mesin Yamaha Gear 125 ini.
Data Akselerasi Yamaha Gear 125 2021 | ||
---|---|---|
0-60 km/jam | 6,78 detik | |
0-80 km/jam | 13 detik | |
0-100 km/jam | N/A | |
0-100 meter | 8,55 detik | |
0-201 meter | 13,4 detik | |
0-402 meter | 21,64 detik | |
Topspeed Spidometer | 104 km/jam | |
Topspeed Racebox | 99,8 km/jam | |
Konsumsi Bahan Bakar | 42 - 47 km/liter | |
*Postur rider 74 kg & 172 cm |
Pilihan skutik entry level Yamaha saat ini sangat beragam, Yamaha Gear 125 menjadi model yang paling baru. Ditawarkan dengan harga mulai dari Rp 17 juta serta memiliki dua varian.
Konsumsi bahan bakar yang irit, dimensi yang kecil dan banyaknya fitur yang memudahkan akomodasi keperluan sehari-hari, membuat skutik ini menjadi pilihan yang layak untuk dipertimbangkan untuk kuda besi sehari-hari.
Baca juga : Update Harga Skutik 125 cc Semua Merek, Dari Honda Vario 125 2021 Sampai Yamaha Gear 125 2021
Spesifikasi Yamaha Gear 125 2021 | ||
---|---|---|
Dimensi | ||
P x L x T | 1.870 x 685 x 1.060 mm | |
Sumbu Roda | 1.260 mm | |
Jarak Terendah | 135 mm | |
Tinggi Tempat Duduk | 750 mm | |
Berat Isi | 95-96 kg | |
Kapasitas Tangki | 4,2 liter | |
Mesin | ||
Tipe | 4-tak, SOHC 2 katup, Blue Core | |
Kapasitas | 125 cc | |
Diameter x Langkah | 52,4 x 57,9 mm | |
Rasio Kompresi | 9,5 : 1 | |
Tenaga Maksimum | 9,5 PS @ 8.000 rpm | |
Torsi Maksimum | 9,5 Nm @ 5.500 rpm | |
Transmisi | Otomatis CVT | |
Rangka & Kaki-Kaki | ||
Tipe | Underbone | |
Suspensi Depan | Teleskopik | |
Suspensi Belakang | Tunggal | |
Ban Depan | 80/80-14 | |
Ban Belakang | 100/70-14 | |
Rem Depan | Cakram | |
Rem Belakang | Tromol |